Tolak Miskin Saat Tua, Begini Cara Mudah Agar Konsisten Menabung Setiap Bulan

3 menit
Tips Menabung Simpel Agar Konsisten Setiap Bulan (Shutterstock).

Tips menabung memang kerap kali tidak dihiraukan banyak orang karena dianggap hanya sebuah teori yang sulit untuk dipraktekkan. Padahal dengan melakukan step by step menabung yang benar bisa membantu kamu untuk mencapai tujuan lho.

Pasalnya, gak sedikit orang yang masih saja gagal menyisihkan uang setiap bulannya untuk dialokasikan ke tabungan. Kebutuhan gaya hidup yang menjulang tinggi menjadi salah satu penyebabnya.

Ya memang sih balik lagi ke pribadi orangnya masing-masing. Ada yang bisa menabung tanpa dipaksa tapi ada juga yang harus dipaksa dulu baru bisa menabung.

Padahal menabung itu menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjamin masa tua kamu kelak lho.

Kebayang gak sih saat tua mungkin kamu masih harus banting tulang mencari uang kesana kemari buat biaya hidup sehari-hari karena masa muda kamu dihabiskan hanya untuk bersenang-senang semata.

Karena itu, pentingnya kamu menyisihkan pendapatanmu setiap bulan untuk di tabung. Namun, agar rencana menabung kamu berjalan lancar, intinya adalah konsisten. Dengan begitu, tujuan menabung kamu pun bisa tercapai.

Sayangnya, konsisten dalam menabung itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu perlu tekad yang sangat kuat karena godaan bersenang-senang setiap bulan itu pasti ada aja.

Tapi gak perlu khawatir, karena kali ini MoneySmart.id ingin memberikan tips menabung yang simpel banget agar kamu bisa konsisten sisihkan uang setiap bulan.

Gimana caranya? Simak di sini langsung yuk!

Sisihkan uang habis gajian

Tips Menabung
Menabung setelah gajian (Shutterstock).

Tak sedikit orang yang langsung merasa tajir sehabis gajian. Emang sih pas gajian itu, tabungan yang kosong melompong langsung terisi full secara otomatis. Padahal kamu tetap harus memikirkan biaya hidup untuk satu bulan ke depan.

Kalau gak jago-jago mengelola uang yang ada gaji cuma numpang lewat doang dan ujung-ujungnya kelabakan sendiri menjelang pertengahan bulan.

Nah, sehabis gajian. Hal yang harus kamu lakukan adalah langsung menyisihkan uangmu ke pos-pos pengeluaran wajib. Salah satunya adalah untuk di tabung.

Kamu bisa mengikuti teori menabung 50/20/30, yaitu 50 persen untuk kebutuhan selama satu bulan, 20 persen untuk investasi dan tabungan dan 30 persennya untuk gaya hidup.

Jika gaji kamu setiap bulan Rp 10 juta, maka saat gajian, kamu harus langsung menyisihkan uang Rp 2 juta untuk di tabung.

Tahan godaan belanja

Tips Menabung
Belanja (Shutterstock).

Menahan godaan untuk membeli sesuatu yang diinginkan memang sangat sulit. Kalau sesekali sih mungkin gak masalah ya, tapi kalau keinginan impulsifnya setiap bulan sih itu namanya bunuh diri.

Pasalnya, gak sedikit orang yang terjerumus ke jurang utang karena gak bisa mengontrol keinginannya untuk berbelanja. Karena itu, sebaiknya kamu lebih cerdas mengeluarkan uang karena kebutuhan atau keinginan semata.

Dengan begitu, pos pengeluaranmu pun tidak akan diganggu gugat yang ujung-ujungnya akan memengaruhi nominal tabunganmu setiap bulan.

Berikan nama pada tabungan

Tips Menabung
Uang tabungan (Shutterstock).

Memberikan nama pada tabungan ternyata secara psikologis dapat membuat kamu memiliki keinginan untuk terus menabung lho.

Contohnya, tujuan menabung kamu adalah untuk menikah. Jadi, setiap kamu melihat celengan dengan ada tulisan tersebut, maka akan membuat kamu akan terus termotivasi untuk terus menabung agar pernikahan impianmu terwujud.

Selain itu memberikan nama pada tabungan juga akan membuat kamu berpikir ulang kalau tiba-tiba terlintas pikiran ingin mengambil dana yang sudah kamu kumpulkan tersebut.

Mengikuti auto debet di bank

Tips Menabung
Auto debet di bank (Shutterstock).

Cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan agar konsisten menabung sampai tujuanmu tercapai adalah dengan mengikuti program auto debet di bank.

Pasalnya dengan mengikuti program tersebut, maka mau gak mau setiap bulannya uang kamu akan ditarik otomatis oleh pihak bank di tanggal dan dengan jumlah yang sudah ditetapkan di awal.

Selain itu, auto debet di bank itu ada tenor atau jangka waktunya. Jadi, kamu gak bisa ambil danamu sesuka hati. Kalau kamu tarik sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan biaya penalti.

Makanya gak heran kalau program menabung menggunakan autodebet kerap kali dijadikan solusi buat mereka yang mengalami kesulitan dalam menabung.

Nah, itu dia empat cara yang bisa kamu lakukan agar konsisten menabung setiap bulan. Gimana, udah gak bingung lagi kan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.