Mau Traveling di Awal Tahun? Begini Caranya agar Terwujud

3 menit
Mau Traveling di Awal Tahun Begini Caranya agar Terwujud, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pengin jalan-jalan di awal tahun? Ini tips traveling yang bisa kamu lakukan agar rencana pelesiran mu terwujud. Mau tahu gimana tips traveling di awal tahun biar terwujud?

Saat ini emang masih awal tahun nih, tapi gak ada salahnya lho kamu punya rencana buat plesiran ke daerah-daerah eksotis. Misalkan, kamu pengin ke Pulau Rote, Labuan Bajo atau Raja Ampat yang belum pernah disinggahi oleh mu.

Biasanya kamu pasti bakal bingung nih gimana buat mengawali rencana atau agenda jalan-jalan kamu? Mulai dari destinasi wisata yang bakal dikunjungi, gimana mengumpulkan uang agar rencana perjalanan mu mulus.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Ramah Keluarga di Australia Barat Selain Perth

Atau juga bingung pengin sendiri atau pergi dengan teman-teman kantor atau sahabat? Persoalan ini kadang menghinggapi pikiran kamu nih saat merencanakan liburan di awal tahun.

Gak perlu bingung dan pusing lho buat memikirkannya, MoneySmart.id udah merangkup nih beberapa tips traveling kamu di awal tahun, Mau tahu gimana? Yuk, kita simak bareng-bareng di bawah ini:

1. Tentukan tempat tujuan liburan

Tentukan dulu tempat liburan kamu di awal tahun, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat kamu yang bingung pengin ke mana di awal tahun, ada baiknya nih menentukan dulu lokasi buat liburan mu nanti. Pilih daerah yang gak jauh-jauh banget ya, pilih tujuan wisata masih di dalam Pulau Jawa.

Anggap aja liburan di Pulau Jawa sebagai pemanasan kamu dalam hal liburan. Misalkan mengunjungi lokasi-lokasi yang gak memakan waktu dan uang yang banyak. Misalkan Bandung, Bogor atau Yogyakarta bahkan Semarang.

Baca juga: Di Negara Ini Pajak Minuman Beralkohol Naik hingga 100 Persen

Susun agenda perjalanan mu buat di kota tujuan liburan di awal tahun ini. Misalkan, kamu pengin banyak mengupas hal kuliner atau daerah-daerah yang belum tersentuh di kota tersebut bisa lho.

2. Pilih waktu yang pas

Pilih waktu yang pas buat mengawali plesiran mu di awal tahun, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tips traveling berikutnya kamu bisa melirik nih waktu yang pas buat plesiran. Misalkan, jatah cuti mu masih banyak bisa lho manfaatkan dengan baik.

Pilih tanggal atau minggu yang enak buat kamu, misalkan minggu pertama di bulan Februari dan deadline udah selesai bisa lho jadi pilihannya. Pilih waktu yang tepat jangan sampai menganggu atau terusik nih liburan kamu karena deadline sangat menghantui.

Baca juga: Negara Asia Mana Aja yang Bakal Banyak Dikunjungi Orang Indonesia di 2019?

Kalau bisa juga cek tanggalan di kalender kamu. Jangan sampai ada agenda yang terlewati oleh mu. Misalkan adanya acara pernikahan atau undangan ulang tahun.

3. Kumpulkan uang mulai sekarang

Kumpulkan uang terlebih dahulu sebelum menjalani plesiran di awal tahun, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat mengawali jalan-jalan kamu di awal tahun, tips traveling lainnya adalah menyiapkan dana nih. Ya, namanya juga mau liburan kamu mesti menyiapkan uang ekstra nih buat segalanya.

Mulai dari memilih penginapan, tiket pesawat atau kereta api, lalu akomodasi lokal, belum lagi buat kulineran ya kan? Nah, ini mesti kamu pikirkan lho.

4. Pilih sendirian atau beramai-ramai jalannya?

Pilih cara jalan-jalan dengan sesuka mu, baik itu sendirian atau mau beramai-ramai, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, kalau yang ini kamu bisa pikirkan nih sebagai tips traveling mu di awal tahun. Ada baiknya sih kamu pergi dengan teman-teman sebaya atau sekantor agar liburan awal tahun lebih seru banget.

Ajak satu ada dua orang teman mu buat liburan di awal tahun kamu. Ajak teman yang gak ribet atau emang suka banget sama traveling.

5. Booking tiket dan penginapan

Booking tiket dan penginapan dari jauh-jauh hari juga mesti kamu lakukan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, ini tips traveling awal tahun yang mesti kamu lakukan saat berencana buat plesiran. Booking tempat penginapan dan tiket perjalanan jauh-jauh hari.

Bila mana udah sesuai semua mulai dari waktu hingga uang mu, baru deh pesan tiket perjalanan dan penginapan. Pilih penginapan yang gak terlalu mahal dan gak jauh dari mana-mana.

Pilih lokasi penginapan yang dekat dengan obyek wisata buat liburan mu. Cara ini biar lebih irit dan hemat juga sih pengeluaran kamu nantinya. Udah gitu kalau kamu emang orang yang suka banget nih menggunakan aplikasi travel advisor, sebisa mungkin gunakan yang emang familiar sama jemari mu dalam meng-klik ya. 

Gimana nih usai melihat tips traveling di awal tahun dari MoneySmart.id di atas? Semoga bisa membantu kamu dalam memikirkan gimana caranya liburan di awal tahun.

Sebisa mungkin kamu keluarkan uang yang emang udah dipersiapkan, jadi gak mengganggu uang lainnya. Siapa tahu kamu tipikal orang yang suka banget mengkotak-kotakan keuangan mu. (Editor: Mahardian Prawira).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan