Buat Kamu yang Terbiasa Boros! Gini Caranya Saving Bujet Biar Gak Nyusahin

4 menit

Tips hemat sebenarnya bukan hal yang susah kok buat dilakuin, bahkan tetap bisa dilakukan buat kamu yang terbiasa hidup boros. Dan caranya juga gak susah-susah amat buat saving bujet.

Ya, balik lagi memiliki tabungan itu penting banget untuk menjamin masa depanmu agar dapat hidup tentram, nyaman dan sentosa di kemudian hari.

Lagipula kamu pasti gak mau kan terus-terusan kerja sepanjang waktu bahkan saat udah tua nanti. Kamu tentu mau kan, menikmati masa tua dengan nyaman tanpa harus pusing mikirin besok harus makan apa ditambah dengan berbagai cicilan yang bikin kepala tambah botak.

Tapi buat mencapai hal itu alias kebebasan finansial gak bisa diperoleh secara instan, ya kecuali tiba-tiba kamu dapat warisan puluhan miliar rupiah. Baru deh kamu bisa bebas dari segala bentuk tanggung jawab finansial.

Daripada kamu mengkhayal yang gak-gak, mending berpikir secara realitis aja deh. Gimana caranya? Ya, dengan mulai menyisihkan penghasilanmu sejak muda.

Terlebih di usia yang masih muda, kamu masih sangat produktif menghasilkan uang. Jadi, jangan sampai menyesal di kemudian hari karena terus terus-terusan mikirin utang yang gak berkesudahan.

Nah, kali ini MoneySmart.id ingin membagikan beberapa cara mudah menghemat uang buat kamu yang terbiasa boros. Gimana caranya? Berikut lima di antaranya:

1. Bawa makanan dan minuman dari rumah

Bawa makanan dan minuman dari rumah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Membawa makanan dan minuman dari rumah bisa menjadi salah satu cara mudah buat kamu untuk berhemat. Jadi, kamu gak perlu mengeluarkan bujet gede untuk makan siang.

Selain dapat menghemat pengeluaran, makanan dari rumah juga lebih terjamin kebersihannya dan aman dikonsumsi.

Gak percaya? Coba ya dihitung-hitung. Kamu harus mengeluarkan uang makan siang sekitar Rp 20 ribu. Ditambah air minum sebesar Rp 5 ribu. Berarti dalam sehari kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 25 ribu.

Kalau gak bawa makanan dan minuman dari rumah, berarti dalam satu bulan kamu akan mengeluarkan uang sebesar Rp 25 ribu x 22 hari yaitu Rp 550 ribu.

Lumayan kan uang Rp 550 ribu bisa kamu alihkan untuk tabungan atau investasi yang akan bikin kekayaanmu semakin beranak pinak.

2. Belanja di pasar tradisional

Belanja di pasar tradisional, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak sedikit orang khususnya anak muda yang enggan belanja ke pasar tradisional dengan alasan supermarket lebih nyaman karena di ruangan ber-AC.

Padahal, selisih harga di pasar tradisional dan supermarket itu jauh berbeda lho. Kamu bahkan masih bisa tawar menawar hingga mendapatkan kesepakatan harga.

Jadi, gak ada salahnya kok untuk beralih belanja ke pasar tradisional dari sekarang. Itung-itung sembari membantu rakyat kecil kan?

3. Manfaatkan fasilitas wifi gratis

Manfaatkan fasilitas wifi gratis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di era yang serba digital seperti sekarang ini tentu banyak orang yang gak bisa lepas dari yang namanya internet, mulai dari anak-anak hingga orangtua.

Nah, kamu juga diharuskan untuk menyiapkan bujet lebih untuk membeli kuota internet. Buat kamu yang aktif menggunakan internet bahkan bisa mengeluarkan uang hingga Rp 300 ribu.

Karena itu, kamu bisa memanfaatkan fasilitas wifi gratis untuk menghemat kuota internet kamu. Jadi, gak perlu merogoh kocek lagi kan buat beli kuota internet tambahan.

4. Simpan uang receh di celengan

Simpan uang receh di celengan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menyimpan uang receh di dalam celengan juga bisa jadi solusi untuk menabung lho. Walaupun sedikit, tapi gak terasa tahu-tahu uangmu udah beranak pinak.

Lagipula jangan menyepelekan uang receh, pasalnya udah banyak terjadi di mana orang membeli barang-barang mewah dengan mengumpulkan uang receh.

Salah satunya adalah cerita warga China bernama Gan yang berhasil membeli mobil menggunakan 660 ribu uang koin dan 20 ribu uang kertas pecahan kecil yang saat ditotal mencapai Rp 1,44 miliar. Bisa buat aset di masa depan kan?

5. Kurangi nongkrong

Kurangi nongkrong, (Ilustrasi/Shutterstock).

Percaya atau gak, nongkrong itu sebenarnya sangat menguras kantong lho. Apalagi kalau kamu nongkrong setiap minggu. Kalau seperti gitu mah, siap-siap aja dompet kebobolan.

Coba deh itung-itung, berapa uang yang kamu keluarkan untuk sekali nongkrong? Pasti lebih dari Rp 100 ribu kan? Buat makan dan juga minum.

Ya, bukan berarti kamu gak boleh nongkrong sama sekali. Ketemu teman-teman juga baik untuk menjaga silaturahmi dan menghilangkan stres. Asalkan, jangan setiap minggu.

Kamu juga bisa menghemat bujet nongkrong kamu dengan makan dulu di rumah. Jadi, saat di kafe, kamu hanya mengeluarkan uang untuk membeli minum.

Nah, itu dia lima tips hemat yang bisa kamu lakukan buat kamu yang memang udah terbiasa boros. Yuk, mulai bijak mengelola uangmu demi masa depan yang lebih baik. Semangat!

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.