10 Tips Hemat Uang yang Sederhana dan Ramah Lingkungan

5 menit

Tips hemat uang gak harus ribet. Cukup dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, penghematan pun bisa dilakukan kok. Jadi gak cuma hemat, kita pun otomatis turut serta menjaga lingkungan dalam prosesnya.

Gak percaya? Berikut 10 cara sederhana peduli lingkungan yang bisa bantu kita hidup hemat setiap hari. Yuk langsung simak aja.

tips hemat uang
Jangan salah matahari bisa jadi sumber energi lho (orientenergyreview)

1. Manfaatkan sinar matahari

Anggaran bulanan buat bayar listrik jangan dianggap sepele. Tarif listrik yang udah naik sejak tahun lalu emang kudu disikapi serius. Makanya, hemat menggunakan listrik itu krusial banget.

Caranya mudah kok. Kamu manfaatin aja sinar matahari semaksimal mungkin. Sinar matahari sangat berguna buat pencahayaan rumah di siang hari.

Pastikan rumah kamu sudah terpasang jendela dan beberapa genting kaca, agar cahaya matahari bisa masuk ke bagian dalam rumah. Tips hemat uang yang satu ini juga sekaligus bisa menghemat energi lho.  

[Baca: Biaya Listrik Naik Terus? Cobain Pakai Panel Surya Yuk! Ini Biaya yang Bakal Kamu Keluarin]

2. Gunakan alat cukur biasa

Buat para pria, tips hemat uang yang bisa dilakukan adalah dengan memilih alat cukur. Udah pasti kalau kumis atau janggut panjang, gak tahan pengin dicukur kan?

Nah, buat menghemat uang, sebaiknya gunakan alat cukur biasa atau tradisonal daripada alat cukur elektrik. Selain harganya relatif lebih murah, alat cukur tradisional juga gak perlu mengeluarkan energi seperti listrik atau baterai.

3. Cuci baju sendiri

tips hemat uang
Jemur baju pakai cahaya matahari lebih hemat daripada pakai pengering di mesin cuci (energi-ku)

Adanya mesin cuci emang ngebantu banget buat orang yang malas nyuci pakaian. Tinggal nyalakan mesin, isi air, masukkin deterjen dan pakaian yang mau dicuci, udah deh biarin mesin yang bekerja.

Tapi konsekuensinya ya udah pasti pengggunaan listrik makin bertambah. Belum lagi mengeringkan bajunya juga pakai mesin. Udah tentu pemakaian listrik terus ngalir deh.

Nah, untuk menghemat uang dan energi, coba deh mulai nyuci baju dan mengeringkan sendiri menggunakan cahaya matahari. Ini akan lebih baik dan gak bikin boros pengeluaran.

4. Jalan kaki atau bersepeda

Hasil penelitian yang dilakukan Universitas Standford pada tahun lalu menyebutkan kalau orang Indonesia merupakan orang yang paling malas jalan kaki sedunia.

Penelitian tersebut emang ada benarnya. Mau ke warung yang lokasinya dekat aja kita kadang sering pakai motor daripada jalan kaki.

Nah, mulai sekarang yuk coba biasakan jalan kaki atau bersepeda aja. Misalnya kalau lokasi kantor tempat kerja dekat dengan tempat tinggal, apa salahnya jalan kaki atau menggunakan sepeda.

Selain bisa hemat uang dan energi, jalan kaki dan bersepeda juga bisa bikin sehat badan lho. Apalagi buat yang jarang banget olahraga. Tips hemat uang ini juga cocok buat menjaga kebugaran tubuh kan?

[Baca: 12 Meme Cara Menghemat Uang Gaji Bulanan Kamu yang Bikin Ngakak]

5. Gunakan transportasi massal

tips hemat uang
Naik KRL boleh, asal jangan naik ke atasnya aja, bahaya banget lho (wordpress)

Macet udah jadi salah satu ciri khas Indonesia, terutama Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Banyak banget orang menggunakan kendaraan pribadi yang menyebabkan kemacetan.

Padahal dalam kondisi macet, konsumsi BBM pasti lebih boros. Ruginya udah pasti double dong. Selain kesel karena terjebak macet, kita rugi boros bensin juga.

Buat yang lagi menghemat uang sambil hemat energi juga, bisa tuh memanfaatkan transportasi massal. Khusus bagi warga Jakarta dan sekitarnya, keberadaan commuter line bisa jadi pilihan sebagai kendaraan ke tempat tujuan.

