Mengapa Orang Kaya Bisa Menghasilkan Banyak Uang? Ternyata, Ini Rahasianya

3 menit
Tips mengatur keuangan
Tips mengatur keuangan (Shutterstock)

Mau cepat kaya? Ikuti tips-tips keuangan yang dijalankan orang-orang kaya. Pasalnya, tips-tips yang mereka lakukan udah terbukti sukses membangun kekayaan.

Seperti diungkapkan CNBC, ada beberapa tips keuangan yang dilakukan rata-rata orang kaya. Tips-tips tersebut yang membuat kekayaan mereka terus bertambah.

Tips-tips yang dijalankan orang-orang kaya tersebut diungkapkan seorang akuntan sekaligus perencana keuangan Tom Corley setelah melakukan survei terhadap 233 orang kaya. Hal ini dilakukannya sebagai bahan penulisan buku “Rich Habits, Poor Habits”.

Apa aja tips-tips keuangan yang dilakukan orang-orang kaya tersebut? Yuk, cari tahu lebih jauh dalam ulasan berikut:

1. Bikin daftar tujuan keuangan dan fokus merealisasikannya

Membuat daftar keuangan
Membuat daftar keuangan

Tiap tahun orang-orang kaya selalu bikin daftar tujuan keuangan yang pengin dicapai. Mereka berusaha memanfaatkan waktu selama setahun dengan sebaik-baiknya. Buat mereka, waktu yang mereka jalani sama berharganya dengan uang yang dihasilkan.

Sekalinya menetapkan tujuan, mereka memfokuskan diri membuat tujuan mereka jadi kenyataan. Karena itu, jangan heran kalau orang kaya terus menghasilkan uang, bahkan lebih banyak dari sebelumnya.

Baca juga: Pantas Aja Bisa Sukses, Ini Lho Kualitas-Kualitas Diri yang Dimiliki Orang Kaya

2. Menunda pembelian untuk memastikan yang dibelinya kebutuhan atau keinginan

Menunda belanja
Menunda belanja

Meski udah punya banyak uang, cukup banyak orang kaya yang menimbang-nimbang dulu sebelum membeli. Bagi mereka, belajar menahan diri gak langsung melakukan pembelian adalah kunci sukses dari keuangan yang sehat.

Tips keuangan ini mereka lakukan tiap kali hendak belanja. Mereka bertanya ke diri mereka sendiri, apakah barang-barang tersebut benar-benar dibutuhkan, atau cuma keinginan semata untuk memilikinya.

Kalau belum menemukan jawabannya, mereka menunda pembelian barang tersebut selama 24 jam. Setelah itu, mereka baru memutuskan apakah perlu membelinya atau gak.

Berkat tips keuangan tersebut, uang-uang yang dimiliki orang-orang kaya gak lari dengan percuma. Pasalnya, uang mereka keluar buat keperluan yang tepat guna.

Baca juga: 7 Orang Kaya di Dunia Ini Punya Kebiasaan Belanja Hemat, Siapa Saja Mereka?

3. Alokasikan 20 persen gaji buat disimpan dalam bentuk tabungan atau investasi

 

Alokasikan gaji
Alokasikan gaji

Udah hal umum kalau mengalokasikan 20 persen dari gaji menjadi salah satu cara menjaga kondisi keuangan tetap sehat. Ini juga yang dilakukan sejumlah orang kaya sebagai tips keuangan mereka.

Mereka secara konsisten menyisihkan 20 persen dari gaji mereka buat ditabung ataupun diinvestasikan.

Apa yang mereka lakukan inilah yang bikin diri mereka selalu punya banyak uang. Sebab, uang yang disisihkan tersebut meningkat nilainya karena diinvestasikan.

Orang-orang cenderung menyukai pilihan investasi saham buat menaikkan nilai uang yang mereka punya. Asal tahu aja nih, berinvestasi saham bisa menghasilkan return 20 persen setahun.

4. Melakukan audit secara berkala

Melakukan audit
Melakukan audit

Orang-orang kaya menyadari adanya perubahan biaya yang memengaruhi besaran pengeluaran tiap bulan. Karena itu, mereka melakukan audit secara berkala agar bisa melakukan penyesuaian.

Hasil dari audit yang mereka lakukan tersebut kemudian menjadi acuan dalam pengambilan keputusan. Misalnya aja ada alokasi mana yang perlu diperkecil supaya bisa menutupi alokasi yang besar. Dengan audit ini juga, mereka terhindar dari pengeluaran lebih alias pemborosan.

Itulah tips-tips keuangan yang bikin keuangan orang-orang kaya jadi maksimal. Selama tips-tips di atas dijalankan benar-benar, selama itu pula efek positifnya bakal kamu rasakan. (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!