Biar Karier Makin Top! Simak 7 Tips Belajar Bahasa Asing yang Ampuh dan Jitu Ini

4 menit
Belajar Bahasa Asing (Shutterstock).

Belajar bahasa asing di era yang serba modern seperti hari ini sepertinya udah menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk bekerja. Apalagi kalau perusahaan atau klien yang kamu temui berasal dari luar negeri yang memaksa kamu harus bisa berkomunikasi dengan jajaran direksi.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menguasai beberapa bahasa dalam satu waktu. Bisa dari kelas bimbingan yang sekarang banyak bertebaran, media sosial seperti youtube serta instagram dan juga berinteraksi langsung dengan orang yang ada di lingkungan sekitar.

Tapi sayangnya penyerapan ilmu yang berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain kadang membuat keahlian ini bisa menjadi penghambat atau sebaliknya menjadi skill yang menonjol.

Nah buat kamu yang lagi menghadapi kesulitan dalam belajar bahasa asing sekarang ini ada baiknya untuk melihat 7 tips berikut ini yang dijamin ampuh dan jitu untuk menguasainya.

Baca juga: 4 Hal yang Umum Membuat Produktivitas Kerja Kita Memble, Yuk Kenali Sekarang

1. Belajar 100 kata yang paling umum

Belajar bahasa
Belajar kata yang paling umum (Shutterstock).

Tips pertama yang bisa kamu lakukan agar mempermudah belajar bahasa asing adalah dengan belajar 100 kata paling umum yang orang paling banyak bicarakan.

Beberapa kata tersebut bisa kamu ambil dari kalimat yang sering diucapkan seperti selamat pagi, apa kabar, sekarang jam berapa dan kamu tinggal dimana. Dengan sendirinya nanti kalau kamu sudah menghafal 100 kata tersebut pengetahuan tentang kosakatanya bakal semakin bertambah.

Kalau pengin lebih cepat bisa dibuat target misalkan dalam seminggu harus berapa puluh kata yang dihafalkan.

2. Belajar bahasa asing dari aplikasi atau website

Belajar bahasa
Belajar dari aplikasi (Shutterstock).

Di era yang serba digital hari ini kamu gak cuma dipaksa untuk pintar dalam berpikir melainkan juga harus cerdas dalam memanfaatkan teknologi yang ada.

Contohnya seperti beberapa aplikasi yang udah dirilis oleh pengembang software khusus untuk menguasai bahasa tertentu. Kamu bisa mencoba aplikasi seperti Memrise, Hello Talk atau Duolingo yang bisa diunduh di smartphone.

Ada banyak pilihan yang bisa dicoba tinggal sesuaikan aja sama selera dan penggunaan yang cocok sama kamu.

Baca juga: 4 Alasan Klise yang Sering Digunakan Karyawan Saat Bolos atau Interview

3. Nonton film atau serial tv asing

Belajar bahasa
Belajar dari menonton film (Shutterstock).

Yang paling enak untuk dijalani adalah nonton film atau serial tv yang menggunakan bahasa tersebut. Bagi sebagian orang cara ini menjadi yang paling ampuh serta gak bikin stres karena terasa seperti menjalankan hobi.

Gak perlu sering tapi yang terpenting adalah rutin melakukannya mungkin dalam seminggu kamu bisa nonton 1 sampai 3 film. Tapi ingat jangan hanya liatin ceritanya doang namun kata-kata yang digunakan juga diserap ya.

4. Pergi langsung ke negaranya

Belajar bahasa
Pergi langsung ke negaranya (Shutterstock).

Kadang untuk bisa belajar sesuatu kita harus dipaksa untuk mencoba hal yang takut buat dilakukan. Sama halnya kayak belajar bahasa asing, untuk bisa merasakan pengalaman tersebut kamu harus coba datang langsung ke negaranya langsung.

Dengan begitu kamu bakal ngerasain langsung gimana sih rasanya bersosialisasi langsung dengan warga aslinya.

Nyatanya kejadian kayak gini justru bikin banyak orang Indonesia yang pergi ke mancanegara bisa mahir dalam menguasai bahasa.

5. Mendengarkan musik atau lagu

Belajar bahasa
Mendengarkan musik (Shutterstock).

Selanjutnya ada mendengarkan musik atau lagu yang kamu sukai. Ini juga gak kalah mengasyikkan dari poin ketiga tadi yang menonton film atau serial tv lho.

Namun biar lebih efektif kamu juga harus mengartikan lirik yang ada pada lagu tersebut ya. Karena kalau Cuma mendengarkan irama musiknya yang enak sama aja bohong.

6. Mengikuti kelas bimbingan

Belajar bahasa
Mengikuti kelas bimbingan (Shutterstock).

Belajar bahasa asing yang paling umum dan banyak orang tempuh adalah dengan mengikuti kelas bimbingan di instansi tertentu.

Sayangnya tips ini ada risiko yang harus diambil yakni mengeluarkan biaya lebih yang bisa jadi jumlahnya lumayan banyak tergantung tempat yang dipilih. Tapi kalau kamu gak ada masalah dengan itu cara ini bisa menjadi jalan terbaik.

7. Membawa kamus bahasa asing

Belajar bahasa
Membawa kamus (Shutterstock).

Walau udah terbilang kuno tapi cara ini masih terbilang efektif untuk sebagian kalangan yang udah mencobanya semenjak lama.

Gak perlu membawa kamus yang besar, cukup membeli ukuran yang kecil supaya bisa muat di kantong ketika dibawa jalan-jalan.

Nah itulah 7 tips belajar bahasa asing yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Kalau udah berhasil pasti yang namanya naik jabatan tinggal nunggu waktu deh, guys! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1