5 Tips Cerdas Buat Anak Magang Biar Diangkat Jadi Karyawan Tetap

4 menit
tips sukses
Tips sukses buat anak magang. (Shutterstock)

Internship atau magang menjadi alternatif bagi para mahasiswa atau lulusan baru untuk mendapatkan pengalaman bekerja. Gak cuma diberikan pengetahuan soal dunia kerja, tetapi mereka juga akan mendapatkan tips sukses menjalani kehidupan sebagai seorang profesional.

Durasi magang pun beragam, ada yang satu bulan, tiga bulan, bahkan hingga satu tahun. Bagi yang belum mengenal dunia karier sih program seperti ini sangat bagus. Selain ilmu, kamu juga bakal mendapatkan jaringan di kalangan profesional. Nah jaringan tersebut sebenarnya bisa banget kamu manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan tetap di kemudian harinya.

Gak sedikit mereka yang tadinya karyawan magang, diangkat menjadi karyawan tetap. Tapi mereka yang masuk dalam kategori itu pasti memiliki kelebihan tersendiri hingga akhirnya perusahaan berani untuk merekrutnya.

Kalau kamu masih magang, kamu juga bisa kok seperti contoh di atas. Berikut ini kita kasih tips sukses bagi kamu karyawan magang buat mendapatkan kesempatan lebih besar menjadi karyawan fulltime alias karyawan tetap seperti dikutip dari Theladders.

Baca juga: 5 Jenis Skill yang Seharusnya Gak Ada di CV Kamu, Microsoft Word Salah Satunya

1. Lakukanlah tugas dengan sebaik-baiknya

tips sukses
Lakukan tugas dengan baik. (Shutterstock)

Meskipun kamu anak magang, dan kerjaannya gak terlalu berat seperti karyawan lainnya, kamu tetap jangan menganggap remeh tugas yang diberikan. Terkadang memang tugas anak magang lebih mudah, misalnya seperti menginput data atau menyusun acara, dan lainnya. Semudah apapun pekerjaannya, lakukan semuanya dengan serius.

Perusahaan gak akan memandang apa yang kamu lakukan dengan sebelah mata. Mereka bakal turut mengawasi setiap kinerjamu. Jadi berikanlah yang terbaik agar penilaian terhadap dirimu juga selalu positif. Kerjakan tugas dengan cepat, teliti, dan bersungguh-sungguh.

Dalam keseharian di kantor kamu harus terlihat profesional. Tips sukses yang harus dilakukan, cobalah berpakaian rapi, jangan datang terlambat, dan jangan terlihat malas-malasan.

Baca juga: Pekerjaan Bergaji Tinggi yang Cocok untuk Orang Introvert, Kamu Tertarik?

2. Bersikap Aktif

tips sukses
Harus aktif ya. (Shutterstock)

Magang merupakan proses yang tepat bagi kamu untuk menyerap ilmu dalam dunia kerja. Setelah dibekali dengan teori-teori semasa kuliah, kamu perlu mengadaptasikannya di dunia kerja yang jelas tidak semudah teori.

Jangan seperti kuliah yang hanya menerima ilmu saja. Di dunia kerja, kamu juga perlu mengambil sikap aktif meskipun baru sekedar anak magang. Sebisa mungkin untuk tidak hanya berdiam diri menanti tugas. Coba tanyakan ke rekan kerja apa yang bisa kamu lakukan.

Kalau tidak bisa mengerjakannya kamu bisa bertanya ke karyawan lainnya. Jika kamu aktif, perusahaan akan menilai kamu memiliki semangat dan gairah dalam bekerja. Sikap yang seperti ini dibutuhkan oleh perusahaan lho. Coba deh terapkan tips sukses ini.

Baca juga: Kerja Multitasking Gak Selalu Berhasil dengan Baik Lho! Ini Penyebabnya

3. Membangun jaringan

tips sukses
Bangun relasi ya. (Shutterstock)

Tips sukses jadi anak magang selanjutnya adalah membangun jaringan. Magang bukan hanya memberikan kesempatan mendapatkan ilmu baru, tetapi juga memberikan kesempatan untuk membangun relasi baru. Relasi merupakan faktor terpenting untuk menuju ke sebuah kesuksesan. Tanpa relasi, kamu bukanlah siapa-siapa. Nah momen magang ini sebaiknya kamu manfaatkan dengan benar untuk membangun kedekatan dengan karyawan lainnya.

Bisa dimulai dengan atasan langsung yang mempekerjakan kamu sebagai anak magang. Caranya bisa dengan berbincang-bincang akrab saat makan siang, atau sekedar konsultasi soal kerjaan. Jika ada kegiatan-kegiatan ekstra di dalam kantor atau di luar kantor, usahakan kamu ikut berpartisipasi demi mengakrabkan diri dengan yang lainnya.

Semua ini demi kariermu ke depannya, karena zaman sekarang, relasi juga turut andil dalam segala perkembangan karier kita. Siapa tahu saja, ketika kamu selesai magang, bos kamu malah ngajak kamu untuk kerja lagi sama dia, tapi sebagai status karyawan tetap.

4. Tunjukkan minat kamu untuk bekerja jadi karyawan tetap

tips sukses
Jangan malu-malu kalau mau jadi pegawai tetap. (Shutterstock)

Gak sedikit anak magang yang tertarik untuk lanjut menjadi karyawan tetap. Tapi, rata-rata mereka enggan dan malu-malu untuk mengungkapkan keinginannya tersebut. Padahal, kamu bisa dengan jujur dan antusias menunjukkan keinginanmu ke atasan bahwa kamu masih pengin dan berminat untuk bekerja lagi, tapi dengan posisi karyawan tetap atau fulltime.

Kalau hanya menunggu tawaran saja sih kayaknya bakalan lama, itu juga belum tentu kamu ditawarin. Sebab, perusahaan kan gak tahu pasti apakah kamu tertarik atau enggak untuk lanjut bekerja. Jadi, lebih baik kamu ungkapkan keinginan kamu tersebut.

Bicaralah dengan perekrutmu atau atasan kamu menjelang masa-masa akhir magang. Ungkapkan kecocokan kamu dengan pekerjaan yang kamu jalani saat ini. Setuju gak sama tips sukses yang satu ini?

5. Tetap berhubungan dengan tempat magang

tips sukses
Jangan sampai putus kontak. (Shutterstock)

Jangan harap setelah magang kamu bakalan diangkat jadi tetap. Sebagian besar sih, setelah magang hubungan antara perusahaan dan si pemagang akan terputus. Di saat-saat seperti ini, kamu jangan menyerah seperti itu saja. Jika kamu benar-benar menginginkan untuk bekerja kembali di perusahaan tersebut, jaga hubungan baik dengan atasan atau perekrutmu.

Jaga komunikasi di media sosial misalnya Facebook atau LinkedIn dengan karyawan-karyawan di perusahaan tempatmu magang. Karena jika ada lowongan, kesempatanmu untuk mendapatkannya bakalan lebih besar!

Bagi kamu anak magang, mulai sekarang, cobalah terapkan tips sukses di atas. Jangan kamu jadikan magang sebagai ajang untuk memenuhi nilai suatu mata kuliah saja. Tapi cobalah untuk berpikir lebih profesional dan tunjukkan keseriusan kamu demi kariermu yang lebih cemerlang ke depannya! (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan