Gak Jatuh Miskin Meski Doyan Shopping, Ternyata Ini Rahasia Belanja Orang Berduit

4 menit
tips belanja
Tips belanja ala orang kaya. (Shutterstock)

Tak sedikit orang yang menyepelekan tips belanja cerdas dengan anggapan, “belanja ya tinggal belanja, ribet banget harus pakai tips-tips segala”. Hmm… padahal pemikiran seperti itu salah banget lho. Justru dengan mengikuti tips belanja, kamu tetap bisa menyalurkan hobi shopping kamu tanpa perlu takut dompet kamu kebobolan alias bokek usai berbelanja.

Coba kamu lihat para orang kaya yang tetap bisa belanja tapi uangnya tetap aja banyak. Jawabannya sederhana, yaitu karena mereka selalu memperhitungkan segala pengeluaran dengan matang.

Bukan karena menyandang predikat miliarder dengan harta berlimpah, mereka dapat serta merta bergaya hidup boros dan berfoya-foya. Justru para orang kaya menerapkan sistem belanja hemat agar tak membuang uang mereka dengan percuma.

Pasalnya, mereka sadar kalau mencari dan mengumpulkan uang itu tidaklah mudah. Butuh kerja keras dan cucuran keringat yang luar biasa. Jadi, saat sukses, mereka akan sangat menghargai setiap rupiah yang akan mereka belanjakan.

Nah, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan tips belanja ala orang kaya yang bisa banget kamu contek nih. Apa saja? Berikut lima di antaranya.

Baca juga: 5 Trik Aman Belanja Online yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Kena Tipu!

1. Buat daftar belanja

tips belanja
Bikin daftar belanja. (Shutterstock)

Tips belanja pertama, sebelum pergi ke pusat perbelanjaan atau supermarket, sebaiknya kamu membuat daftar apa saja barang yang akan dibeli.

Pastikan kalau barang yang ada dalam list belanjaan kamu itu memang yang benar-benar dibutuhkan. Kamu juga perlu tahu, apa saja kebutuhan yang harus beli baru dan mana saja kebutuhan yang bisa beli refill-nya. 

Selain itu, buat daftar mulai dari yang paling penting terlebih dahulu hingga yang sifatnya remeh atau bisa dibeli nanti.

Tujuannya sangatlah jelas. Dengan membuat daftar, maka kamu akan terhindar dari menghambur-hamburkan uang untuk barang yang tidak perlu.

Baca juga: Belanja Online Bikin Boros Kantong, Ini Tips Hematnya

2. Jangan terburu-buru dan membandingkan harga

tips belanja
Bandingkan harga. (Shutterstock)

Kalau berbicara soal belanja dan mengeluarkan uang, pastikan kalau kamu mempunyai banyak waktu alias tidak terburu-buru.

Bukan hanya berisiko mendapatkan barang dengan harga mahal, belanja terburu-buru juga akan membuat kamu akhirnya membeli barang yang tidak tepat dan ujung-ujungnya hanya penyesalan yang kamu dapatkan.

Orang kaya justru kerap meluangkan waktu untuk belanja dan bahkan melakukan perbandingan harga antara toko satu dengan toko lainnya sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk membeli.

Tujuannya ya untuk mendapatkan harga terbaik dan menguntungkan. Jadi mau belanja di online atau datang langsung ke toko, kuncinya ya bandingkan harganya dulu.

Baca juga: Pria Identik Gak Ribet Seperti Wanita Saat Berbelanja, Ternyata Ini 3 Perbedaannya!

3. Manfaatkan promo diskon

tips belanja
Manfaatkan promo diskon. (Shutterstock)

Di era yang sudah serba digital seperti saat ini, semakin bermunculan aplikasi yang membantu kamu untuk menghemat pengeluaran saat belanja.

Orang-orang kaya gak akan sungkan tuh bertanya ke toko, apakah sedang ada promo diskon dengan menggunakan aplikasi tertentu. Misalnya saja OVO yang kini tengah gencar memberikan cashback belanja di berbagai merchant.

Mendapatkan cashback 20 hingga 30 persen tentu lumayan banget kan? Karena tentu cashback-nya bisa digunakan untuk membeli barang lainnya. Jadi, jangan malu bertanya ya.

4. Belanja apa yang dibutuhkan, bukan yang sekedar keinginan

tips belanja
Butuh atau cuma pengin aja? (Shutterstock)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, orang kaya itu selalu membuat daftar belanja sebelum berbelanja dan memilah barang apa saja yang harus benar-benar dibeli.

Membeli barang yang diinginkan tentu gak ada salahnya. Tapi akan lebih baik kalau kamu membeli yang dibutuhkan terlebih dahulu. Jangan sampai terbalik, uang habis untuk membeli barang yang kamu sukai sampai melupakan kebutuhan yang harus diprioritaskan.

5. Jangan membawa uang banyak

tips belanja
Bawa uang jangan banyak-banyak. (Shutterstock)

Untuk mencapai kebebasan finansial, kamu disarankan untuk melakukan metode mengelola pengeluaran 50/20/30 yaitu 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 20 persen untuk menabung dan investasi dan 30 persennya untuk gaya hidup termasuk belanja.

Misalnya, gaji kamu sebulan adalah Rp 10 juta. Maka, batas maksimal kamu mengeluarkan uang termasuk untuk belanja adalah sebesar Rp 3 juta.

Kamu juga harus membagi lagi uang Rp 3 juta itu untuk kebutuhan gaya hidup lainnya seperti ngopi bareng teman dan lainnya. Jadi jangan habiskan Rp 3 juta untuk belanja. Karena kalau seperti itu, yang ada kamu mengambil uang di pos pengeluaran yang lain untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupmu.

Itulah sebabnya, kamu disarankan untuk membawa uang secukupnya untuk menghindari kalap belanja. Setuju? 

Nah, itu dia lima tips belanja pintar ala orang kaya yang bisa banget kamu contek nih. Dengan begitu, kamu juga tetap bisa menyalurkan hobi belanjamu tanpa perlu takut miskin di masa tua. (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.