Gak Pengin Boros Bensin Saat Mudik Lebaran Nanti, Begini Caranya Berkendara Irit

4 menit
Tips berkendara irit bahan bakar saat mudik lebaran nanti (Shutterstock).
Tips berkendara irit bahan bakar saat mudik lebaran nanti (Shutterstock).

Tips berkendara kali ini ingin memberi tahu kamu bagaimana menghemat bahan bakar saat mudik lebaran. Pasalnya, mudik menjadi salah satu tradisi di Indonesia saat hari kemenangan tiba.

Banyak juga yang sudah melakukan persiapan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi. Para pemudik yang memakai kendaraan pribadi ini jumlahnya selalu bertambah setiap tahunnya.

Namun ada hal yang harus diketahui, karena berkendara saat mudik juga bisa irit lho. Berkendara irit saat mudik sebenarnya bukanlah sesuatu yang mustahil. Karena hal tersebut masih dapat dilakukan dengan berbekal beberapa trik yang bisa dilakukan pada saat sedang berkendara mudik.

Pengin tahu bagaimana cara berkendara irit saat mudik? Melansir laman Carmudi Indonesia, berikut ulasannya:

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Servis Mobil Sebelum Mudik

Tips berkendara
Servis kendaraan sebelum mudik (Pexels).

Usahakan kamu melakukan servis rutin maupun servis besar kepada mobil yang akan digunakan mudik. Dengan melakukan servis ini, kamu sudah menjaga performa mobil dalam keadaan optimal.

Kamu dapat mengganti filter oli, filter bahan bakar, filter udara dan mengganti oli mesin sebelum mudik. Usahakan juga mengganti oli transmisi pada saat hendak mudik menggunakan mobil.

Kondisi pembakaran yang bersih ini mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang baik. Jangan lupa untuk mengganti busi dengan yang baru agar pengapian juga semakin sempurna.

2. Tekanan Ban Tepat

Tips berkendara
Cek kondisi ban (Pexels).

Tekanan angin pada ban yang tepat juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Tekanan angin ini mampu mempengaruhi berkendara irit saat mudik.

Pastikan seluruh ban tidak mengalami kekurangan angin. Jika memakai angin nitrogen, usahakan menguras angin nitrogen di seluruh ban agar perjalanan semakin nyaman.

Baca juga: Catat! Begini Tips Agar Tetap Fokus Berkendara di Jalan Raya Saat Puasa

3. Perhatikan RPM Saat Mengganti Gigi

Tips berkendara
Perhatikan RPM saat mengganti gigi (Pexels).

Dalam berkendara saat mudik, pastikan kamu mengganti gigi transmisi dengan putaran RPM yang tepat. Usahakan mengganti gigi tidak melebihi 2 ribu RPM.

Hal ini juga mempengaruhi berkendara irit saat mudik. Usahakan juga jangan terpancing untuk menginjak gas dalam-dalam saat melalui jalanan yang kosong.

Berjalanlah dengan kecepatan konstan dan stabil justru akan membuat mobil akan semakin irit. Usahakan gunakan kecepatan konstan di angka 80-90 km/jam selama perjalanan di jalan kosong.

Ingat, keselamatan menjadi hal paling utama dibanding kecepatan sampai di rumah keluarga tercinta.

4. Kurangi Beban Berat

Tips berkendara
Cek bagasi kendaraan sebelum mudik (Shutterstock).

Terkadang para pemudik membawa barang bawaan yang sangat banyak dan cukup berat. Hal ini jelas sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dari mobil. Usahakan kamu hanya membawa barang yang dirasa penting dan sesuai kebutuhan. Hindari membawa barang berlebihan dan membuat mobil menjadi berat.

Jika membawa barang banyak, sebaiknya gunakan rak di bagian atas untuk menaruh barang bawaan. Barang bawaan yang ditaruh di bagian dalam kabin tentunya juga akan mengganggu keleluasaan penumpang di dalam kabin. Hal ini jelas akan mengurangi kenyamanan berkendara di dalam kabin.

Baca juga: Lampaui Mahalnya Lamborghini, Ini 7 Mobil Batman yang Pernah Dibuat di Dunia

5. Pilih Waktu Tepat dan Hindari Jalur Macet

Tips berkendara
Pilih waktu yang tepat untuk hindari jalur macet (Pexels).

Poin berikut ini menjadi poin yang sebenarnya tidak dapat diprediksi. Pada saat mudik, jutaan orang melakukan hal yang sama untuk menuju kota tujuan.

Sebisa mungkin kamu sebelum berangkat sudah mengantisipasi daerah-daerah yang berpotensi macet. Kamu juga wajib memilih waktu-waktu terbaik yang akan digunakan saat mudik.

Melakukan perjalanan pada saat malam hari biasanya menjadi waktu yang cukup tepat. Selain menghindari kemacetan, melakukan mudik pada saat malam hari juga mengurangi panas pada mobil.

6. Selalu Menjaga Kondisi

Tips berkendara
Selalu menjaga kondisi mobil sebelum mudik (Pexels).

Mobil yang sehat, berperforma maksimal tentu tak ada gunanya jika sang pemilik tidak menjaga kesehatan pada saat mudik. Usahakan sebelum benar-benar melakukan perjalanan mudik, istirahat dengan cukup.

Bawa makanan sebagai bekal perjalanan pada saat berbuka puasa. Jangan memaksakan diri jika sudah merasa mengantuk, lelah dan pegal. Ini sangat berpengaruh terhadap konsentrasi dalam mengendalikan laju kendaraan.

Gunakan tempat beristirahat yang sudah disediakan di jalur-jalur mudik. Jangan lupa, selalu mengecek temperatur mesin dan kapasitas bahan bakar agar jangan sampai kehabisan.

Nah itu tadi enam cara mudah yang bisa kamu gunakan sebagai trik untuk melakukan berkendara irit saat mudik. Ingat ya, berkendara dengan hati-hati hingga sampai kampung halaman dan kembali ke Jakarta dengan selamat. Semoga tips berkendara tadi bermanfaat untuk kamu! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be