Jadul Sih, Tapi Gak Nyangka 4 Tips Keuangan Ini Masih Relevan

3 menit
Tips keuangan jadul yang masih relevan. (Shutterstock)
Tips keuangan jadul yang masih relevan. (Shutterstock)

Zaman sekarang sih udah gampang buat cari tips keuangan. Tinggal Googling aja sebentar, pasti nemu banyak banget. Mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih, bahkan dengan memanfaatkan aplikasi.

Kamu pastinya udah tahu dong apa gunanya tips keuangan itu? Adanya tips keuangan itu bertujuan buat menjaga keuangan selalu tetap sehat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Jangka pendeknya, gak ada lagi tuh cerita bokek sebelum gajian. Atau munculnya celetukan semisal “duh, tanggal tua nih!” Nah, jangka panjangnya, tips keuangan membantu kamu mengelola keuangan agar bisa #MerdekaFinansial alias mencapai kebebasan finansial.

Emang benar sih, beda zaman beda juga penanganan terhadap suatu masalah. Namun, bukan berarti semua hal pada zaman dulu itu benar-benar udah basi alias gak bisa kepakai lagi.

Mau bukti? Berikut ini tips keuangan yang dianggap jadul tapi ternyata emang bisa bikin kamu merdeka finansial.

1. Selalu menabung meski nilainya kecil

Tetap menabung meski sedikit. (Shutterstock)
Tetap menabung meski sedikit. (Shutterstock)

Sampai sekarang gak ada yang bisa menyangkal kalau tabungan itu adalah penyelamat saat lagi susah. Namun, tetap aja masih banyak yang malas melakukan ini dalam hidupnya.

Asal tahu aja nih, sekecil-kecilnya nilai yang kamu tabungkan, ujung-ujungnya bakal bermanfaat banget ke depannya. Kamu pasti pernah dengar kisah orang yang membeli Kawasaki Ninja dengan menabung uang receh? Itu cuma satu contoh kecil aja.

Intinya, buat menjalankan tips keuangan yang satu ini kamu kudu konsisten dan punya komitmen. Dijamin deh perlahan-lahan kamu mulai menapaki jalan menuju merdeka finansial.

2. Investasi emas

Investasi emas. (Shutterstock)
Investasi emas. (Shutterstock)

Bicara investasi, orang-orang dulu paling percaya sama emas. Kenapa bisa gitu? Katanya nilai emas itu lebih pasti dan harganya pasti bakal lebih mahal daripada sekarang.

Faktanya emang benar demikian. Emas itu bisa dibilang pasti karena harganya gak pernah turun dari tahun ke tahun, meski gak sebesar harga saham.

Gak heran kalau tips keuangan ini diterapkan banyak orang. Gak peduli perhiasan atau batangan yang penting investasi emas.

Cara ini jelas bisa kamu coba, apalagi sekarang ini investasi emas udah gampang banget. Modal Rp 50 ribu aja udah bisa buat buka tabungan emas.

3. Daripada menyewa rumah, mendingan beli

Mending beli daripada sewa rumah. (Shutterstock)
Mending beli daripada sewa rumah. (Shutterstock)

Buat kamu yang udah nikah, pastinya pernah dicereweti hal yang satu ini sama orangtua: “Jangan lama-lama tinggal di kontrakan. Cepat beli rumah meski nyicil.”

Buat mereka, lebih baik punya rumah walau itu harus dicicil lewat KPR selama 20 tahun. Soalnya rumah sendiri itu bermanfaat sebagai aset yang punya daya jual tinggi.

Makanya gak heran kalau orang-orang zaman dulu itu rata-rata punya rumah sendiri. Wong cara berpikirnya seperti gitu kok.

Tips keuangan ini tentu aja pas banget buat kita yang hidup di zaman sekarang, apalagi sebuah riset pernah menyebut generasi milenial di masa depan bakal kesulitan punya rumah sendiri karena kenaikan gaji gak sebanding sama kenaikan harga rumah.

4. Beli barang biar gengsi tetap terjaga

Jangan beli barang karena gengsi. (Shutterstock)
Jangan beli barang karena gengsi. (Shutterstock)

Menjaga gengsi sih boleh-boleh aja, tapi buat apa juga kalau cuma bikin kamu rugi?

Misalnya, gara-gara temanmu punya mobil baru, kamu juga ikut-ikutan beli mobil baru. Padahal, kondisi keuanganmu itu rentan banget buat ambil kredit mobil.

Coba deh kamu tanya orang-orang zaman dulu. Rata-rata mereka yang udah mencapai kemerdekaan finansial itu dulunya memegang prinsip bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Mereka memilih lebih menahan apa yang dipengin daripada berutang.

Jelas aja cara jadul ini harus kamu coba. Gak apa lah gak jadi keren barang sebentar, toh buat kepentingan yang lebih besar.

Gimana, terbukti kan tips keuangan yang dibilang jadul itu memberi manfaat dan relevan buat zaman sekarang? Bisa juga membantu kamu meraih #MerdekaFinansial. Selamat mencoba!

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!