Gak Usah Takut Apalagi Ragu, Begini Tips Membeli Saham Bagi Wanita Pemula

3 menit
Tips membeli saham buat wanita. (Shutterstock)
Tips membeli saham buat wanita. (Shutterstock)

Tips membeli saham sebetulnya sudah bisa kamu lihat di pelbagai situs berita ekonomi, maupun blog para pakar. Tetapi kamu merasa kurang mendapatkan bekal, atau ada alasan lain yang jadi pemicu keraguanmu untuk berinvestasi. Terlebih jika kamu adalah seorang wanita?

Saham merupakan instrumen investasi dengan tingkat risiko paling besar ketimbang lainnya. Akan tetapi, saham memberikan imbal balik atau keuntungan yang cukup besar. Berinvestasi di pasar modal memang memiliki untung maupun rugi dari jenis instrumen yang kamu pilih. Untuk meminimalisir hal itu, ada baiknya sebelum memulai investasi kamu mempelajarinya dulu.

Hal mendasar yang harus kamu miliki adalah kemauan untuk belajar tentang saham dan mengenali tipe risiko investasi. Belajar tentang saham itu mudah apalagi dengan kemudahan mendapatkan informasi saat ini.

Rajin-rajinlah kamu mencari informasi gratis di internet. Jangan pernah coba-coba beli produk investasi yang kamu sendiri gak paham tentang produknya apa. Seperti kata Warren Buffett “Never invest in a business you cannot understand.”

Lalu apakah seorang wanita bisa bermain saham? Apalagi wanita dikenal sebagai orang yang tidak bisa mengatur uang dengan baik, stereotip yang berkembang sudah seperti itu. Sebetulnya tidak menjadi masalah ketika wanita menjadi sosok mandiri dari segi finansial, apalagi ketika mereka sudah berani berinvestasi. Pasalnya, menabung saja di zaman sekarang ini tidaklah cukup.

Arisan keluarga pun sudah tidak bisa diandalkan lagi. Nah, cara yang cukup berbeda adalah dengan bermain investasi saham. Gimana sih caranya agar wanita pemula bisa bermain saham dengan meminimalisir kerugian yang ada.

Dengan keuntungan yang lebih tinggi, memang sudah saatnya para wanita berani untuk berinvestasi dalam saham. Ini beberapa tips bagi perempuan yang akan memulai membeli saham.

Baca juga: Tak Kie: Kedai Kecil Klasik yang Melegenda di Tengah Menjamurnya Bisnis Kopi Kekinian

1. Banyak belajar dari informasi yang ada

Berinvestasi saham harus selalu update dengan angka-angka.

Bagi orang awam memang saham atau bursa sangat sulit untuk dimengerti. Tapi kamu gak usah khawatir, saat ini Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah memiliki program Sekolah Pasar Modal yang ditujukan untuk investor pemula.

Cukup buka situs resmi BEI untuk mencari tahu seputar kelas ini. Kamu hanya perlu membayar Rp 100 ribu saja kok.

Uang itu akan dikembalikan lagi dalam bentuk rekening untuk membeli saham setelah kamu terdaftar di kelas tersebut. Jadi uangnya balik lagi ke diri kamu sendiri. Bukan untuk BEI ya. Jangan sampai salah informasi.

2. Memilih saham yang baik

Saham (Ilustrasi).

Pertanyaan seperti bagaimana memilih saham yang baik agar tidak merugi? Nah ini yang mungkin ada di kepalamu saat ini kan? Dari ratusan perusahaan saham yang ada di BEI saat ini, gak semuanya perlu kamu pahami kok.

Pilih salah satu atau beberapa perusahaan saham yang memang sudah kamu kenal lama seperti Unilever atau Indofood. Kamu pasti paham kan apa saja produk yang mereka jual.

Atau malah, kamu salah satu konsumen terbaik mereka, dengan menggunakan produknya selama ini. Jangan coba-coba bermain saham yang produknya sendiri saja kamu gak tahu ya!

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Ini Bikin Pelesiranmu Makin Seru Lho!

3. Dana yang harus disiapkan

reksadana mandiri
Walau bisa dimulai dengan bujet kecil, bukan berarti pasti untung (Kontan)

Nah, ini juga menjadi pertanyaan yang seringkali ditanyakan investor pemula. Berapa sih dana yang harus disiapkan. Bagaimana kalau ternyata uangnya hanya ada sedikit, apa bisa tetap bermain saham? Bisa saja kok.

Untungnya saat ini sudah ada online trading atau mobile trading. Disini kamu bisa membeli saham yang relatif terjangkau.

Juga hal yang perlu kamu perhatikan adalah harga saham sebetulnya tidak pas kalau disebut mahal dan murah. Tetapi lebih ke tinggi dan rendah. Dan hal yang perlu diingat adalah bukan jumlah lembar sahamnya ya, melainkan nilai investasinya.

Ternyata gak sesulit dan mahal seperti yang dibayangkan di awal kan? Kalau sudah paham, kamu bahkan bisa mulai beli saham dengan uang Rp 5 ribu saja. Dengan uang segitu kamu sudah bisa mendapatkan 1 slot yang setara dengan 100 lembar, nah gak mahal dan cukup mudah bukan?

Baca juga: Ini yang Perlu Diwaspadai Semua Zodiak di Tahun Babi Tanah, Hati-Hati Ya!

Jadi tunggu apalagi? Yuk, mulai bermain investasi saham buat kamu para wanita. Jangan hanya tahu bagaimana cara menghabiskan uang saja, tetapi harus paham juga cara mencarinya dengan hal yang berbeda dari wanita pada umumnya.

Kalau kamu ragu dengan saham, bisa mulai investasi reksa dana dulu kok. Yuk, mulai pintar mengelola keuangan Anda dengan memilih investasi yang sesuai. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan