Efeknya Maksimal Banget, Ini Tips Sehat yang Bujetnya Minim Banget

3 menit
Efeknya Maksimal Banget, Ini Tips Sehat yang Bujetnya Minim Banget, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menjaga kesehatan itu penting. Sebab kalau sampai jatuh sakit, banyak kerugian yang timbul. Mulai dari mandeknya pekerjaan hingga banyaknya biaya yang keluar. Makanya jalani hidup sehat  dengan mengikuti tips kesehatan agar terhindar dari sakit penyakit.

Tentunya dari banyaknya tips kesehatan yang ada, gak semuanya bisa dilakukan. Emangnya kalau mesti keluar biaya yang gak sedikit, kamu mau mengikutinya? Misalnya aja dengan menerapkan makanan diet yang harganya bisa bikin mata terbelalak.

Nah, buat kamu yang pengin selalu sehat tanpa harus keluarkan habiskan banyak uang, ada beberapa tips sehat yang bisa diterapkan nih. Dijamin bujetnya minim dan hasilnya maksimal. Apa aja? Yuk, dicek seperti yang dikutip dari Healthline berikut ini.

Baca juga: Tips Sehat: 5 Cara Mencegah Penyakit Buat yang Super Sibuk

1. Minum air mineral 2 liter sehari

Air mineral sangat membantu dalam menjaga kesahatan udah gitu murah kok, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tips sehat pertama ini mudah banget buat dilakukan. Walaupun begitu, masih ada aja orang-orang yang kurang peduli dengan pentingnya minum air mineral.

Minum air mineral itu bukan cuma mencegah kamu dari dehidrasi, melainkan juga menghindari kamu dari sakit ginjal, sakit kepala, kulit kusam, masalah pencernaan, kerontokan rambut, hingga terganggunya tekanan darah.

Padahal, minum air mineral itu adalah hal yang sepele. Namun, kalau diabaikan, bisa berabe nantinya. Kamu gak mau kan bayar biaya rumah sakit yang mahal gara-gara gak minum air?

Idealnya nih kamu dalam sehari harus minum air mineral sebanyak 2 liter. Jangan kurang dan jangan pula berlebihan. Sebab kekurangan dan berlebihan gak baik buat kesehatan.

Baca juga: Tips : Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Guna

2. Bawa bekal buat makan siang di tempat kerja

Bawa bekal makanan siang di kantor salah satu menjaga kesehatan udah gitu murah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Udah terbukti kok kalau makan makanan yang dibawa dari rumah lebih baik daripada beli di luar. Sebab kamu sendiri bisa memastikan kalau bekal yang kamu bawa tersebut higienis.

Sementara beli makanan di luar sulit dipastikan kebersihannya. Kamu pasti pernah sekali atau dua kali mendengar informasi adanya resto dalam mal yang menyajikan makanan tercampur dengan serangga. Sampai termakan, bisa berakibat buruk tuh buat kesehatan.

Lagian dengan bawa makanan dari rumah, kamu bisa atur sendiri menunya. Misalnya aja nasinya adalah nasi merah yang disuguhkan dengan lauk dan sayur-sayuran. Pokoknya dengan tips sehat ini, asupan yang masuk ke tubuh jadi tertakar.

Baca juga: Pengin Resolusi Tahun Baru Tercapai? Lakukan 5 Tips Ampuh Ini

3. Lari pagi minimal seminggu sekali

Lari pagi salah satu tips sehat yang murah dan gak mahal, udah gitu kamu bisa lakukan di mana aja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Olahraga gak melulu harus lakukan gym yang menghabiskan ratusan ribu buat jadi member. Lari pagi minimal setiap minggu udah lebih dari cukup lho agar kesehatan terjaga. Apalagi lari pagi ini menjadi tips sehat yang mudah meriah dan mudah dilakukan.

Asal tahu aja nih, olahraga simpel ini beri banyak manfaat bagi kesehatan.

  • Bisa membantu kamu menurunkan berat badan.
  • Memelihara kesehatan lutut.
  • Mencegah osteoporosis.
  • Meminimalkan risiko jantung koroner.
  • Bisa perbaiki suasana hati.

Manfaat terakhir itu yang paling terasa kalau kamu berlari. Sebab tubuh melepaskan hormon endorfin ketika kamu berlari.

Hormon endorfin berperan dalam mengurangi rasa sakit dan memunculkan perasaan senang dalam diri. Bisa dibilang makin sering kamu berlari, makin senang perasaan kamu.

4. Makan cemilan sehat saat lapar

Cemilan sehat salah satu tips sehat yang bisa kamu lakukan setiap hari agar bugar dan gak terkena penyakit, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jangan lagi makan camilan yang kurang sehat seperti gorengan. Sebagai alternatif, kamu bisa memberi tubuhmu asupan-asupan yang bergizi. Mulai dari makan yogurt, buah-buahan, dark chocolate, granola, hingga oatmeal.

Selain sehat, makan makanan tersebut bisa membatasi asupan kolesterol jahat ke tubuh kamu. Seperti yang kamu tahu, banyaknya kolesterol jahat dalam tubuh berisiko memunculkan risiko stroke, serangan jantung, dan sistem pencernaan.

5. Melakukan meditasi

Tips yang satu ini juga bisa kamu lakukan di mana aja lho, udha gitu gak mahal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sehatnya tubuh dipengaruhi sehatnya pikiran kita. Menjaga kesehatan pikiran juga menjadi cara agar tubuh tetap sehat. Salah satu cara yang dilakukan sejak zaman dulu adalah dengan meditasi.

Tips sehat yang satu ini udah diakui memberi banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari mengatasi kecanduan, depresi atau stres, rasa nyeri, tekanan darah tinggi, meningkatkan kesadaran diri, memfokuskan pikiran, hingga meminimalkan emosi.

Udah gitu meditasi bisa dilakukan di mana aja dan kapan pun kamu mau. Terus gak perlu keluar biaya lagi.

Itu tadi tips-tips sehat yang modalnya minim, tapi bisa memberi hasil yang maksimal. Asalkan rajin dijalankan, tubuh dan pikiran kamu bakal selalu sehat deh. Selamat mencoba! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!