Dan tak lama lagi, bakal ada transportasi massal lainnya yang bakal dioperasikan, seperti mass rapid transit (MRT) dan ligth rail transit atau LRT. Transportasi massal ini gak cuma bikin hemat uang, tapi hemat waktu lho.

6. Batasi penggunaan tisu

Kita mungkin sering seenaknya saja menggunakan tisu toilet dan jenis tisu lainnya. Padahal semakin banyak tisu digunakan, semakin banyak pula penebangan pohon. Uang belanja bulanan juga makin besar kalau kita boros tisu.

Data Worldwatch Institute, sebuah organisasi penelitian lingkungan di Wasington DC menyatakan  produksi tisu secara global telah memangkas sekitar 270.000 pohon per harinya.

Oleh karena itu, membatasi penggunaan tisu bakal membantu memberikan solusi ramah lingkungan yang tepat. Sebab, tisu juga terbuat dari bahan baku kayu yang tak lain berasal dari pohon. Makanya pembatasan penggunaan tisu jadi solusi yang sangat bijak.

7. Pilih popok kain daripada popok sekali pakai

Popok bayi adalah salah satu penyumbang sampah terbesar. Di Kabupaten Pasuruan misalnya, menurut laporan dari Jawa Pos, 60 persen sampah yang mencemari sungai di daerah tersebut berasal dari popok bayi.

Udah jelas dong selain mencemari lingkungan, penggunaan popok bayi juga udah pasti bikin boros duit. Makanya gak ada salahnya dong para orangtua buat mencoba penggunaan popok kain.

Popok jenis ini sudah banyak diproduksi dan dijual di toko lho. Selain lebih hemat uang, popok kain yang bisa digunakan berulangkali ini juga ramah lingkungan. Sebab, gak perlu dibuang setiap kali si bayi pipis atau buang air besar.

8. Bijak menggunakan air

tips hemat uang
Kalau mandi gak usah ngabisin air juga kali, nanti boros lho (grid)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan saat mandi? Jawabannya pasti beragam. Tapi semakin lama seseorang mandi, kemungkinan besar semakin banyak air yang digunakan.

Kalau misalkan setiap hari kita menghabiskan 40 liter air buat dua kali mandi, maka udah 1.200 liter air yang digunakan dalam sebulan. Ini baru mandi aja ya. Belum aktivitas lainnya.

Nah, buat menghemat energi dan juga uang, ada baiknya kita mulai menghemat penggunaan air. Jangan mentang-mentang banyak air, kita seenaknya aja buka keran terus-terusan.

9. Manfaatkan sirkulasi udara

Penggunaan air conditioner atau AC emang dibutuhkan banget buat pendingin udara di rumah. Tapi jangan salah, penggunaan AC ini adalah penyumbang terbesar biaya listrik bulanan.

Buat menghemat energi dan uang, kamu bisa memanfaatkan sirkulasi udara. Kamu bisa buka seluruh ventilasi seperti jendela yang ada di rumah. Ini agar udara bisa masuk dan membuat kondisi rumah gak terlalu gerah.

Sebaliknya, kalau lagi nyalain AC, usahakan semua ventilasi tertutup rapat. Karena makin banyak ruang ventilasi terbuka, makin boros juga pemakaian AC. Nah, cara sederhana ini bisa sangat membantu menghemat pengeluaran uang akibat tagihan listrik.

10. Terapkan jadwal pemakaian energi

tips hemat uang
Ingat lho ya, tanpa energi mungkin gak bakal ada kehidupan (howfacecare)

Cara sederhana lain yang bisa dilakukan buat hemat uang dengan ramah lingkungan adalah menerapkan jadwal pemakaian energi. Kamu misalnya bisa berkomitmen dengan keluarga di rumah untuk tidak menyalakan alat elektronik, listrik, air, kendaraan, hingga kompor dalam satu jam sehari.

Kalau komitmen ini dilakukan, maka dalam setahun penghematan energi bisa mencapai 365 jam atau 15 hari dalam setahun. Kalau cara ini dilakukan juga oleh setiap orang, maka energi bisa lebih dihemat lagi. Dan tentunya secara otomatis pengeluaran uang bisa dihemat juga.

Nah, itulah tips hemat uang yang sederhana dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Berani coba gak?

[Baca: 7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan]

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.