Belanja Online Bikin Boros Kantong, Ini Tips Hematnya

2 menit
Shutterstock

Kemudahan belanja online melalui internet sedang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia.

Banyaknya pilihan pasar online atau marketplace, dan juga beragam produk yang dijual menjadi kemudahan tersendiri belanja online.

Selain itu, kecepatan, efisiensi, dan kemudahan menjadi daya tarik belanja online di masyarakat Indonesia.

Hanya menggunakan koneksi internet, cari barang yang diperlukan, dan bayar melalui aplikasi mobile banking, dan tinggal tunggu paket barang tiba didepan rumah. Kamu tanpa harus pusing pergi ke pusat perbelanjaan dan bermacet-macetan dijalan raya.

Belum lagi, promo gajian, potongan harga, cash back, hingga gratis ongkos kirim menjadi nilai lebih belanja online.

Tapi, berbagai kemudahan yang ditawarkan belanja online ini sering membuat orang candu, hingga tak mampu mengendalikan nafsu konsumtifnya. Imbasnya adalah boros dan membuat pengeluaran membengkak.

Perencana Keuangan dari ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie membeberkan beberapa cara mudah agar tak keranjingan belanja online.

1. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Mengatur keuangan
Alokasi kebutuhan pokok

Dalam berbelanja online harus mengetahui atau sadar memilah mana yang keinginan semata dan bukan kebutuhan yang diperlukan. Dengan ini maka dapat mengendalikan nafsu belanja.

2. Bayar Tunai

uang-tunai
Pembayaran Tunai (tempo)

Usahakan menggunakan metode pembayaran tunai, dan jangan biasakan menggunakan kartu kredit, apalagi berutang.

3. 10 Second Role

nasihat keuangan
Berpikir matang sebelum membuat keputusan finansial yang besar

Coba berhenti sejenak selama 10 detik, dan tanyakan pada diri sendiri apakah butuh barang dibeli atau hanya keinginan semata.

4. Membuat Wishlist

Jangan lupa membawa catatan belanja saat ke supermarket (Ilustrasi).

Percaya atau tidak keberadaan wishlist bisa mengubah cara seseorang dalam berbelanja. Wishlist akan membuat seseorang lebih sadar akan keinginan atau kebutuhan.

5. Punya Shopping Account

Membuka rekening baru (Ilustrasi).
Membuka rekening baru (Ilustrasi).

Buatlah satu rekening terpisah dari operasional rekening bulanan. Dengan ini bisa mengatur berapa alokasi yang disediakan dan tidak menganggu keuangan bulanan.

Nah bagi yang gemar belanja online dan arus keuangan sering terganggu, patut dicoba nih cara diatas. Jangan sampai hobi belanja tapi keuangan bulanan selalu babak belur.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.