Pengin Makan Steak Enak dengan Bujet Murah, Lakukan 5 Tips Ini

3 menit

Makan steak enak gak harus di hotel atau restoran. Soalnya bikin daging panggang ini bisa dilakukan di rumah dengan peralatan yang ada.

Tapi bikin steak sendiri ini butuh biaya gede gak sih? Gak juga kok, buktinya cara bikin steak enak di rumah sendiri ini gak harus mengeluarkan bujet mahal. Asalkan kamu lakuin aja 5 tips ini. Yuk simak aja!

1. Beli daging di tempat pemotongan hewan

Steak Enak
Beli daging di TPH akan lebih murah pastinya (politico)

Tepat banget kalau mau bikin steak enak tapi hemat caranya dengan beli daging di tempat pemotongan hewan (TPH). soalnya, beli daging di TPH ini akan langsung transaksi dengan pemilik hewan.

Kalau kamu pengin bikin steak daging sapi, kamu bisa datang langsung ke TPH sapi yang lokasinya dekat dengan rumah. Daging yang dipotong di TPH ini biasanya buat didistribusikan ke pasar-pasar.

Nah, itu artinya kamu bakal dapat harga lebih murah daripada beli dipasar. Tapi jangan lupa ya, kamu harus datang sepagi mungkin kalau mau beli daging di TPH. Soalnya sapi-sapi yang dipotong ini biasanya dilakukan pada dini hari.

[Baca: Jenis Potongan Daging untuk Steak yang Wajib Diketahui Biar Pas dengan Selera dan Bujet]

2. Bisa beli daging beku

Kalau malas bangun pagi buat dapetin harga daging murah dari TPH langsung, kamu bisa beli daging beku. Harganya pun lebih rendah daripada daging segar.

Jika beli daging segar di pasar, harganya di atas Rp 100.000. Sementara daging beku biasanya di bawah Rp 100.000. Daging beku ini banyak banget dijual. Terutama di super market.

Untuk kualitas, gak perlu diragukan. Daging beku bukan berarti lebih jelek daripada daging segar.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman pernah mengatakan daging segar belum tentu lebih baik dari daging beku. Dia memberi contoh, daging yang biasa disajikan di hotel bintang 5 adalah daging beku. Kata dia, selain bersih, daging beku juga sudah gak ada ada bakteri karena sudah dibekukan.

3. Manfaatkan bumbu yang ada di rumah

steak enak
Buat bikin bumbu steak enak cari aja bahannya yang ada di rumah, gak perlu beli lagi deh (ndtv)

Untuk membuat steak enak sendiri di rumah, tentu memerlukan aneka bumbu sebagai pelezat daging saat disantap. Beberapa bahan bumbu untuk saus steak antara lain bawang bombay, kecap, tepung meizena dan aneka sayuran dan bahan pelengkap lainnya.

Untuk lebih menghemat bujet, manfaatkan bumbu dapur dan bahan pelengkap di atas yang ada di rumah. Itu akan lebih menghemat pengeluaran daripada harus beli.

[Baca: Simak Deh 22 Cara Menghemat Uang Belanja Keluarga yang Bisa Kita Coba]

4. Manfaatkan kayu bakar atau arang saat masak

Memasak steak enak memakan waktu sekitar satu jam. Biar lebih hemat, memasak steak enak bisa menggunakan bahan bakar arang atau kayu yang ada di sekitar kita.

Selain hemat, memasak steak dengan arang atau kayu bakar bisa bikin masakan lebih lezat. Dengan arang juga, aroma steak akan lebih harum dari pada menggunakan pemanggang gas.

Tapi kekurangan memasak steak dengan arang ini suhunya gak bisa diatur seperti memasak menggunakan gas.

5. Gak perlu pakai cooking spray

Steak Enak
Kalau wajan gak mau lengket mah pake minyak sayur aja (tradeindia)

Saat bikin steak atau daging panggang lainnya, biasanya kita pakai cooking spray atau penyemprot anti lengket wajan. Namun, penyemprot tersebut harganya lumayan mahal.

Solusinya, buat bikin steak enak tanpa lengket di wajan, kita bisa gunakan minyak sayur yang dicampur dengan mentega buat diolesin ke wajan.

Minyak sayur tersebut harganya jauh lebih murah dibanding penyemprot anti lengket yang harganya ratusan ribu. Kamu tinggal masukkan aja minyak tersebut ke botol semprot.

Nah, itulah tips memasak steak enak tanpa harus mengeluarkan bujet mahal. Menikmati steak enak gak perlu di restoran mahal atau di hotel berbintang.

Cukup bikin sendiri aja di rumah bersama keluarga atau teman-teman saat menggelar pesta kecil-kecilan. Tertarik mencoba?

[Baca: Makan Ribs Enak dan Hemat di Jakarta? Cobain 5 Tempat Ini]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.