Gak Mau Kere? Lakukan Tips Keuangan Ini Kalau Gak Pengin Kekurangan

4 menit
Gak Mau Kere? Lakukan Tips Keuangan Ini Kalau Gak Pengin Kekurangan, (Ilustrasi/Pixabay).

Hari gini masih bertahan dari gaji ke gaji? Tandanya, ada yang salah tuh dengan pengelolaan keuangan. Ada baiknya segera perbaiki deh kondisi tersebut dengan beberapa tips keuangan yang dijamin masih berefek banget hingga hari tua nanti.

Asal tahu aja nih, pengelolaan keuangan itu menjadi penentu apakah kamu bakal sejahtera di masa depan atau justru hidup dalam kesulitan keuangan. Emangnya kamu mau pas di hari tua nanti masih aja kesusahan buat memenuhi kebutuhan sendiri?

Baca juga: Pengin Nikah Muda Tanpa Ngerepotin Orangtua, Ikuti Tips Keuangan Ini

Karena itu, selagi masih sempat, lakukan deh tips-tips keuangan berikut supaya terhindar dari hal-hal buruk yang membahayakan kondisi keuanganmu. Dikutip dari Wonga, inilah tips-tips keuangan yang terus berguna berapa pun usiamu, mau tahu gimana caranya? Yuk, kita lihat bersama-sama di bawah ini: 

1. Selama masih bisa nego harga, kenapa gak?

Selama masih bisa nego gak ada salahnya lho saat berbelanja, (Ilustrasi/Pixabay).

Tips keuangan yang satu ini kamu kudu praktikan deh saat belanja di pasar. Dengan nego harga, kamu bisa dapat harga jual yang murah lho.

Baca juga: Ingin Jadi Digital Nomad? Terapkan Tips Keuangan Ini Biar Sukses

Hitung-hitung dengan dapat harga murah, kamu bisa hemat uang belanjaan. Apalagi sekarang ini beberapa e-commerce udah menawarkan fitur nego harga lho. Mislanya aja Bukalapak dan OLX.

2. Belanja secara terukur dengan bikin daftar belanjaan

Belanja secara terukur dengan bikin daftar belanjaan, (Ilustrasi/Pixabay).

Jangan asal-asalan dalam berbelanja. Ada baiknya kamu bikin dulu daftar belanjaan supaya gak kebablasan nantinya.

Baca juga: Jadul Sih, Tapi Gak Nyangka 4 Tips Keuangan Ini Masih Relevan

Keberadaan daftar belanjaan dapat bantu kamu belanja secara terukur. Hasilnya udah pasti, uang yang keluar buat belanja gak habis banyak. Lakukan deh tips keuangan ini kalau kamu suka boros dalam belanja bulanan.

3. Ambil utang berdasarkan besaran gaji

Ambil utang berdasarkan besaran gaji kamu ya, (Ilustrasi/Pixabay).

Maksudnya gimana ya? Ambil utang berdasarkan besaran gaji artinya kamu bayar cicilan utang tiap bulannya gak boleh lebih dari 30 persen gaji.

Kenapa maksimal 30 persen? Sebab menurut hitung-hitungan financial advisor, besaran 30 persen dianggap aman buat kondisi keuangan.

Lebih dari 30 persen nantinya bisa mengganggu kondisi keuanganmu. Lagi pula bank bakal menyetujui pengajuan pinjaman kalau jumlah pinjamannya setelah dihitung-hitung, cicilannya kurang dari 30 persen gaji.

4. Mulai investasi segera

Memiliki investasi segera mungkin ada baiknya lho buat menjaga keuangan kamu dan ini salah satu tips keuangan, (Ilustrasi/Pixabay).

Jangan ada alasan lagi buat menunda-nunda investasi. Selagi bisa segera dilakukan, lakukan deh. Sebab berinvestasi saat masih muda bisa bikin hidup sejahtera di hari tua nanti.

Pokoknya kisah sedih di hari tua karena kekurangan uang gak bakal jadi cerita yang mewarnai hari-hari saat masa pensiun. Dan kepastian di hari tua cuma bisa didapat dengan berinvestasi.

Lagi pula menjalankan tips keuangan ini gak sulit kok. Apalagi investasi bisa dilakukan dengan modal yang sedikit. Cukup dengan Rp 100 ribu nih, kamu udah bisa berinvestasi. Mulai dari saham hingga reksa dana.

5. Miliki asuransi buat menjaga kondisi keuangan tetap aman

Miliki asuransi buat menjaga kondisi keuangan tetap aman, (Ilustrasi/Pixabay).

Masih banyak yang menyepelekan peranan asuransi. Makanya tips keuangan ini kadang-kadang diabaikan begitu aja.

Padahal, memiliki asuransi itu bisa mengantisipasi hal-hal yang bisa merugikan keuangan kamu. Perlu kamu tahu, ada beberapa risiko yang suatu waktu bisa aja terjadi dan bikin kondisi keuangan memburuk.

Di sinilah asuransi berperan agar akibat-akibat dari risiko yang terjadi bisa diminimalkan. Soal harga, gak usah khawatir. Banyak asuransi yang kasih premi dengan harga yang terjangkau. Bayangkan, dengan modal Rp 200 ribuan, kamu bisa dapat uang pertanggungan hingga Rp 200 juta.

6. Jangan lupa miliki dana darurat

Memiliki dana darurat itu sangat penting lho buat kamu yang kadang kondisi keuangannya gak menentu, (Ilustrasi/Pixabay).

Ini juga yang sering diabaikan banyak orang. Dana darurat itu penting banget lho karena pentingnya, dana darurat harus disiapkan paling awal.

Kalau kamu belum punya dana darurat, milikilah segera. Sisihkan 10 – 20 persen gaji buat alokasi dana darurat. Kumpulkan hingga banyaknya 6 – 9 kali gaji.

Perlu diperhatikan juga nih. Dana darurat perlu ditambah tiap tahunnya. Tujuannya agar gak tergerus inflasi. Terus tempatkan 50 persen dana darurat di deposito agar jumlahnya berkembang. Sementara setengahnya tetap di rekening tabungan.

Itu tadi tips-tips keuangan yang bisa dilakukan siapa aja dan berapa pun usianya. Asalkan dijalankan dengan benar-benar, hidup sejahtera dan serba berkecukupan bakal menjadi kenyataan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!