Agar Bisa Kurban Saat Idul Adha, Ini Tips Menabung Gak Menyiksa dalam Waktu 2 Bulan!

4 menit
tips menabung
Tips menabung buat beli kambing. (Pixabay)

Gak sedikit orang yang menyepelekan tips menabung dengan anggapan kalau menyisihkan uang setiap bulan itu hal mudah. Tapi pada kenyataannya tetap niat nabung jadi gatot alias gagal total.

Padahal kalau dipikir-pikir, apa susahnya sih mengalokasikan uang ratusan ribu rupiah untuk ditabung kalau gaji yang diterima sudah di atas Rp 5 juta, atau bahkan sudah dua digit.

Lagi dan lagi, gaya hidup menjadi faktor utama yang jadi biang kerok uang ludes entah ke mana. Yai yalah, gimana uang gak habis kalau hobinya hangout ke kafe kekinian yang sekali nongkrong aja bisa menghabiskan uang Rp 300 ribu.

Belum lagi dengan kebiasaan buruk “lapar mata”, beli barang yang gak penting. Kalau udah begitu sih, wajar aja kalau gaji selalu habis sebelum akhir bulan.

Nah, buat kamu yang selalu mengalami kegagalan menabung tapi ingin membeli sesuatu yang berharga, seperti beli hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha, kita punya tipsnya buat kamu.

MoneySmart.id ingin memberikan beberapa tips menabung yang bisa banget kamu terapkan untuk merayakan Idul Adha yang tinggal beberapa bulan lagi.

Seperti diketahui kalau Idul Adha 2019 jatuh di tanggal 11 Agustus 2019. Jadi kurang lebihnya kamu masih mempunyai waktu dua bulan untuk bisa membeli hewan kambing atau sapi.

Lalu, bagaimana caranya mengumpulkan uang, karena tak bisa dipungkiri kalau harga hewan kurban itu gak murah. Harga kambing rata-rata dimulai dari Rp 2 juta, sedangkan harga sapi di atas Rp 10 juta.

Kalau membeli sapi bisa dibilang cukup sulit, karena kamu harus mengumpulkan uang minimal Rp 10 juta dalam dua bulan. Karena itu, MoneySmart ingin memberikan cara mudah menabung membeli kambing yang gampang banget buat diterapkan.

Gak usah berlama-lama lagi, mending langsung aja yuk simak tipsnya di bawah ini.

Baca juga: Gaji UMR Bukan Alasan Susah Kurban, Gini 3 Cara Siapkan Duitnya

Terapkan gaya hidup hemat

tips menabung
Hemat pengeluaran. (Pixabay)

Tips menabung pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup hemat. Ingat lho, hemat itu bukan pelit. Jadi, semua kebutuhan bulananmu seperti membeli keperluan mandi tetap terpenuhi, tapi caranya aja yang harus diubah.

Misalnya, biasanya kamu membeli shampo ukuran kecil yang habis dalam waktu dua minggu. Nah, kamu bisa menggantinya dengan membeli shampo ukuran besar tapi bisa awet sampai satu bulan dan umumnya untuk harganya pun tidak terlalu jauh.

Terapkan cara tersebut untuk membeli keperluan yang lainnya. Jadi, kalau biasanya kamu mengeluarkan uang bulanan hingga Rp 1 juta untuk membeli semua kebutuhanmu, dengan cara begitu, maka kamu bisa menghemat uang ratusan ribu rupiah lho.

Kamu juga bisa memangkas uang makan siang yang biasanya mengeluarkan uang Rp 25 ribu, jadi tidak keluar uang sama sekali dengan bawa bekal dari rumah.

Kalau dikumpulkan dalam satu bulan yaitu 22 hari kerja, maka kamu bisa mendapatkan uang sebesar Rp 25 ribu x 22 hari yaitu Rp 550 ribu.

Jika banyak pengeluaran yang dipangkas, tentu mendapatkan uang Rp 2 juta untuk membeli kambing bukan hal yang sulit kan?

Baca juga: Bisnis Hewan Kurban Lagi Menarik Buat Dilirik, Gini Cara Memulainya

Simpan uang di tempat tersembunyi

tips menabung
Masukkan uang di tempat yang sulit dijangkau. (Pixabay)

Saat kamu sudah memiliki tujuan menabung yaitu mendapatkan uang minimal Rp 2 juta dalam waktu dua bulan, maka kamu harus menyisihkan uang Rp 1 juta setiap bulan.

Susah? Gak kok. Salah satu cara lainnya biar berhasil adalah dengan menyimpan uang di tempat tersembunyi. Kalau disimpan di tempat yang gak kelihatan, gimana cara menabungnya? Maksudnya tempatkan di sebuah wadah yang sulit untuk diambil. Misalnya, celengan.

Karena pasti repot kan kalau harus merogoh uang dari lubang kecil di celengan setiap ingin mengambil uang?

Biar tak terasa menyiksa, kamu bisa menabung setiap hari sebesar Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu. Jadi, pastikan tuh kalau per hari kamu harus memasukkan uang ke dalam celengan. Asal konsisten, tentu mendapatkan uang Rp 2 juta dalam kurun waktu dua bulan bukanlah hal yang sulit.

Baca juga: 5 Tips Menabung Uang Receh Biar Menggunung dan Bisa Beli Barang Mewah!

Langsung sisihkan uang saat gajian

tips menabung
Sisihkan uang langsung saat gajian. (Pixabay)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meski menabung terlihat mudah tapi nyatanya masih banyak orang yang gagal karena terlalu menghambur-hamburkan uang saat uang gaji sudah masuk ke rekening.

Misalnya aja nih, tiba-tiba pengin makan steak yang sekali makan habis Rp 250 ribu. Ditambah lagi, saat jalan-jalan ke mal melihat baju lucu, udah pasti bakal langsung gesek kartu ATM untuk membelinya. Ujung-ujungnya? Gagal lagi nabung karena uang udah keburu ludes.

Kalau kamu tipikal orang yang gak tahan dengan godaan diskon apalagi barang-barang lucu yang digantung di toko mal, sebaiknya langsung sisihkan uang saat gajian.

Nah, biar uang gak diambil karena tiba-tiba ada keinginan impulsif lagi, simpan uang di celengan yang susah diambil atau langsung transfer ke rekening yang memang khusus tabungan.

Nah, itu dia beberapa tips menabung yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang minimal Rp 2 juta dalam waktu dua bulan. Asal konsisten, tentu tujuan menabung membeli hewan kurban tentu saja dapat terealisasikan. Gak percaya? Coba aja terapkan. (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.