5 Tips Menabung yang Simpel Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian

4 menit
Menabung yang simpel bantu wujudkan impian
Menabung yang simpel bantu wujudkan impian

Percaya atau nggak, menabung memang terlihat sepele tapi sangat berat untuk dilakukan. Banyak sekali orang yang selalu gagal menyisihkan uang setiap bulan untuk ditabung.

Gaya hidup selalu menjadi biang kerok yang membuat orang selalu gagal menabung.

Padahal, gak akan ada habisnya kalau mengikuti gaya hidup karena selalu ada aja tempat nongkrong baru, baju model baru, dan lainnya. Kalau seperti itu siap-siap aja dompet kamu kebobolan.

Jadi, wajar aja kalau kamu akan terus gagal menabung. Padahal, gaji sudah naik, tapi tetap saja gak bisa menyisihkan uang buat ditabung.

Kalau kamu ingin terus seperti itu, ya silakan saja, tapi harus siap juga hidup merana berkepanjangan bahkan bisa sampai kamu tua.

Males banget gak sih kalau kerja terus sampai gak ada hentinya sampai tua karena saat muda hanya foya-foya? Karena itu, pentingnya kamu mulai memaksakan diri menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulan.

Tujuannya? Demi masa depan yang lebih baik, dan bisa mewujudkan keinginanmu untuk membeli sesuatu.

Bagaimana caranya? Yuk, langsung simak lima tips mudah menabung di bawah ini:

1. Taruh uang di tempat tersembunyi

Menabung dengan cara menaruh di tempat tersembunyi
Menabung dengan cara menaruh di tempat tersembunyi

Tips menabung pertama yang bisa kamu lakukan, menaruh uang di tempat yang tak terlihat alias tersembunyi.

Kalau disimpan di tempat yang gak kelihatan, gimana cara menabungnya? Maksudnya tempatkan di sebuah wadah yang sulit untuk diambil. Misalnya, celengan.

Repot banget kan kalau kamu harus merogoh-rogoh uang dari lubang kecil di celengan setiap ingin mengambil uang.

Selain itu, pilihlah celengan yang tertutup, agar kamu tidak dapat melihat berapa uang yang ada di dalam celengan itu. Menyenangkan kan tahu-tahu celenganmu udah penuh dan saat dipecahkan mendapat banyak uang.

Baca juga: Modal Rp 1.000 Dapat Rp 5 Juta, Ini Tips Menabung Tanggalan yang Simpel Banget 

2. Berilah nama

Menabung dengan memberi nama
Menabung dengan memberi nama

Cara selanjutnya, memberikan nama di depan tempat kamu menyimpan uang. Misalnya, kamu menaruh uang di celengan, berikan nama yang menjadi tujuanmu menabung.

Pasalnya, cara seperti itu secara psikologis ternyata dapat memberikan semangat kamu untuk terus menyisihkan uang untuk ditabung.

Contohnya, kamu menabung untuk menikah atau liburan ke Paris, langsung namai wadah tersebut dan kalau bisa sertakan juga gambar agar semakin termotivasi.

Dengan memberinya nama, saat kamu tergoda ingin mengambilnya, kamu akan diajak berpikir ulang. Yakin saat mau menikah kamu justru kekurangan dana?

Baca juga: Mau Rajin Menabung? Ini 6 Trik Menghilangkan Sifat Boros

3. Simpan kenaikan gaji kamu

Menabung dengan cara simpan kenaikan gaji
Menabung dengan cara simpan kenaikan gaji

Tahun ini kamu berhasil mendapatkan posisi baru yang menunjang kenaikan gajimu. Nah, kamu disarankan untuk tidak menganggu tambahan gajimu itu. Jadi, ya anggap aja kamu gak naik gaji.

Memang sih, semakin besar pendapatan, maka akan semakin besar pula pengeluarannya. Tapi, anggapan itu gak sepenuhnya benar kok.

Kamu bisa tetap berhemat, meski pendapatanmu meningkat. Balik lagi itu cuma soal gaya hidup. Kalau kamu bisa menekan gaya hidup, semakin aman pula kantongmu.

Uangnya itu bisa langsung kamu alokasikan ke tabungan atau mulai terjun ke investasi. Gak perlu modal yang gede, kamu bisa memilih investasi reksadana. Bisa dengan modal Rp 100 ribu dan tinggal duduk anteng di rumah menunggu uangmu terus berkembang biak.

4. Jangan anggap enteng uang receh

Menabung jangan anggap remeh uang receh
Menabung jangan anggap remeh uang receh

Banyak orang yang menganggap remeh uang receh. Padahal banyak kisah, di mana mereka bisa membeli barang mewah karena mengumpulkan uang receh. Karena itu, yuk mulai kumpulkan uang receh kembalian jajan ke dalam sebuah wadah.

Meski nominalnya kecil, yaitu Rp 500 atau Rp 1.000, tapi lama-lama bisa menembus angka jutaan rupiah. Bahkan, ada yang berhasil mengumpulkan uang receh hingga miliaran rupiah.

Jadi, supaya kamu tidak punya celah untuk mengabaikan uang kembalian, sediakan toples khusus di rumah. Nah, setiap kali abis bepergian dan memiliki uang kembalian, taruhlah di toples spesial itu. Kamu akan terkejut mendapati nilainya kelak.

5. Mengikuti tabungan autodebit di bank

Ikut tabungan autodebit
Ikut tabungan autodebit

Buat yang ingin menabung tapi sulit menyisihkan uang setiap bulan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas tabungan autodebit yang kini banyak ditawarkan bank.

Dengan mengikuti program tersebut, mau gak mau duit kamu akan ditarik secara otomatis setiap bulan oleh bank dengan nominal dan tanggal yang sudah disepakati.

Dengan begitu, kamu gak punya alasan untuk gak nabung dan impianmu ingin memiliki sesuatu akan segera terwujud. Menyenangkan, bukan?

Itu dia lima tips menabung yang bisa kamu lakukan tanpa perlu ribet dan dijamin gak akan gagal terus menerus. Mudah bukan? Yuk, terapkan dari sekarang. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.