Supaya Bisa Menabung Separuh dari Gaji, Ikuti 7 Trik Mudah Ini!

4 menit
Tips menabung setengah gaji
Tips menabung setengah gaji (Shutterstock)

Gak sedikit orang beranggapan, kalau ingin menabung tidak perlu mengikuti tips menabung karena hanya sekadar teori. Padahal, nyatanya masih banyak orang yang kerap gagal menyisihkan uang setiap bulan dialokasikan ke tabungan.

Berbagai alasan dilontarkan, mulai dari kebutuhan hidup yang semakin banyak hingga penghasilan yang masih pas-pasan.

Padahal, berapapun pendapatan yang kamu peroleh, kamu tetap harus menyisihkan untuk di tabung. Tujuannya adalah, demi masa depan yang lebih baik dan dapat mencapai kebebasan finansial.

Sayangnya, gaya hidup kerap membuat banyak orang menjadi kesulitan untuk menabung. Bisa menyisihkan uang setiap bulan aja udah bagus, jadi gak muluk-muluk kok bisa menabung setengah dari gaji. Meski terdengar sulit, bukan berarti gak bisa dilakukan.

Penasaran bagaimana tips menabung setengah dari gaji demi hidup nyaman di masa tua? Berikut, tujuh di antaranya:

1. Usai terima uang gaji, jangan langsung merasa kaya

Usai gajian tak boleh merasa kaya
Usai gajian tak boleh merasa kaya

Hayo, siapa di sini yang langsung merasa kaya sehabis gajian? Seperti langsung bergegas pergi ke mal buat beli baju, makan, hingga ngopi. Dalam sehari, bisa-bisa kamu menghabiskan uang hingga Rp 1 juta.

Supaya tujuan menabung setengah gaji berjalan lancar, mulai sekarang hapus perasaan itu dan biasakan langsung memasukkan setengah gaji kamu ke dalam rekening tabungan sebelum tergoda membeli ini itu.

Baca juga: 5 Tips Menabung yang Simpel Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian

2. Target diri sendiri, cuma boleh keluar uang Rp 200 ribu selama satu minggu

Memiliki target keluar uang
Memiliki target keluar uang

Tips menabung selanjutnya adalah, menargetkan diri sendiri. Gimana maksudnya? Ya, kamu memang perlu memberi target pada diri sendiri untuk mengerem keinginan, terutama dalam hal belanja konsumtif.

Salah satu caranya, dengan mematok pengeluaran hanya sebesar Rp 200 ribu selama satu minggu di luar transportasi ke kantor ya! Jadi, gimana pintar-pintarnya kamu mengelola pengeluaran setiap harinya.

Baca juga: Mau Rajin Menabung? Ini 6 Trik Menghilangkan Sifat Boros

3. Punya rekening khusus tabungan yang gak bisa ditarik

Punya rekening khusus tabungan
Punya rekening khusus tabungan

Memiliki dua rekening tabungan yang berbeda itu sebenarnya menjadi salah satu cara mudah untuk mengatur keuangan. Jadi, satu rekening untuk operasional kamu, dan satunya lagi memang dikhususkan untuk menabung.

Agar target menabung tercapai, sebaiknya pilih rekening tabungan yang gak bisa ditarik. Salah satunya, tabungan berjangka yang menjadi program perbankan.

Selain gak terpotong biaya administrasi, kamu justru malah mendapatkan bunga. Jadi, semakin banyak deh uang yang kamu tabung.

4. Bawa bekal makanan biar irit

Bawa bekal sendiri
Bawa bekal sendiri

Biaya uang yang biasa kamu keluarkan untuk makan siang? Kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu untuk sekali makan. Belum lagi kalau lembur, kamu harus mengeluarkan uang lagi membeli makanan untuk sore hari.

Anggaplah, dalam sehari kamu menghabiskan Rp 50 ribu untuk membeli makanan. Berarti dalam satu tahun kamu akan menggelontorkan uang sekitar Rp 50 ribu x 22 hari yaitu Rp 1,1 juta.

Biar lebih hemat. Kamu bisa membawa bekal ke kantor untuk makan siang dan juga camilan di sore hari. Dengan begitu, uangmu akan aman karena gak tergoda untuk jajan.

5. Beli paket data sedikit aja, selalu manfaatkan WIFI

Manfaatkan WIFI
Manfaatkan WIFI

Berapa uang yang biasa kamu keluarkan untuk membeli paket data internet setiap bulan? Rp 200 ribu dengan kuota 20 hingga 30 GB?

Mulai sekarang, lebih baik kamu mengurangi pembelian paket data dengan memilih yang lebih sedikit. Jadi, belilah kuota yang sewajarnya aja, dan manfaatkan WIFI yang ada terutama untuk melakukan hal yang akan memakan banyak kuota.

Misalnya, untuk update atau download aplikasi hingga menunggah foto di sosial media. Percaya deh, sepele memang, tapi cara itu bisa bikin kamu hemat tiap bulan.

6. Bawa uang tunai dalam pecahan kecil di dompet dan gak usah bawa debit atau credit card

Selalu membawa uang receh
Selalu membawa uang receh

Yang kerap membuat orang kebablasan mengeluarkan uang adalah, karena melihat ada banyak uang di dompet atau aman karena ada debit dan credit card.

Jadi, saat ada promo cicilan 0 persen bisa langsung tergoda tuh menggesek kartu kredit atau beli barang ini itu karena banyak uang cash. Ujung-ujungnya gigit jari, karena uang habis dan tagihan kartu kredit meledak.

Karena itu, sebaiknya biasakan untuk membawa yang yang secukupnya aja di dompet dan tinggalkan kartu debit atau credit card di rumah.

Langkah itu akan membuatmu tak tergoda untuk membeli barang yang gak perlu. Apalagi, jika kamu akan pergi ke tempat-tempat yang akan membuatmu tergoda untuk belanja.

7. Boleh beli camilan, tapi yang bikin kenyang

Membeli snack yang mengenyangkan
Membeli snack yang mengenyangkan

Di sore hari sekitar jam 15.00 atau 16.00 biasanya perut udah mulai lapar, dan camilan jadi pilihan paling tepat karena kalau makan berat terlalu mengenyangkan.

Boleh aja sih beli camilan, tapi daripada hanya membeli snack seperti Chiki, sebaiknya beli camilan yang benar-benar mengenyangkan seperti biskuit gandum atau crackers. Selain sehat, kamu juga akan lebih hemat.

Itu dia tujuh tips menabung yang bisa kamu lakukan untuk dapat menabung setengah dari gaji. Mudah banget kan? Yuk, mulai terapkan hidup sederhana demi hidup enak di masa tua nanti. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan