Biar Gak Menyesal dan Rugi, Ini Panduan Membeli Kambing Kurban Idul Adha!

5 menit
kambing kurban
Beli kambing kurban biar gak nyesal dan rugi (Shutterstock)

Jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus mendatang, banyak orang sudah mempersiapkan uang untuk membeli kambing kurban. Kenapa kambing?

Sebenarnya, dalam berkurban itu tak berpatokan hanya kambing saja. Boleh juga sapi, kerbau, dan domba.

Namun, banyak orang memilih untuk kurban kambing karena harganya yang lebih murah. Sekadar perbandingan, harga satu ekor kambing itu berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta. Sementara sapi, biasanya di atas Rp 15 juta.

Meski begitu, banyak orang dengan beberapa orang lainnya menggelar patungan saat memutuskan kurban sapi karena memang harganya yang cukup mahal.

Nah, menjelang Idul Adha atau Lebaran Haji, kamu juga bisa menemukan para penjual hewan kurban yang sudah mulai menjajakan jualannya di pinggir jalan. 

Harga yang ditawarkan juga beragam, dan biasanya ditentukan dari ukuran hingga usia kambingnya itu sendiri.

Karena itu, MoneySmart ingin mengulas sedikit mengenai kambing kurban Idul Adha, mulai dari gimana cara menabungnya hingga tips memilih kambing kurban biar gak menyesal dan rugi.

Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

Mengapa harus kambing kurban

Kambing kurban
Kambing kurban

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, umat Islam banyak memilih kambing untuk berkurban karena memang harganya yang jauh lebih murah ketimbang hewan kurban lain seperti sapi.

Harga satu ekor kambing yang masih di bawah Rp 5 juta, tentu saja sangat terjangkau untuk banyak orang termasuk buat mereka yang bergaji UMR.

Sama halnya dengan Idul Fitri, Lebaran Haji juga hanya terjadi setiap satu tahun sekali. Jadi, dalam jangka waktu satu tahun, tentu bukan hal yang sulit buat kamu untuk mendapatkan uang sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta, kan?

Baca juga: Bisnis Hewan Kurban Lagi Menarik Buat Dilirik, Gini Cara Memulainya

Merencanakan keuangan untuk kambing kurban saat Idul Adha

Kambing kurban
Kambing kurban

Tak sedikit orang yang kerap gagal berkurban karena tidak memiliki uang untuk beli hewan kurban. 

Memang, kalau langsung menggelontorkan uang dalam jumlah besar dalam satu waktu tentu berat. Apalagi, jika penghasilan kamu masih di bawah Rp 5 juta. Yang ada kebutuhan sehari-hari jadi terbengkalai karena uang keburu habis untuk beli hewan kurban.

Karena itu, sebaiknya kamu persiapkan dari jauh-jauh waktu. Nah, buat kamu yang sekiranya tahun ini tidak bisa berkurban, kamu bisa targetkan untuk berkurban di tahun depan dengan mulai mengumpulkan dari sekarang.

Agar tak berat dan mengganggu pos keuangan, kamu bisa menerapkan beberapa trik menabung yang simpel banget.

Misalnya, target kamu membeli kambing kurban di harga Rp 3,5 juta di tahun 2020. Gaji kamu per bulan sebesar Rp 5 juta.

Kamu bisa menyisihkan uang setiap harinya sebesar Rp 10 ribu yang dimasukkan ke dalam celengan atau wadah bening. Bisa juga ditempelkan gambar kambing pada bagian depan wadah agar semakin semangat menabung.

Intinya, kesuksesan dari menabung itu adalah konsisten agar tujuan tercapai. Nah, jika setiap hari kamu menabung sebesar Rp 10 ribu, maka kamu sudah mendapatkan Rp 300 ribu dalam sebulan.

Setiap satu bulan, kamu bisa memindahkan uang ditabungan kamu itu ke tabungan khusus. Contohnya saja TabunganKu yang memang tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Jika terus berjalan lancar selama satu tahun. Maka, kamu bisa mengumpulkan uang dari menabung Rp 10 ribu per hari sebesar, Rp 10 ribu x 365 hari yaitu Rp 3.650.000. Sudah melebihi dari target kan?

Syarat kambing kurban yang akan disembelih

Kambing kurban
Kambing kurban

Ada beberapa syarat yang perlu kamu perhatikan saat memutuskan berkurban dengan kambing, yaitu:

1. Hanya untuk satu orang

Menurut ajaran agama Islam, kambing hanya diizinkan menjadi hewan kurban untuk satu orang saja. Terkecuali hewan kurban lainnya, seperti sapi yang boleh dibeli secara patungan.

2. Minimal usia setahun

Kambing yang dikurbankan juga harus berusia minimal satu tahun atau masuk ke tahun kedua. Tidak boleh yang masih kecil. Apalagi, baru lahir.

3. Kambing harus sehat

Syarat kambing kurban lainnya yang layak untuk disembelih adalah kondisi kambing harus sehat alias tidak dalam kondisi sakit. 

Selain itu, kambing juga harus bebas dari cacat yang bisa mengurangi kualitas hewan kurban.

4. Disembelih setelah shalat Idul Adha

Selanjutnya adalah saat penyembelihan kambing harus dilakukan usai shalat Idul Adha hingga matahari terbenam.

Tips memilih kambing kurban yang akan disembelih

Kambing kurban
Kambing kurban

Seperti dikutip dari republika.co.id, berikut ini beberapa tips memilih hewan kurban yang baik menurut Kementerian Pertanian:

  1. Membeli hewan kurban di tempat penampungan yang memang telah diawasi oleh pemerintah.
  2. Pastikan hewan kurban tersebut memiliki surat keterangan kesehat dari dinas atau petugas kesehatan hewan.
  3. Perhatikan dengan teliti, apakah hewan kurban yang akan kamu beli itu memiliki napas yang teratur, dapat berdiri tegak dan tidak ada luka.
  4. Kambing kurban juga harus memiliki bola mata yang bening dan tidak ada pembengkakan.
  5. Area mulut dan bibir juga bersih.
  6. Lidah pada hewan kurban juga harus bisa bergerak bebas dan memiliki air liur yang cukup membasahi rongga mulutnya.
  7. Area anus juga harus bersih dan kotorannya padat.

Jadi, saat memilih hewan kurban jangan hanya berpatokan dengan harga, harga dan harga. Karena percuma kan kalau kamu beli kambing dengan harga murah sementara kondisi hewan tersebut sakit, ujung-ujungnya gak sah karena tidak masuk ke salah satu persyaratan.

Karena itu, kamu diharap dapat bijak memilih hewan kurban yang sehat, karena nantinya daging kambing yang kamu kurbankan akan dinikmati banyak orang.

Cek harga kambing kurban

kambing kurban
kambing kurban

Idul Adha tinggal satu bulan lagi memang membuat banyak penjual yang mulai gencar memasarkan jualannya. Baik langsung buka lapak di pinggir jalan hingga via online. Ya, mengingat zaman yang semakin canggih dan sudah serba-digital.

Nah, buat kamu yang ingin tahu harga kambing kurban. Kamu bisa langsung mengecek langsung ke lapak penjual yang ada disekitar rumahnya atau di online, seperti Tokopedia, BukaLapak, Kitabisa, Global Qurban dan lainnya.

Contohnya, Global Qurban yang merupakan lembaga khusus kurban di bawah naungan ACT. Lewat situs resminya, kamu bisa membeli kambing seberat lebih dari 27 kilogram dengan harga Rp 1.650.000 sementara sapi dengan berat 220 kilogram sebesar Rp 11,5 juta.

Itulah beberapa ulasan mengenai hewan kurban, khususnya kambing menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan dirayakan umat muslim sebentar lagi.

Selain memilih hewan kurban yang sehat dan bersih, pastikan juga memilih hewan kurban yang memang sesuai kemampuan keuanganmu. Jangan memaksakan diri membeli sapi yang harganya di atas Rp 10 juta dengan cara ngutang sana-sini.

Karena memang pada dasarnya, berkurban itu bukanlah suatu keterpaksaan, namun kerelaan dari setiap umat yang mampu. 

Jika memang sanggupnya membeli kambing, tentu tak jadi masalah. Yang penting berkah, dan bisa bersedekah memberikan daging kurban kepada orang lain. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.