Tips Berbisnis ala Pemilik Coworking Space Beromzet Ratusan Juta Rupiah!

3 menit
tips berbisnis
Tips berbisnis Aryo Ariotedjo (Instagram/@aryoariotedjo)

Setelah sebelumnya sempat membahas kisah sukses Aryo Ariotedjo dalam membangun usaha Coworking Space bernama Wellspaces.co, beberapa dari kamu mungkin ada yang pengin tahu tips berbisnis versi pria kelahiran tahun 1988 ini. 

Sebelum menjadi seorang wirausahawan sukses, pria yang akrab disapa Aryo itu sempat berjualan beragam barang untuk menambah uang sakunya.

“Kalau bisnis sih gue udah selalu nyoba dari zaman kuliah coba kecil-kecilan. Jualan kaoslah, minumanlah, dan berbagai macam,” ungkapnya kepada MoneySmart di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Bahkan, dia sempat kena tipu ketika menjalani profesi sebagai seorang broker batu bara. Kalau melihat fakta tersebut, sosok satu ini emang sudah aral melintang di dunia bisnis.

Setelah sempat magang selama tiga bulan di Bank BCA pada tahun 2007 serta bekerja di perusahaan Medco Power Indonesia sebagai Business Development dari September 2010 hingga Desember 2011, dia mendirikan sebuah perusahaan bernama GRUPARA VENTURES yang bergerak di bidang investasi pada tahun 2012.

Gak berhenti sampai situ, Aryo juga mendirikan FREEWARE SPACES GROUP yang bergerak di bidang Coworking Spaces atau yang hari ini dikenal dengan nama Wellspaces.co. 

Setelah kurang lebih enam tahun berjalan, omzet yang bisa didapatkan olehnya mencapai Rp 500 juta per 1.000 meter persegi dari luas ruangan yang disewakan.

Yuk, kita simak langsung tips berbisnis dari Aryo Ariotedjo agar bisa sesukses dia:

1. Usaha yang kamu buat harus mempunyai nilai problem solving

Tips berbisnis
Usaha yang kamu buat harus mempunyai nilai problem solving

Yang namanya bisnis tentu salah satu poin paling penting adalah mencari keuntungan untuk bisa menjalankan operasional usaha secara mandiri dan mampu melakukan ekspansi. 

Namun, selain itu ada hal yang gak boleh dilupakan untuk para pengusaha muda yang pengin terjun ke dunia bisnis Coworking Space atau lainnya, yakni problem solving

Layaknya sebuah startup, alangkah baiknya jika bisnis yang kamu jalani bisa berkontribusi untuk menyelesaikan permasalahan yang sering hadir di tengah masyarakat. 

Selain bisa membantu orang banyak, iklim usaha yang kamu buat juga kemungkinan lebih sehat. Sebab, gak melulu mengikuti tren yang viral di media sosial.

Dengan begitu, kamu gak perlu khawatir lagi apakah bidang yang kamu tekuni tersebut hanya bertahan sementara atau sekadar pengin kaya sesaat saja karena mengikuti tren.

Baca juga: Cerita Sukses Aryo Ariotedjo Dirikan Coworking Space Berlandaskan Kearifan Lokal

2. Jeli melihat peluang yang ada 

Tips berbisnis
Jeli melihat peluang yang ada

Tips berbisnis selanjutnya adalah, kamu harus jeli dalam melihat peluang yang ada di dunia usaha. Hari ini mungkin ada belasan hingga puluhan kesempatan yang bisa diambil di berbagai industri ekonomi kreatif, contohnya.

Tapi kamu harus tetap memilih salah satu yang sesuai dengan kemampuan diri kamu sendiri. Bisa dari latar belakang yang kamu miliki atau pengetahuan tertentu yang dikuasai.

Tentunya dengan mempertimbangkan poin nomor 1 juga yakni memiliki value problem solving di masyarakat.

3. Memiliki nilai lebih di bandingkan pesaing

Tips berbisnis
Memiliki nilai lebih di bandingkan pesaing

Tips berbisnis ketiga adalah, usaha yang kamu jalankan harus memiliki nilai lebih atau pembeda dari brand lainnya. 

Ini akan meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk tertentu dan menjadi gampang diingat. 

Ada berbagai hal yang bisa menjadi pembeda antara merek yang kamu buat dengan yang lainnya seperti harga yang lebih murah, kualitas produk yang premium hingga layanan aftersales yang diberikan kepada pelanggan.

Bila kamu cuma mengikuti merek orang lain maka kemungkinan brand yang kamu dirikan tersebut akan besar bakal semakin sulit karena gak memiliki nilai lebih.

4.  Pertimbangkan melakukan bisnis untuk kaya

Tips berbisnis
Pertimbangkan melakukan bisnis untuk kaya

Sebagian orang masih menganggap bahwa untuk menjadi kaya salah satu caranya dengan menjalankan bisnis. Mungkin itu gak sepenuhnya salah, namun kadang menjadi pengertian yang bisa disalahartikan.

Sebab untuk menjalankan bisnis itu kamu harus fokus mengembangkan perusahaan yang kamu dirikan tersebut, bukan lagi hanya mencari keuntungan semata. Kalau udah begitu maka dengan sendirinya uanglah yang bakal datang ke rekeningmu.

Jadi ada baiknya coba mengubah tips berbisnis terkahir ini yaitu melakukan bisnis untuk kaya.

Itulah sedikit tips berbisnis dari Aryo Ariotedjo pendiri Wellspaces.co. Semoga keempat poin di atas bisa membantu kamu dalam mencari inspirasi dalam memulai usaha. Semoga sukses! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1