6 Tips Merayakan Ulang Tahun Anak dengan Murah Meriah

3 menit

Merayakan ulang tahun anak sudah pasti memerlukan biaya. Sebagai orangtua, kamu perlu merencanakan perhitungannya secara matang buat dekorasi ulang tahun sederhana. Kalau gak, bisa jadi tekor deh anggaran.

Nah, berikut ini tips merayakan pesta ulang tahun anak dengan bujet murah atau dekorasi ulang tahun sederhana tapi tetap meriah. Yuk langsung simak aja tipsnya.

ulang tahun anak
Pesta ulang tahun anak yang penting meriah meski murah (thecolourfulhousewife)

1. Hitung kebutuhan anggaran buat dekorasi ulang tahun sederhana

Kamu harus menentukan terlebih dahulu besaran bujet untuk merayakan pesta ulang tahun anak. Misalnya kamu tentukan bujet maksimal perayaan pesta ultah anak Rp 5 juta. Maka dengan bujet tersebut semuanya sudah harus sesuai perhitungan.

Menghitung kebutuhan anggaran pesta perayaan ulang tahun anak bisa dilakukan jauh-jauh hari. Kamu bisa siapin bujetnya sebulan sebelum hari H misalnya.

Jangan sampai bujet Rp 5 juta tersebut bukan dari hasil ngutang, tapi dari uang simpanan, tabungan, atau pos lain yang selama ini kamu sisihkan. Dengan persiapan matang, maka setelah pesta selesai, kamu gak perlu mikirin utang.

2. Tentukan jumlah undangan

Siapa saja tamu yang bakal diundang? Tentu saja teman-teman anak kamu. Bisa teman sekolah atau teman bermain sehari-hari di lokasi rumah. Dan jangan lupa undang juga keluarga dekat.

Kalau misalkan jumlah undangan mencapai 20 orang, itu artinya kamu harus menghitung double. Sebab, undangan teman-teman anak kamu pasti didampingi sama orangtuanya.

Tujuan menentukan jumlah undangan adalah untuk mengetahui hitungan biaya camilan, makanan, atau katering. Pasti dong yang namanya merayakan pesta ulang tahun anak tentu harus ada acara makan-makannya.

Maka, katering yang harus kamu sediakan paling sedikit untuk 40 orang. Tapi usahakan siapkan makanan lebih ya. Baiknya sih siapkan makanan ala prasmanan aja biar lebih hemat.

[Baca: 7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan]

3. Tentukan waktu pesta

Waktu pesta ulang tahun anak sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Atau setelah waktu sarapan dan sebelum makan siang, misalnya mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB.

Ini bisa membantu kamu menghemat pengeluaran pesta. Sebab, pada jam-jam tersebut biasanya anak sudah pada sarapan. Dengan begitu, kamu cuma perlu menyediakan aneka camilan dan kue-kue aja.

Kamu bisa hitung misalnya biaya makan dan camilan untuk 40 orang undangan masing-masing Rp 30.000. Maka anggaran yang bisa disiapkan untuk konsumsi saja mencapai Rp 1,2 juta.

4. Konsep Dekorasi

ulang tahun anak
Bikin dekorasi sederhana tapi meriah biar anak-anak terkesan (lewatmana)

Jangan muluk-muluk deh soal dekorasi ulang tahun anak. Buat menghemat biaya, kamu mending kerjain sendiri dekorasinya alias do it yourself (DIY). Gak usah pake jasa dekor segala.

Kamu bisa beli bahan-bahan dekorasi mulai dari balon, pita, kertas asturo, styrofoam dan bahan lainnya. Nah, bahan-bahan tersebut kamu olah sekreatif mungkin. Sesuaikan dekorasi dengan konsep dan tema yang telah ditentukan.

Usahakan juga untuk dekorasinya kamu tonjolkan kesan warna-warni khas sesuai kesukaan anak. Karena, meskipun berbujet murah, kesan meriah akan terlihat jika warna-warni menghiasi dekorasi pesta ultah anakmu.

[Baca: Yuk Ikutan Merasakan Manisnya Bisnis Kue yang Bikin Artis-Artis pada Heboh!]

5. Bikin kue sendiri

Setelah dekorasi ulang tahun anak beres, gak sempurna rasanya kalau merayakan pesta ulang tahun anak tanpa kue ulang tahun. Kue ini bisa dibeli di toko dan bisa juga dibuat sendiri.

Emang sih beli di toko lebih praktis. Tapi harganya pasti lebih mahal. Jadi sebaiknya kamu bikin aja kue sendiri di rumah. Toh kalau buat kue sendiri kamu bisa bikin dengan hiasan lucu dan seunik mungkin.

3. Pastikan acara dan pembawa acara bisa bikin pesta meriah

ulang tahun anak
Meski murah yang penting pesta ultah anak meriah kayak pesta ultah anaknya Krisdayanti (bintang)

Yang menjadikan pesta ulang tahun anak meriah meskipun murah adalah konsep acara. Nah, kamu siapin tuh apa saja acara yang bakal digelar saat pesta ulang tahun anak kamu.

Udah pasti dong aneka permainan, sulap sederhana, dan nyanyi-nyanyi harus masuk daftar susunan acara.

Dan satu lagi, pastiin pembawa acara buat mandu sepanjang acara bener-bener bisa meramaikan pesta. Jangan salah lho, pembawa acara ini adalah nyawa meriah atau gaknya pesta ulang tahun yang kamu selenggarakan.

Gak usah artis terkenal, kamu bisa cari pemuda kreatif di sekitar rumah yang bisa ngisi dan menjadi pembawa acara.

Nah, itulah beberapa tips merayakan pesta ulang tahun anak dengan bujet murah tapi tetap meriah.

Namun, meski murah, yang penting dekorasi ulang tahun sederhana dan pestanya bisa bikin anak kamu dan teman-temannya gembira. Dan tentunya mereka mendoakan anak kamu menjadi anak yang lebih baik dan panjang umur. Amin!

[Baca: Lagi Ulang Tahun? Makan Gratis di 7 Restoran Ini Aja!]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.