Pengin Berhasil? Lakukan 5 Tips Sukses Jadi Pengusaha yang Diajarkan oleh Para Atlet

4 menit
Tips sukses
Pengin Berhasil? Lakukan 5 Tips Sukses Jadi Pengusaha yang Diajarkan oleh Para Atlet, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat mendapatkan tips sukses jadi pengusaha bisa kamu petik dari berbagai hal mulai dari yang terjadi pada diri sendiri hingga belajar dari pengalaman orang lain. Kalau dari seorang atlet olahraga apa iya bisa? Eits! Jangan sepelekan mereka lho.

Kamu pasti sering menyaksikan para atlet dari berbagai macam cabang olahraga bertanding buat memperebutkan kemenangan bagi dirinya maupun tim yang dibela. Olahragawan profesional udah pasti bakal memperlihatkan kemampuan terbaiknya sampai batas paling tinggi yang bisa dilakukan, dengan risiko apapun.

Di saat kita hanya asyik menyaksikan para kebolehan para atlet di depan layar televisi, sebetulnya ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari olahragawan buat menjadi pengusaha sukses. Tentu mereka gak langsung menyatakan bahwa mereka lakukan bisa diterapkan di dunia usaha.

Tapi usaha dan kemauan merekalah yang bisa kita contoh buat terus berusaha agar sukses suatu hari nanti. Kira-kira hal apa aja ya itu?

Daripada penasaran lebih baik langsung aja kita simak yuk, 5 tips sukses jadi pengusaha yang diajarkan oleh seorang atlet berikut ini:

Baca juga: Omzet Sampai Ratusan Juta, 4 Orang Ini Jadi Pengusaha Sukses di Kampung

1. Selalu belajar dari kegagalan

Tips sukses
Selalu belajar dari kegagalan bisa dijadikan kiat sukses menjadi seorang pengusaha, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dikutip dari Entrepreneur, tips sukses jadi pengusaha dari kerja keras atlet yang pertama adalah belajar dari kegagalan. Karena gak semua atlet bisa menjadi juara di kesempatan perdananya, maka mereka yang gagal mesti terus belajar tentang kekurangan yang dimilikinya ketika bertanding.

Sehingga di kesempatan selanjutnya hal tersebut bukanlah menjadi sebuah hambatan, melainkan menjadi kelebihan.

Sama seperti di dunia usaha, buat mencoba suatu bisnis mungkin kamu gak bakal selalu berhasil di kesempatan yang pertama. Pelajarilah apa yang menjadi kekurangan sebelumnya supaya di kesempatan selanjutnya gak melakukannya kesalahan sama.

Mungkin aja kamu baru berhasil di kesempatan kedua, ketiga, keempat, kelima dan seterusnya. Jadi teruslah belajar.

Baca juga: 6 Fakta Orang Terkaya di Prancis yang Sumbang Rp 1,59 Triliun buat Notre Dame

2. Jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan yang lain

Tips sukses
Jangan pernah membandingkan dirimu dengan yang lain, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di urutan kedua, tips sukses dari seorang atlet adalah hentikan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Alasannya karena ini bisa membuat kita frustasi dan terus menerus menyalahkan diri sendiri.  Kalau udah gitu gimana kita bisa fokus menjalankan atau melakukan sesuatu?

Dalam dunia bisnis kita juga gak boleh membandingkan apa yang kita dirikan dengan orang lain udah buat sebelumnya. Selain bisa buat kita gak fokus, setiap orang mempunyai waktunya sendiri buat berhasil. Jadi jangan pernah menyalahkan diri sendiri ya!

Baca juga: Mau Tajir dan Sehat? Ini 7 Kiat Sukses yang Nyeleneh dari ‘The Rock’

3. Terus berkompetisi dengan sehat

Tips sukses
Teruslah berkompetisi sehat yah dalam setiap melakukan usaha atau bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bisa aja seorang atlet menjadi juara dengan mengikuti tingkat kejuaraan maupun kompetisi  yang ada di bawahnya. Namun, hal itu gak bakal bikin dirinya menjadi lebih baik bukan?

Makanya sangat penting nih buat terus berkompetisi di tingkat tertinggi agar kemampuan atlet juga terus meningkat. Hampir sama dengan atlet, dalam melakukan usaha kita juga perlu kompetitor demi menciptakan kreativitas dan inovasi terbaru.

Jangan anggap kompetitor adalah musuh, tapi jadikan mereka sebagai alasan kita menjadi lebih baik dikemudian hari.

4. Jangan takut dalam menghadapi tekanan

Tips sukses
Hadapi segala tekanan dan tantangan yang ada agar kamu menjadi pengusaha sukses, (Ilustrasi/Shutterstock).

Disaksikan ribuan bahkan puluhan juta penonton bisa menjadi suatu motivasi tersendiri bagi seorang atlet agar bisa menang. Tapi ada juga yang merasa dukungan tersebut bikin dirinya tegang dan gak nyaman sehingga mesti menelan pil kekalahan. Semakin sering atlet bertanding rasa gak percaya diri maupun tegang di arena pertandingan bisa terkikiskan lho.

Sebagai pengusaha, tips sukses ini bisa terjadi ketika banyak dukungan dari lingkungan sekitar seperti keluarga dan teman mengalir begitu deras sehingga kita memiliki ekspektasi yang terlewat tinggi. Di satu sisi ini adalah hal yang positif sebagai penyemangat, tapi di sisi lain juga bisa menjadi beban.

Sebaiknya posisikan diri kamu selalu rendah diri agar dukungan yang mengalir bisa menjadi hal positif.

5. Memiliki target dalam setiap periode

Tips sukses
Memiliki target itu penting banget lho saat pengin jadi pengusaha sukses, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menjadi seorang atlet pasti kita mengetahui apa yang mau kita raih dalam periode tertentu. Ini mempertimbangkan berbagai macam hal mulai dari kemampuan diri sendiri, tingkat kompetisi dengan lawan dan faktor lingkungan lainnya.

Dengan begitu para atlet bisa mengetahui apa yang paling gak harus dicapai, gak harus selalu menjadi juara. Tips sukses jadi pengusaha dari kerja keras atlet kelima ini juga penting buat kamu supaya selalu memiliki target.

Gunanya sebagai pengukur perkembangan bisnis kita berkembang atau gak. Itu dia 5 tips sukses jadi pengusaha yang bisa kamu ambil dari kerja keras seorang atlet.

Walaupun kedua hal itu memiliki dunia yang jauh berbeda, tapi ternyata nilai-nilai yang ditanamkan gak jauh beda ya. Sama-sama mesti berusaha dan terus bekerja keras merupakan kunci segala kesuksesan di setiap bidang. Patut dicoba nih! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan