Pengin Menghemat Uang? Coba 6 Tips yang Biasa Dilakukan Emak-Emak Ini

4 menit
Tips menghemat uang ala emak-emak buat hemat pengeluaran. (Shutterstock)
Tips menghemat uang ala emak-emak buat hemat pengeluaran. (Shutterstock)

Kamu mungkin udah sering banget baca tips menghemat uang di berbagai media. Saking seringnya, sampai-sampai kamu udah bosan. Kenapa bosan? Bisa jadi karena kamu ngerasa tips-tips itu gak efektif. Mungkin pula karena kamu sendiri gak pernah mempraktikannya, jadi sampai bosan baca tips, tapi gak merasakan manfaatnya.

Yup, faktanya, menghemat uang itu lebih sulit ketimbang menghabiskannya. Namun, menghemat uang lalu menabungnya menjadi hal yang penting supaya kondisi keuangan tetap terjaga dengan baik. Sekarang pertanyaannya, ada gak tips menghemat uang yang mudah dan dijamin efektif?

Nah, tips yang berikut ini beda, karena kamu didorong untuk bisa belajar dari emak-emak dalam hal menghemat. Soalnya mereka udah berpengalaman gimana caranya mengelola uang seminimal mungkin, tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan.

Emangnya apa sih yang dilakukan emak-emak dalam menghemat? Dikutip dari Woman’s Day, berikut ini adalah beberapa tips menghemat uang simpel yang dilakukan emak-emak.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan

1. Jual barang-barang yang udah gak terpakai secara online

tips menghemat uang
Jual aja kalau udah gak kepakai. (Shutterstock)

Daripada dianggurin gitu aja, lebih baik barang-barang yang udah gak terpakai dijual. Lagian, jual barang sekarang udah mudah banget. Kamu bisa melakukannya secara online.

Ada beberapa situs yang bisa kamu manfaatkan buat menjual barang secara online. Mulai dari Carousell, Prelo, BelanjaBekas, OLX, Tokopedia, Jualo, hingga Bukalapak. Tinggal pilih salah satunya lalu jual deh barang-barang bekas yang kamu punya.

Baca juga: Tips Menabung dalam Seminggu Ini Simpel Banget, Yuk Coba!

2. Berhenti beli kopi dengan menikmati buatan sendiri

tips menghemat uang
Kopi bikin aja sendiri. (Shutterstock)

Biasa menikmati kopi dengan membelinya? Pengeluaran yang satu ini kalau dihitung-hitung lumayan juga lho.

Alangkah baiknya kamu membuat minuman kopimu sendiri. Jelas, membuat kopi sendiri lebih hemat ketimbang harus membelinya.

Kalau kamu bisa menghabiskan sehari Rp 30 ribu buat menikmati satu cup kopi, uang segitu bisa dipakai buat menikmati kopi buatan sendiri selama satu minggu lho. Jelas lebih hemat, bukan?

Baca juga: 5 Cara Menabung Ini Bikin Kamu Cepat Jadi Jutawan

3. Manfaatkan promo yang ditawarkan dalam bentuk apa pun

tips menghemat uang
Pakai promo dong biar lebih hemat. (Shutterstock)

Tips menghemat uang berikutnya adalah dengan memanfaatkan promo yang lagi tersedia. Sekarang ini promo itu cukup banyak bertebaran lho. Apalagi kalau kamu senang menggunakan aplikasi-aplikasi online.

Mulai dari aplikasi belanja, pemesanan tiket, hingga aplikasi transportasi rata-rata menawarkan promo-promo yang bisa bikin kamu sampai bayar setengah harga. Gimana gak untung coba kalau ada promo kayak gitu.

Makanya mulai deh pasang beberapa aplikasi yang sering banget kasih promo. Agar gak ketinggalan informasinya, kamu bisa berlangganan newsletter dari penyedia aplikasi tersebut.

Selain itu, kalau belanja kebutuhan sehari-hari, tunggu sampai akhir pekan tiba. Banyak lho minimarket-minimarket yang memberikan promo menarik di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Bisa hemat banyak lho!

4. Pakai kartu kredit buat tekan bujet

tips menghemat uang
Kartu kredit juga bisa jadi pilihan kalau mau hemat. (Shutterstock)

Terdengar seperti hal yang aneh. Sebab selama ini kartu kredit cenderung dekat dengan keinginan buat selalu belanja.

Namun, faktanya nih dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa menekan bujet pengeluaran lho. Emangnya gimana tips menghemat uang dengan kartu kredit?

Sama seperti aplikasi online, bank penyedia kartu kredit juga memberi banyak promo. Salah satunya yang paling menguntungkan banget adalah program cicilan bunga 0 persen.

Dengan menggunakan program tersebut, kamu bisa mencicil barang yang dibeli tanpa dikenakan bunga sama sekali. Asalkan, selama mencicil, kamu gak pernah telat bayar ya.

5. Bikin sampah menjadi barang yang berdaya guna

tips menghemat uang
Kalau bisa dipakai buat yang lain kenapa gak? (Shutterstock)

Kamu pasti udah tahu kalau sampah itu bisa didayagunakan. Itulah kenapa kamu harus pandai-pandai melihat fungsi lain dari sampah.

Misalnya aja kamu bisa menjadikan kaleng biskuit sebagai wadah penyimpanan kerupuk. Atau kaleng cat besar sebagai tempat pembuangan sampah. Dengan begitu, kamu bisa menghemat cukup banyak uang lho.

6. Selalu bikin daftar belanjaan

tips menghemat uang
Bikin daftar belanja itu penting biar gak kalap. (Shutterstock)

Jangan pernah melupakan daftar belanjaan saat beli kebutuhan bulanan. Sebab, dengan adanya belanja bulanan, pengeluaranmu jadi terkontrol.

Selalu prioritaskan kebutuhan-kebutuhan pokok dalam urutan teratas yang harus dibelanjakan. Sebab kebutuhan-kebutuhan tersebut yang harus dipenuhi lebih dulu.

Asalkan kamu belanja dengan mengikuti daftar yang udah dibuat, dijamin deh kamu gak bakal keluar banyak uang.

Itu tadi beberapa tips menghemat uang ala emak-emak masa kini. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan