5 Tips Hemat Biaya Transportasi Bagi Warga Pinggiran yang Kerja di Jakarta

4 menit

Biaya transportasi bagi warga yang kerja di Jakarta lumayan tinggi. Apalagi bagi pekerja yang tinggal di pinggiran Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Untuk sampai di Jakarta, para warga pinggiran ini harus melalui beberapa transportasi publik.

Nah, kebayang dong berapa ongkos transportasi bagi warga pinggiran Jakarta ini yang dikeluarin tiap bulan? Buat ngehemat pengeluaran biaya transportasi tersebut, yuk simak dulu 5 tips berikut ini.

1. Hitung total biaya transportasi bulanan

biaya transportasi
Coba deh iseng hitung biaya transportasi bulanan kamu berapa? (Republika)

Sebagian besar warga pinggiran Jakarta atau Bodetabek yang kerja di Jakarta pasti menggunakan commuter line. Selain murah, transportasi sejuta umat ini emang paling cepet dibandingkan transportasi lain.

Mari hitung terlebih dahulu yuk biaya transportasi yang kamu keluarin tiap bulannya.

Misalkan kamu tinggal di Paledang, Bogor dan kerja di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Maka simulasi biaya transportasi yang dikeluarin adalah:

– Biaya bensin sepeda motor pulang pergi dari Paledang – Stasiun Bogor = Rp 5.000
– Biaya titip/parkir motor di area stasiun = Rp 5.000
– Biaya pulang pergi transportasi commuter line dari Stasiun Bogor – Stasiun Sudirman = 12.000
– Biaya pulang pergi transportasi gojek dari Stasiun Sudirman ke lokasi kerja = Rp 15.000

Total biaya transportasi per hari = Rp 37.000

[Baca: 6 Kiat Ampuh Supaya Tetap Aman Saat di Transportasi Online]

Nah, di atas telah kita hitung biaya transportasi per hari kamu sebagai warga Bogor yang bekerja di Jakarta. Jika dikalikan hari kerja, maka total biaya transportasi yang kamu keluarkan per bulan mencapai Rp 740.000.

Coba deh hitung, upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2018 mencapai Rp 3,6 juta. Jika dikurangi buat biaya transportasi aja, maka UMP yang kamu terima akan tersisa Rp 2,9 juta.

Ini baru contoh perhitungan bagi warga Bogor ya. Belum termasuk jika kamu tinggal di Kabupaten Bekasi, Tangerang atau kawasan Maja, Provinsi Banten sana. Pasti beda juga penghitungannya.

2. Pilih transportasi umum paling murah

Di atas kita telah hitung simulasi pengeluaran biaya transportasi dari Bogor ke Jakarta mencapai Rp 740.000 per bulan. Besaran pengeluaran transportasi tersebut sebetulnya bisa dihemat. Caranya pilih transportasi umum yang paling murah.

Sebagai contoh, jika kamu turun di kawasan Stasiun Sudirman, kamu bisa menggunakan Kopaja atau Transjakarta untuk sampai ke lokasi kerjamu. Dua transportasi umum ini bisa lebih menghemat biaya transportasi kamu dibanding ojek online.

Jika menggunakan ojek online kamu ngeluarin ongkos Rp 15.000 per hari. Maka naik Kopaja atau Transjakarta bisa Rp 10.000 aja.

3. Cari promo biaya transportasi berbasis aplikasi

biaya transportasi

Manfaatin promo transportasi online biar pengeluaranmu gak bengkak (greatdeals)

Tapi harus diakui, kehadiran transportasi berbasis online saat ini memang digandrungi masyarakat. Selain fleksibel, transportasi online juga relatif lebih cepat mengantarkan penumpang ke lokasi tujuan.

Nah, buat kamu yang ingin lebih menghemat pengeluaran biaya transportasi, ada baiknya rajin nyari promo transportasi online. Kamu bisa unduh berbagai aplikasi ojek online, misalnya. Kemudian pilih operator yang lagi ngasih promo gratis atau diskon.

Selain itu, kamu juga bisa manfaatin layanan dompet virtual yang disediain operator transportasi online. Go-Pay misalnya. Dengan menggunakan Go-Pay, maka kamu bisa menghemat biaya transportasi dari yang seharusnya kamu bayarkan.

4. Pilih jenis BBM yang bisa hemat biaya transportasi kendaraan pribadi

Terkadang, orang suka males desak-desakan naik commuter line atau transportasi umum lainnya. Mereka lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi ke lokasi kerja di Jakarta.

[Baca: Pengendara Mobil Bisa Makin Untung Kalau Isi BBM dengan 5 Kartu Kredit Ini]

Tapi, meskipun menggunakan kendaraan pribadi, kamu tetap bisa hemat kok. Caranya dengan memilih jenis bahan bakar. Jika kamu lebih suka berangkat ke tempat kerja pakai motor, kamu bisa pilih jenis bahan bakar.

Setidaknya terdapat tiga operator yang jual bahan bakar di Indonesia, yakni PT Pertamina, PT Shell Indonesia dan PT Total Oil Indonesia.

Harga Pertamax 92 dari Pertamina yang paling murah untuk tahun 2018 mencapai Rp 8.400 per liter. Sementara untuk harga BBM yang dikeluarkan Shell jenis Super Rp 8.950 per liter. Adapun untuk harga termurah dari Total yakni jenis Performance 92 seharga Rp 8.750 per liter.

Nah, dari daftar harga BBM di atas, kamu bisa pilih mana yang lebih murah. Kamu bisa memilih BBM Pertamax misalnya yang harganya paling murah. Atau kalau mau lebih murah lagi, kamu bisa pilih Pertalite dengan harga Rp 7.500 per liter.

Jika sehari kamu ngabisin tiga liter Pertalite, maka uang yang kamu keluarin Rp 22.500. Jika dikalikan 20 hari kerja, maka biaya yang kamu keluarin Rp 450.000.

5. Nebeng kendaraan tetangga atau teman dengan tujuan lokasi yang sama

biaya transportasi
Gak usah nebeng mobil Satpoll PP juga kali ya, nanti disangka kriminil (Brilio)

Tips selanjutnya untuk menghemat biaya transportasi adalah nebeng kendaraan tetangga atau yang tujuannya sama. Syukur-syukur tetangga kamu suka naik mobil pribadi ke tempat kerja yang sama lokasinya dengan kamu.

Atau paling tidak, kamu bisa nebeng kendaraan tetangga menuju stasiun yang dituju. Kan lumayan, kamu bisa hemat biaya titip motor atau ongkos angkutan umum jika kamu terbiasa naik angkot dari rumah ke stasiun tujuan.

Jika udah bisa berhemat soal biaya transportasi, maka tentu saja pendapatan bulanan kamu bisa dipake buat kebutuhan yang lain. Intinya pinter-pinter kamu aja deh gimana caranya bisa hemat biaya transportasi bulanan.

Nah, beberapa tips di atas bisa kamu praktikkan hingga pengeluaran transportasi kamu benar-benar bisa ditekan. Yuk dicoba tipsnya.

[Baca: Tarif Taksi Online Udah Diatur, Ini 5 Tips Biar Tetap Hemat]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong