Antimabuk dan Keki, Ini 5 Tips dan Trik ke Nusa Penida Biar Liburanmu Happy!

4 menit
nusa penida
Nusa Penida (MoneySmart/Dewi Puri)

Nusa Penida, Bali, beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak didatangi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Keindahan pulau satu ini memang tak usah diragukan lagi. Dengan hamparan laut yang berwarna biru dengan keunikan alamnya membuat Nusa Penida jadi tempat liburan favorit banyak orang.

Bahkan, Nusa Penida sudah mengalami peningkatan yang sangat pesat dalam kurun waktu dua tahun. Seperti jalan menuju lokasi yang tadinya rusak, kini sudah mulai mulus. Selain itu, sudah banyak tour travel yang bisa dipilih sesuai dengan bujet yang kamu miliki.

Dengan membayar beberapa ratus ribu rupiah, kamu sudah mendapatkan paket tur ke Nusa Penida.

Untuk harganya tergantung banyaknya orang yang ikut berpartisipasi. Jadi, semakin banyak orang yang ikut, semakin kecil pula uang yang kamu keluarkan.

Selain itu, untuk liburan ke Nusa Penida kamu juga perlu melakukan berbagai strategi agar liburanmu menyenangkan. Mulai dari harus sampai pelabuhan jam berapa, menggunakan baju apa, serta apa saja yang harus kamu bawa.

Tips Liburan ke Nusa Penida

Terdapat beberapa pilihan paket tour ke Penida, mulai dari half day hingga menginap di pulau yang berada di sebelah tenggara Bali itu. Buat kamu yang memilih paket half day, berikut beberapa tipsnya biar liburanmu menyenangkan:

1. Berkumpul di Pelabuhan Sanur

nusa penida
Nusa Penida (MoneySmart/Dewi Puri)

Untuk bisa menginjakkan kaki di Nusa Penida, kamu perlu naik fast boat yang berada di Pelabuhan Sanur.

Kamu bisa menggunakan kendaraan umum seperti taksi atau membawa kendaraan sendiri. Gak perlu khawatir, banyak tersedia lahan parkir dan aman karena dijaga pihak keamanan setempat.

Untuk kapalnya akan berangkat di pagi hari yaitu sekitar jam 07.30 WITA. Jadi, setidaknya kamu harus sudah sampai pelabuhan pukul 7 pagi waktu setempat. 

Pasalnya, kamu harus mendaftar ulang dan akan diberikan tanda pengenal agar tak tergabung dengan rombongan lain.

Baca juga: Mau Liburan ke Bali Irit dan Puas dengan Bujet Rp 2,1 Juta? Gini Caranya

2. Jangan menggunakan pakaian yang ribet

Nusa Penida
Nusa Penida (MoneySmart/Dewi Puri)

Saat akan menaiki fast boat, kamu harus jalan sedikit untuk bisa sampai ke kapal tersebut. Jadi, otomatis baju kamu akan basah. Untuk tingginya sendiri, tergantung dari arus ombak saat itu. Jika sedang tinggi, bisa sampai ke pinggang.

Karena itu, sebaiknya gunakanlah baju yang santai dan gak ribet. Sebaiknya kamu menggunakan sandal biar gak ribet lepas pasang karena akan antri saat menaiki kapal.

3. Minum obat antimabuk

nusa penida
Nusa Penida

Meski naik fast boat, kamu akan tetap merasa terombang-ambing di atas kapal selama 45 menit. 

Jadi, buat kamu yang mabuk laut, sebaiknya minum obat anti mabuk terlebih dahulu biar gak muntah karena tidak disediakan plastik.

Gak cuma itu, turun dari kapal maka kamu akan langsung naik mobil untuk menuju tempat tujuan wisata. 

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya membutuhkan waktu 30 menit hingga 60 menit dengan kondisi jalanan yang hancur dan berbelok-belok.

Nah, agar liburanmu ke Nusa Penida semakin menyenangkan dan terbebas dari drama mabuk. Sebaiknya konsumsi obat antimabuk terlebih dahulu sebelum berangkat.

4. Bawa tisu basah dan kering

nusa penida
Nusa Penida (MoneySmart/Dewi Puri)

Saat berkunjung ke Nusa Penida, kamu juga disarankan untuk membawa tisu basah dan juga kering. Kenapa? Pasalnya jika kamu ke toilet umum yang ada di sana, air akan dibatasi. Jadi kamu gak bisa sesuka hati membuang air.

Kalau sudah habis, kamu perlu membayar lagi biaya ke toilet umum sebesar Rp 5 ribu. Selain itu, tidak disediakan tisu kering di dalam toilet.

Jadi, daripada kamu ribet sendiri selama di sana, lebih baik bawa tisu basah dan kering. Lagipula jadi bisa lebih hemat kan?

5. Bawa air minum sendiri

nusa penida
Nusa Penida

Namanya juga kawasan pantai, maka identik dengan panas. Lagipula, Pulau Dewata memang terkenal sebagai wilayah tropis. Biar lebih irit, sebaiknya kamu membawa air minum sendiri.

Karena cuaca yang panas akan membuat kamu lebih banyak beli air minum. Harga untuk 1 botol air mineral ukuran sedang yaitu sebesar Rp 10 ribu.

Selain itu, saat memasuki tempat makan yang biasanya ada di dekat pantai. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu harganya, biar gak kaget kalau tahu-tahu harganya supermahal.

Itulah lima tips berlibur ke Nusa Penida yang mudah dan simpel banget tapi dijamin bikin liburanmu jadi happy. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.