Tips Sehat Alami dan Murah Meriah untuk Pebisnis yang Super Sibuk

4 menit
Tips Sehat Murah untuk Pebisnis yang Super Sibuk
Menjaga kesehatan ala pebisnis yang gak kuras dompet (Shutterstock).

Berbagai tips sehat sudah banyak beredar di internet. Hal ini tentu sangat membantu siapapun untuk lebih hidup bugar dalam menjalani hari-hari. Termasuk bagi mereka yang pebisnis super sibuk.

Pebisnis biasanya cenderung lebih rentan terhadap gangguan penyakit. Bagaimana tidak, setiap harinya mereka harus mencurahkan otak dan tenaga demi kemajuan bisnis. Kalau pebisnis gak banyak mikir, yang ada nanti usahanya gak maju-maju.

Kelelahan dalam bekerja sendiri diketahui sebagai salah satu penyebab seseorang rentan terserang penyakit. Biasanya sih ditangkal dengan meminum-minuman suplemen atau vitamin demi menjaga daya tahan tubuh. Tapi, lebih baik gunakan cara-cara alami agar lebih sehat.

Nah berikut ini kita kasih tips sehat buat para pebisnis sibuk setiap harinya.

Baca juga: Di Bawah Rp 100 Ribuan! Ini Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Miliki

1. Perbanyak tertawa

Tips sehat
Perbanyak tertawa (Shutterstock).

Tips sehat yang satu ini sangat murah dan menyenangkan, yaitu dengan rajin-rajin tertawa. Dikutip dari doktersehat.com, tertawa bisa meningkatkan kesehatan mental serta fisik kamu. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung, paru-paru, bahkan melepaskan stres.

Sebagai pebisnis yang tentunya sehari-hari berkutat dengan pekerjaan, pasti suatu saat kamu bakal merasa jenuh dan stres. Menghilangkannya salah satunya adalah dengan pergi liburan. Tapi, hal itu tentu membutuhkan banyak uang ekstra serta kamu harus mengorbankan waktu kamu dalam waktu yang cukup lama. Nah sebagai gantinya yang lebih irit, kamu bisa menghilangkan stres dengan tertawa.

Tubuh orang yang tertawa akan melepaskan neurotransmitter dan hormon-hormon penyebab stres lainnya. Saat itu juga tekanan darah berangsur-angsur akan menurun. Tekanan darah yang lancar tentu akan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.

Beberapa ilmuwan menyarankan untuk bisa tertawa setidaknya 15 menit dalam satu hari. Caranya sangat mudah, bisa dengan menonton video-video lucu di Youtube, atau bersenda gurau dengan teman-teman. Intinya, jangan lupa tertawa setiap harinya ya!

2. Rajin bersosialisasi

Tips sehat, rajin bersosialisasi
Rajin bersosialisasi (Shutterstock).

Seperti yang diketahui, sejak Sekolah Dasar, kita selalu diajarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Mereka tak bisa hidup sendirian dan harus berinteraksi juga berkomunitas dengan sesamanya. Nah untuk itu, seberapapun sibuknya kamu sebagai pebisnis, cobalah untuk selalu bersosialisasi. Luangkan waktumu untuk teman-teman dan keluarga.

Dikutip dari medicalnewstoday, sama seperti tertawa, bersosialisasi atau tatap muka secara langsung juga bisa mengurangi stres dan menekan tingkat kecemasan. Selain itu, saat kita berinteraksi, zat dopamine juga akan meningkat dan itu memberikan manfaat untuk menghilangkan rasa sakit secara natural tanpa obat-obatan.

Agar lebih sehat lagi, alangkah baiknya bersosialisasi dengan teman-teman yang memiliki gaya hidup sehat. Karena jika kita dikelilingi oleh orang-orang tersebut, maka secara tak langsung nantinya juga bisa memengaruhi gaya hidup kita. Misalnya, kalau kamu berada di lingkungan yang suka mabuk-mabukan, besar kemungkinan kamu akan terbawa arus ke sana.

Tapi kemudian kalau kamu bergaul dengan mereka yang doyan olahraga setiap hari, ada kemungkinan kamu juga tertular rajin olahraga. Semua itu tergantung dari diri kamu sendiri membentengi diri dari hal buruk. Tips sehat yang satu ini kayaknya sangat mudah untuk dijalankan, karena setiap hari rasanya sulit untuk tidak berbicara atau bertatap muka dengan orang lain, kecuali kamu pebisnis yang cuma menjalankan bisnis dari dalam kamar saja.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Keren di Hong Kong yang Bikin Liburanmu Makin Seru

3. Makan makanan sehat

Tips sehat, makan makanan bergizi
Makan makanan bergizi dan sehat (Shutterstock).

Percaya atau tidak, salah satu sumber penyakit-penyakit keras itu bersumber dari makanan apa yang kamu makan. Sebut saja, kalau kamu sering makan-makanan berminyak, kamu bisa terkena kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga yang terparah jantung dan stroke.

Kemudian, kalau kamu doyan makan-makanan atau minuman manis, potensi terkena diabetes akan semakin besar. Atau, bagi para pebisnis yang super sibuk, mungkin kalian sering melewatkan jam makan, seperti sarapan, atau makan siang, yang kalau kebiasaan itu terus-terusan dilakukan bisa-bisak mau kena penyakit lambung atau maag.

Nah oleh karenanya, salah satu tips sehat yang paling penting adalah menjaga pola makan serta asupan gizi yang seimbang. Sejak kecil juga kita sudah diajarkan mengenai 4 sehat 5 sempurna, yaitu adanya sumber karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan terakhir yaitu asupan tambahan berupa protein hewani yaitu susu.

Dengan menjaga asupan bergizi, dijamin kamu bisa sehat bugar daya tahan tubuh terjaga, serta gak gampang lemas saat bekerja.

4. Cukup istirahat

Tips sehat, istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup (Shutterstock).

Pebisnis atau pengusaha kerjanya gak cuma leyeh-leyeh saja, pasti mereka juga selalu memikirkan usahanya agar berkembang setiap harinya. Gak jarang, memikirkan hal tersebut membuat mereka kurang istirahat, padahal tenaga yang dicurahkan sangat banyak. Nah mungkin semakin bekerja keras semakin sukses usahamu, tapi jangan sampai mengabaikan waktu istirahat ya.

Istirahat atau tidur merupakan metode paling mujarab untuk mengembalikan dan memulihkan kebugaran tubuh setelah seharian bekerja. Tidur bisa mengembalikan tubuhmu ke kondisi prima serta pikiran fresh kembali. Ketika kamu bangun, produktivitas di pagi harinya juga jadi meningkat deh.

Jadi semakin banyak istirahat, semakin produktif pula kerjaanmu. Waktu tidur yang paling dianjurkan adalah selama 8 jam di malam hari. Jangan sampai begadang ya, karena begadang juga bisa membuat metabolisme berkurang.

Baca juga: Ingin Liburan Nyaman Menenangkan Tanpa Diganggu Pekerjaan, Ikuti 5 Cara Ini

5. Bugar dengan olahraga sehari 30 menit

Tips sehat, bugar dengan olahraga
Bugar dengan olahraga (Shutterstock).

Nah yang paling penting daripada tips sehat lainnya adalah rajin berolahraga secara rutin. Olahraga singkat bisa meningkatkan kebugaran tubuhmu di tengah kesibukan yang terus berdatangan.

Disarankan olahraga 30 menit per harinya. Lebih baik sih dilakukan saat pagi hari, saat udara masih segar-segarnya dan belum terkontaminasi asap kendaraan. Sesibuk-sibuknya kamu, sebagai pebisnis, 30 menit itu waktu yang sedikit kok, jadi gak mungkin mengganggu kerjaanmu lah. Lakukan olahraga ringan misalnya lari pagi, atau jalan-jalan santai keliling komplek, yang penting rutin dan konsisten dilakukan setiap hari.

Nah itu tadi 5 tips sehat buat kamu pengusaha atau pebisnis yang super duper sibuk. Ingat, kesehatan nomor satu, karena kalau kamu gak sehat, jangan harap bisnismu bisa maju dan sukses. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.