Kerja dari Rumah Tapi Produktif Seperti di Kantor? Ikuti 6 Tips Sederhana Ini

4 menit
kerja dari rumah
Kerja dari rumah tapi tetap produktif, gimana caranya? (Shutterstock)

Sekarang, banyak perusahaan yang mengizinkan karyawannya untuk kerja dari rumah. Namun, kerja dari rumah gak selamanya menguntungkan, baik buat perusahaan, maupun buat si karyawan sendiri. Pasalnya, banyak juga karyawan yang lantas menurun produktivitasnya karena gak kerja di kantor.

Hal itu baru terasa ketika seseorang yang pertama kali mencoba merasakan hawa yang berbeda dibandingkan melakukan semua tugas di kantor. Pada umumnya, saat datang ke tempat kerja, kita disambut dengan suasana yang segar. Biasanya pula, dengan datang ke tempat kerja, kita mempunyai tujuan yang jelas sehingga dengan sendirinya tubuh kita siap untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Sebaliknya, buat sebagian orang, kerja dari rumah justru membuat tubuh dan pikiran jadi gak siap untuk memulai aktivitas. Banyak faktor yang mempengaruhi mulai dari suasana rumah, pikiran sampai kondisi yang masih mengantuk.

Oleh karena itu penting bagi kamu yang sedang melakukan kerja dari rumah untuk mengikuti 6 tips berikut ini agar tetap bisa produktif menyelesaikan tugas.

Baca juga: 8 Perusahaan Besar Ini Mengizinkan Karyawannya Kerja dari Rumah, Minat?

1. Mendekorasi ruangan kerja agar tetap fokus

kerja dari rumah
Desain ruangan seperti ruang kerja. (Shutterstock)

Hal yang paling dasar ketika kita kerja dari rumah dengan pergi langsung ke kantor tentu adalah ruangannya. Suasana rumah yang bawaannya selalu pengin nyantai berkontribusi atas produktivitas kita yang menurun.

Untuk mengakalinya, kamu bisa mencoba mendekorasi ruangan tempat kamu menghabiskan waktu untuk bekerja. Coba sediakan meja dan kursi kerja sendiri yang didesain emang untuk bekerja.

Bila kamu terus-terusan menatap laptop dari kasur sambil tidur-tiduran bisa dipastikan kebiasaan itu membuat produktivitas menjadi berkurang. Namun kalau kamu merasa udah nyaman dan gak ada masalah sama tips ini, bisa melanjutkan ke poin nomor 2.

Baca juga: Setelah Baca Ini, Yakin Kerja dari Rumah Itu Enak?

2. Tetap berkoordinasi dengan orang kantor

kerja dari rumah
Koordinasi jangan sampai putus. (Shutterstock)

Kesalahan selanjutnya yang umum orang lakukan saat kerja dari rumah adalah gak berkoordinasi dengan orang kantor. Akibatnya, kamu menjadi merasa kesepian dan cenderung kurang termotivasi untuk menyelesaikan tugas. 

Walaupun gak bertemu secara fisik, koordinasi dengan rekan kerja juga perlu dijaga untuk mengetahui pembaruan apapun terkait pekerjaan. Kalau gak, takutnya nanti ada kesalahpahaman yang berujung pada penurunan performa. 

Lagipula, di zaman yang serba canggih kayak sekarang gini, yang namanya menghubungi orang lain udah sangat gampang. Jadi, gak ada alasan lagi untuk gak berkoordinasi.

Baca juga: Pengin Kerja dari Rumah? Lirik 6 Pekerjaan Ini

3. Siapkan materi pekerjaan sehari sebelumnya

kerja dari rumah
Siapkan materi. (Shutterstock)

Agar kamu gak bingung soal tugas apa yang bakal diselesaikan keesokan hari, ada baiknya untuk mempersiapkan materi sehari sebelumnya.

Ini sangat bermanfaat supaya kamu gak membuang-buang waktu lagi dalam menyelesaikan tugas. Akan lebih baik lagi kalau membuat skala prioritas supaya ritme kerja lebih teratur.

Untuk kamu yang belum terbiasa, mungkin terdengar sedikit sulit. Tapi, nanti setelah udah menjadi sebuah rutinitas, kebiasaan tersebut bisa menghemat waktu kamu secara keseluruhan lho!

4. Berkomitmen untuk bekerja dengan serius

kerja dari rumah
Berkomitmen untuk kerja sungguh-sungguh. (Shutterstock)

Dibandingkan di kantor, kerja dari rumah lebih banyak godaan yang bisa banyak menghabiskan waktu kamu. Pasti kamu pernah mengalami kejadian seperti itu, kan?

Contoh sepele tapi berdampak besar adalah ketika kamu lagi ngerjain tugas tiba-tiba menyisihkan waktu sedikit untuk nonton Youtube. Sekali dua kali sih gak masalah, yang jadi masalah kalau udah lupa waktu.

Bisa-bisa waktu untuk nonton video lebih lama dari waktu bekerja. Oleh karena itu dibutuhkan komitmen yang serius untuk memulai tips keempat ini.

5. Jangan lupa untuk bergerak!

kerja dari rumah
Harus gerak. (Shutterstock)

Kebiasaan tidur atau duduk terlalu lama bisa membuat metabolisme tubuh kamu menjadi menurun. Lalu yang bakal terasa adalah mata menjadi lebih ngantuk dan mager untuk melakukan segala hal termasuk bekerja.

Usahakan untuk rutin bergerak dalam waktu tertentu supaya aliran darah bisa mengalir lancar ke seluruh tubuh. Selingi dengan aktivitas kecil seperti minum air putih atau pergi ke wc untuk buang air kecil. 

Tips ini ampuh untuk meningkatkan konsentrasi seseorang gak cuma di rumah aja, yang bekerja di kantor pun bisa melakukan tips ini secara rutin.

6. Istirahat dengan cukup

kerja dari rumah
Istirahat cukup. (Shutterstock)

Walaupun secara praktek kamu bisa kerja dari rumah atau dimanapun kamu berada, bukan berarti gak butuh yang namanya istirahat.

Banyak orang memaksakan dirinya untuk bekerja secara berlebihan hanya untuk mengejar deadline. Secara sadar atau gak sadar keletihan karena bekerja bisa menurunkan produktivitas pekerjaan seseorang. Jadi, batasi waktu bekerja dan pastikan kamu tidur yang cukup 6 sampai 8 jam setiap harinya.

Nah itulah 6 tips kerja dari rumah agar produktivitas bekerja bisa seperti di kantor. Gak perlu melakukan semuanya dalam satu waktu, kamu bisa coba satu-satu terlebih dahulu dan melihat apakah efektif dan cocok dengan diri kamu nih. (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1