5 Tips Membeli Sayuran Organik dengan Biaya Murah

3 menit

Petinju kelas bulu dunia Floyd Mayweather mengaku doyan banget mengonsumsi sayuran organik. Baginya, asupan makanan organik diklaim membuat tubuhnya sehat.

Nah, yang belum tahu, ciri khas sayuran organik ini ditanam tanpa campuran pupuk kimia. Itu sebabnya sayuran ini memerlukan pupuk organik atau pupuk kandang yang biayanya bisa dua kali lipat dari pupuk kimia.

Jadi gak heran kalau harga sayuran organik relatif lebih mahal dibanding sayuran biasa. Sebab, biaya perawatan tanaman organik juga lebih ekstra dibanding sayuran biasa.

Tapi tenang aja deh. Ada beberapa tips buat kamu yang pengin mengonsumsi sayuran organik dengan harga murah. Yuk simak aja.

1. Beli sayuran organik langsung dari petani

Sayuran Organik
Beli sayuran organik langsung ke petani jadi cara tepat buat dapetin harga lebih murah (detik)

Udah paling tepat kalau mau beli sayuran organik murah langsung dari petani. Sekarang ini udah banyak komunitas petani yang menanam sayuran organik di banyak daerah.

Harga yang ditawarkan petani langsung udah pasti di bawah harga toko pada umumnya. Selain bisa memeroleh harga yang lebih murah, beli sayuran organik langsung dari petani juga bisa ditawar.

[Baca: Diet Gak Harus Mahal. Lakukan 6 Cara Ini Biar Kantong Aman]

2. Pasar Tradisional

sayuran organik
Beli sayuran di pasar tradisional juga murah kok (tempo)

Gak bisa dipungkiri, kalau mau beli beragam sayuran udah pasti larinya ke pasar tradisional. Di tempat ini, beli sayuran apa aja pasti tersedia termasuk yang organik.

Harga sayuran di pasar tradisional jauh lebih murah dibandingkan pasar modern atau supermarket. Karena, pedagang pasar biasanya membeli langsung sayuran dari petani.

Sebagai contoh, kalau biasanya beli satu ikat kangkung organik di supermarket Rp 6.000, maka di pasar tradisional kamu bisa mendapatkan harga separuhnya atau sekitar Rp 3.000.

Tapi harus teliti ya kalau beli sayur organik di pasar tradisional. Karena gak semua pedagang di pasar menjual sayuran organik. Jadi kamu harus cari lapak yang benar-benar menjual sayuran organik.

3. Beli dalam jumlah besar

Belanja kebutuhan pokok emang ada baiknya dalam jumlah besar. Termasuk belanja sayur organik. Karena biasanya pedagang akan memberikan harga lebih rendah kalau kita beli barang dalam jumlah banyak.

Selain itu, belanja dalam jumlah besar juga akan menekan pengeluaran. Gak mau kan setiap hari ke pasar hanya untuk belanja beberapa jenis sayuran aja.

Namun harus diperhatikan juga, kalau mau belanja sayuran organik dalam jumlah besar, pilih dulu jenis sayuran apa yang sekiranya bisa tahan dalam beberapa hari. Soalnya daya tahan sayuran seperti bayam dan kol gak mencapai satu minggu.

[Baca: Hati-hati Terjebak Label Makanan Organik, Kenali Ciri-cirinya]

4. Beli online

sayuran organik
Sekarang kalau mau beli sayur udah bisa online lho (happyfresh)

Kalau malas belanja sayuran organik ke pasar tradisional atau ke petani langsung, kamu bisa beli sayuran secara online. Sekarang ini ada banyak toko online yang menyediakan sayuran organik.

Beli sayuran organik secara online ini sangat praktis dan efisien. Kamu bisa melihat daftar apa aja sayuran yang dijual berikut tahu kisaran harganya.

Enaknya lagi, beberapa toko online suka ngasih diskon harga, sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran. Nah, beberapa toko online yang jual sayur organik yang bisa kamu coba antara lain sayurbox.com, keranjangsayur.com, dan kecipir.com.

5. Tanam sayur organik sendiri

Kalau suka banget mengkonsumsi sayur organik, gak ada salahnya buat tanam sendiri. Kamu bisa manfaatin halaman depan rumah buat tanam sayuran yang kamu inginkan.

Gak perlu lahan luas, punya lahan 4 x 3 meter persegi saja kamu bisa tanam beberapa jenis sayuran seperti labu, bayam, sawi, dan jenis sayuran lainnya.

Kalau gak punya lahan sama sekali, kamu juga bisa manfaatin pot bunga. Hanya saja jenis tanamannya pasti terbatas. Misalnya kamu hanya bisa tanam pohon cabai atau tomat. Kalau tanam labu gak mungkin di pot bunga ya, karena pohonnya butuh lahan yang cukup luas.

Jangan lupa juga kasih pupuk organik seperti kotoran ternak atau dari kompos. Ingat, jangan pakai pupuk kimia.

Setelah itu cek, kalau sayuran yang kamu tanam hasilnya bagus, kamu bisa terus tanam sayuran di halaman rumah. Lumayan kan bisa menghemat pengeluaran dari pada harus belanja ke pasar.

Nah, itulah beberapa tips membeli sayuran organik dengan biaya lebih rendah dari harga seharusnya. Semakin banyak mengkonsumi makanan organik, pasti kamu semakin sehat seperti petinju Floyd Mayweather.

[Baca: Reguk Keuntungan dengan Bisnis Sayuran Organik Yuk]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.