Jangan Kalap! Ini 8 Tips Belanja Cerdas dan Hemat Saat Midnight Sale

4 menit
Midnight sale
Tips belanja yang gak bikin kantong jebol saat midnight sale (Pixabay)

Saat musim liburan tiba, berbagai pusat perbelanjaan selalu menggelar midnight sale atau diskon besar-besaran, apalagi saat musim Lebaran. Masyarakat pasti bakal berbondong-bondong memburu mal untuk membeli baju baru, apalagi THR sudah di tangan.

Di Jakarta, momen diskon besar-besaran rencananya akan mulai digelar pada 24 Mei nanti. Secara bergiliran di setiap mal di Jakarta Timur, Barat, Selatan, Pusat, dan Utara.

Pusat perbelanjaan di Jakarta yang berpartisipasi di antaranya Grand Indonesia, Kuningan City, Plaza Indonesia, dan masih lainnya.

Banyaknya pilihan diskon potongan harga memang sangat membahayakan buat keuangan. Kalau kalap dan gak bijak, bakal habis deh uang buat belanja hal-hal yang sebenarnya gak diperlukan sama sekali. Jangan sampai puas sesaat, tapi nanti di kemudian hari menyesal!

Biar kamu gak mengalami hal seperti itu, MoneySmart mau ngasih tips bijak belanja hemat saat midnight sale:

1. Riset sebelum berbelanja

Midnight sale
Riset dulu sebelum belanja di midnight sale (Pixabay)

Sebelum berangkat ke midnight sale, ada baiknya kamu meneliti apa saja barang-barang yang kamu butuhkan atau yang ingin kamu beli. Kemudian, tulis barang-barang tersebut di daftar kecil, bisa di ponsel atau bawa kertas.

Setelah menuliskan barang yang kamu butuhkan, bisa lakukan riset kecil-kecilan melalui internet, kira-kira toko mana yang lebih murah atau memberikan potongan lebih besar.

Misalnya, di daftar kebutuhan kamu ada celana jeans panjang. Nah, kamu lihat deh di internet, brand apa yang menjajakan jeans berkualitas namun dengan harga lebih murah.

Dengan melakukan cara ini, dijamin pengeluaranmu bakal lebih irit deh. Tapi, cara ini sepertinya gak terlalu berpengaruh buat orang-orang yang lebih mementingkan merek ketimbang fungsi.

Baca juga: Jangan Mau Dicurangi Saat Flash Sale! Lakukan 5 Hal Ini

2. Jadilah pembeli yang cerdas

Midnight sale
Jadi pembeli cerdas saat midnight sale (Pixabay)

Belanja di midnight sale jangan asal beli-beli aja, kamu harus memerhatikan kebutuhan dan kualitas. Pertama, mari dibahas soal kebutuhan, berbelanja itu disesuaikan dengan kebutuhanmu saja, tujuannya ya demi menghemat uang.

Pembeli yang cerdas dan bijak akan lebih mementingkan kebutuhan ketimbang keinginan. Karena keinginan sebetulnya hanya berdasarkan dari nafsu kita saja, yang padahal gak dibutuhkan sama sekali.

Misalnya, ketika kamu melihat sepatu bagus kamu langsung pengin beli, padahal sepatu yang kamu punya juga masih bagus dan terawat. Akhirnya, hanya terjadi pemborosan saja!

Kemudian kualitasnya, pembeli yang cerdas gak cuma kemakan diskon gede-gedean, tapi juga perhatikan kualitasnya. Kalau harganya murah banget tapi kualitasnya buruk ya sama saja bohong dong! Paling itu barang gak bertahan lama.

3. Belanja pakai uang cash saja, tinggalkan kartu kredit di rumah!

Midnight sale
Pakai cash saja saat belanja di midnight sale (Pixabay)

Bertransaksi menggunakan kartu kredit memang sangat mudah, tinggal gesek, transaksi kelar! Tapi ternyata kemudahan itu justru bikin kita makin impulsif.

Ketika kamu pergi ke midnight sale, terus banyak barang yang kamu penginin padahal duit kamu kurang, tanpa pikir panjang kamu bertransaksi pakai kartu kredit deh, sampai-sampai gak ingat batasan bujet.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik kamu tinggalkan kartu kreditmu di rumah. Bawa saja uang cash dengan jumlah sesuai anggaranmu.

4. Jangan sekadar ngikutin tren, beli barang yang tak lekang waktu

Midnight sale
Jangan sekadar ikut tren saat midnight sale (Pixabay)

Mengikuti tren memang gak ada habisnya, setiap minggu, setiap bulan, atau setiap tahun kadang berubah-ubah.

Kalau kamu mengikuti itu terus bakal kekuras abis uang yang kamu punya. Untuk menyiasatinya, belilah barang yang kira-kira gak lekang waktu.

Misalnya beli kaos yang polos, selain murah, kaos polos merupakan item fesyen yang paling gak kemakan zaman.

5. Manfaatkan cashback di kartu ATM atau kartu keanggotaan

Midnight sale
Manfaatkan cashback kartu saat midnight sale (Pixabay)

Setiap pusat perbelanjaan biasanya memiliki kartu keanggotaan. Kartu tersebut kadang menawarkan beragam program-program potongan harga bagi para anggotanya. Nah, kamu bisa memanfaatkan keistimewaan ini untuk lebih menghemat pengeluaran.

Tapi perlu kebijaksanaan juga dalam menggunakan kartu keanggotaan. Karena beragam keistimewaan itu juga bisa bikin kamu lebih konsumtif!

6. Jangan terlalu buru-buru beli

Midnight sale
Jangan terburu-buru beli saat midnight sale (Pixabay)

Midnight sale di Jakarta gak cuma berlangsung selama satu hari kok, tapi akan berlangsung dari tanggal 24 Mei sampai 1 Juni 2019.

Misalnya gak bisa menemukan barang yang kamu butuhkan di hari pertama, jangan buru-buru langsung beli yang lainnya, tapi sabar saja dulu. Kamu bisa cari barang yang kamu butuhkan di hari berikutnya.

7. Datang lebih awal

Midnight sale
Datang lebih awal saat midnight sale (Pixabay)

Midnight sale biasanya dimulai pukul 23.00 WIB. Agar kamu bisa mendapatkan barang yang betul-betul kamu butuhkan, datanglah lebih dahulu.

Karena namanya diskonan, pasti stoknya terbatas, dan yang mengincar barang tersebut gak cuma kamu doang. Kalau kamu datang telat, bisa-bisa barang yang kamu incar udah keburu diembat orang.

Datang lebih awal selain bisa mendapatkan pilihan barang yang beragam, kamu juga gak bakal terjebak di antrean panjang di kasir.

8. Ajak keluarga agar bisa saling mengingatkan kalau sudah belanja berlebihan

Midnight sale
Ajak keluarga agar mengingatkan saat belanja berlebih di midnight sale (Pixabay)

Keluarga seperti orangtua, kakak atau adik bisa jadi penasehat yang sangat baik ketika kamu sedang berbelanja.

Mereka bisa memberikan masukan tentang barang mana yang paling kamu perlukan, sampai menjadi alarm saat kamu sudah kelewat impulsif.

Itulah delapan tips berbelanja bijak dan hemat saat midnight sale. Tergiur dengan diskon gede-gedean boleh saja, tapi jangan dijadikan itu sebagai pembelaan menghambur-hamburkan uang.

Kebutuhanmu bukan untuk belanja saja, tapi masih ada kebutuhan pokok lainnya yang menanti di bulan-bulan berikutnya. Jadilah konsumen yang cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.