Masih Muda dan Pengin Banyak Uang? Ikuti Tips Bisnis Artis Ini Aja!

4 menit
Masih Muda dan Pengin Banyak Uang Ikuti Tips Bisnis Artis Ini Aja!, (Instagram/@eriskarein).

Mandek dalam membuka usaha? Ikuti aja nih tips bisnis dari Eriska Rein yang saat ini tengah menjalani usaha keripik pisang. Biar gak minta uang melulu ke orangtua, ada baiknya ikuti tips bisnis dari ibu satu anak ini.

Eriska Rein saat ini tengah menjalani bisnis keripik pisangnya yang dilabeli Rein Nana. Bisnis keripik pisang yang belum genap dua tahun dijalani oleh bintang film “A Man Called Ahok” ini terbilang cukup lumayan buat menambah penghasilannya sebagai seorang artis.

Ibu satu anak ini emang sengaja menggeluti dunia bisnis makanan kecil menyadari bahwa gak selamanya ia bakal bertahan di dunia hiburan. Rein Nana merupakan bisnis keripik pisang yang ia jalani dengan modal awal kisaran Rp 5 jutaan dan kini udah banyak meraup keuntungan.

Nah, sebagai artis yang kini tengah menggeluti bisnis makanan kecil ini, Eriska Rein mencoba berbagi tips bisnis nih bagi milenial yang pengin menjalani bisnis.

Buat kamu yang muda dan milenial gak mau kan hanya cuma minta uang ke orangtua? Udah saatnya nih memulai membuka bisnis meskipun dengan modal kecil. Nah, pengin tahu tips bisnis dari Eriska Rein? Yuk, kita simak di bawah ini:

Baca juga: Cuma Modal Rp 5 Juta, Bisnis Keripik Pisang Eriska Rein Laris Manis!

1. Jangan takut buat memulai

Jangan pernah takut buat memulai sebuah bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, poin pertama ini sangat penting lho buat kamu yang pengin memulai bisnis dan mendapatkan uang sendiri. Jangan pernah takut buat memulai merupakan pesan pertama dari Eriska Rein bagi kamu yang pengin memulai bisnis.

Kalau kamu udah menyerah duluan buat memulai sebuah usaha atau bisnis gimana tahu hasilnya nanti? Gak ada salahnya buat memulai bisnis dan hilangkan rasa takut buat memulai.

Kalau udah bisa melawan rasa takut buat memulai bisnis kamu bakal enak banget menjalaninya. Karena kalau rasa ini gak dilawan yang ada kamu gak bakal memulai-mulai berbisnis. Udah gitu bakal selamanya nih berdiam diri dan hanya mengharapkan cuan dari orangtua.

Baca juga: Momen Ramadan Jadi Peluang Eriska Rein Berbisnis Keripik Pisang Kekinian

2. Punya perasaan takut rugi saat memulai bisnis

Punya perasaan takut rugi saat memulai bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini sering banget nih terjadi bagi kamu-kamu yang pengin memulai bisnis. Takut rugi sering banget terlintas dalam pikiran banyak orang saat pengin memulai bisnis.

Yang namanya bisnis emang gak selalu berbuah manis nih. Yang namanya rugi atau untung itu kerap terjadi lho dalam berbisnis. Maka dari itu coba deh hilangkan pikiran ini agar kamu gak diam di tempat alias gak mulai-mulai buka bisnis.

Baca juga: 5 Bisnis Artis Berusia 20-an Ini Bisa Memotivasimu Berwirausaha

3. Berani mengambil risiko

Berani dalam mengambil risiko itu penting lho saat memulai bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat kamu memulai berbisnis, Eriska Rein berbagi tips bisnis nih. Salah satunya selalu berani dalam mengambil risiko. Nah, saat kamu memulai berbisnis ada baiknya kamu berani buat mengambil risiko.

Yang namanya berbisnis kalau kamu gak berani dalam mengambil risiko yang ada ya gitu-gitu aja gak bakal ada kemajuan dalam hidup kamu. Saat kamu mengambil risiko, kamu bakal tahu nih titik kelemahan dirimu dalam berbisnis.

4. Modal gak mesti besar

Dengan modal kecil sebenarnya kamu udah bisa memulai bisnis lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat memulai bisnis emang selain mental yang mesti berlapis baja, memiliki modal juga perlu lho. Nah, Eriska Rein menyarankan buat memulai usaha gak mesti memiliki modal besar. Dengan modal kecil dan kamu punya konsep yang matang dalam berusaha bisa lho memulai berbisnis.

Cobalah sesuatu dari modal yang kecil dulu jangan terlalu serakah dalam mengeluarkan modal. Kamu mesti pertimbangkan segala sesuatunya saat mengeluarkan uang dalam berbisnis. Mulai dari biaya produksi, biaya pemasaran hingga biaya-biaya lainnya.

5. Cari peluang dan telaten itu penting

Cari peluang dan telaten itu penting saat menjalan sebuah bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Eriska Rein mengutarakan tips bisnis dirinya saat ini buat kamu milenial. Nah, yang ini sangat penting nih, coba deh cari peluang dan kerjakan segala sesuatunya dengan telaten.

Mencari peluang emang sangat perlu dalam memulai sebuah bisnis sehingga kamu bakal tahu sasaran pasar bisnis kamu. Dan jangan lupa lho buat selalu telaten dalam menjalankan suatu bisnis.

Kalau kamu menjalankan bisnis dengan telaten dan bersabar untung yang didapatkan pasti juga berasa nih dari jerih payah mu. Yang namanya untung itu emang butuh proses, maka dari itu kamu mesti telaten ya dalam mengerjakannya.

Nah, itu dia tips bisnis dari Eriska Rein buat kamu milenial yang pengin memulai usaha. Semoga bermanfaat ya buat kamu-kamu yang pengin menjalankan usaha dan mendapatkan uang sendiri.

Udah tahun 2019 lho masa masih minta uang sama orangtua. Kamu yang masih muda pastinya banyak banget nih ide-ide kreatif dalam membuat bisnis. Selamat mencoba! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan