Fresh Graduate Beda! Ini 6 Tips Wawancara Kerja buat Dapetin First Job Kamu

4 menit
tips wawancara kerja
Tips wawancara kerja. (Shutterstock)

Tips wawancara kerja menjadi hal yang paling dicari oleh para pencari kerja. Terutama bagi mereka yang belum pernah wawancara sama sekali seperti fresh graduate.

Bagi fresh graduate, pengetahuan tentang cara untuk bisa masuk ke dunia kerja masih awam. Mereka akan lebih bertanya-tanya soal pertanyaan apa yang bakal diberikan pewawancara, bagaimana cara menjawabnya, dan apa yang harus dilakukan sebelumnya.

Pertanyaan-pertanyaan itu wajar muncul di kepala kalian yang masih lulusan baru. Untuk memenuhi rasa penasaran mencari jawaban atas kegundahan tersebut bisa melalui internet. Karena biasanya, banyak dari mereka yang telah berhasil melewati tahapan masuk kerja yang satu ini lantas membagikannya melalui media sosial.

Nah kalau kamu salah satunya, berikut ini kita kasih tips wawancara kerja untuk fresh graduate. Siapa tahu saja bisa bikin wawancaramu berjalan dengan lancar dan kamu bisa diterima kerja di tempat yang kamu inginkan!

Baca juga: 5 Profesi Ini Diminati Psikopat, Apa Pekerjaan Idamanmu?

1. Tips wawancara kerja pertama bagi fresh graduate adalah lakukan riset

tips wawancara kerja
Riset kecil-kecilan soal perusahaan yang kamu minati. (Pexels/Bruce Mars)

Bagi lulusan baru, wawancara kerja adalah hal yang baru. Modal utama yang bisa dibawa adalah persiapan. Kebanyakan dari mereka gagal karena kurangnya persiapan. Persiapan itu di antaranya adalah melakukan riset kecil-kecilan tentang perusahaan yang kamu lamar.

Ketahuilah melalui internet tentang perusahaan, sejarah perusahaan, bidang usaha atau industri apa yang mereka jalankan, dan seperti apa budaya kerja di perusahaan mereka. Ketika kamu sudah mengetahui segalanya, kamu akan jadi lebih siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan. Kalau kamu gak tahu apa-apa, siap-siap saja namamu bakal dicoret dari kandidat terbaik.

Baca juga: Jangan Panik, Begini 4 Cara Mengatasi Kesalahan Saat Presentasi Kerja

2. Siapkan cerita tentang pencapaianmu selama ini

tips wawancara kerja
Siapkan cerita terbaikmu. (Pexels/Pixabay)

Mungkin kamu gak memiliki pengalaman dalam bekerja, tapi paling gak kamu punya prestasi. Siapkanlah cerita menggembirakan tentang prestasimu dalam hal apapun. Karena paling tidak tips wawancara kerja yang satu ini bisa menunjukkan bahwa kamu adalah lulusan yang berkualitas.

Kamu bisa menceritakan tentang program-program kerja di organisasimu selama kuliah. Bisa juga menceritakan prestasimu di bidang penelitian, atau bidang olahraga lainnya. Kemas cerita itu menjadi semenarik mungkin sehingga enak untuk didengar.

Baca juga: Penduduknya Lebih Banyak dari Indonesia, Negara-Negara Ini Angka Penganggurannya Rendah?

3. Jangan meninggikan diri tanpa ada dasarnya

tips wawancara kerja
Jangan meninggikan diri tanpa alasan jelas. (Shutterstock)

Perlu diingat, perusahaan ingin mencari kandidat yang sesuai dengan yang mereka cari. Itu sebabnya diadakan seleksi melalui wawancara kerja. Sebab, melalui beberapa pertanyaan, perusahaan bisa mengenalmu lebih jauh lagi. Nah buat kamu lulusan baru, tips wawancara kerja selanjutnya adalah tentang kejujuran. Ya, usahakan untuk selalu jujur.

Saat mereka ingin menanyakan tentang potensimu, katakanlah yang sebenarnya. Jangan berbohong atau melebih-lebihkan kemampuanmu demi meninggalkan kesan menarik. Khawatirnya, jika kamu lulus karena kebohongan, kariermu gak bakal bertahan lama di perusahaan itu.

Sebetulnya, pihak perusahaan pasti sudah tahu kalau banyak kandidat yang melebih-lebihkan kemampuan mereka. Jadi pastikan apa yang kamu ucapkan memiliki bukti yang kuat.

4. Fokuslah pada potensimu

tips wawancara kerja
Fokus sama potensimu aja. (Pexels/Bahaa)

Karena baru lulus, kamu memang belum memiliki pengalaman kerja. Tapi, pasti ada potensi yang kamu miliki untuk bisa menjadi kandidat terkuat. Maka, ceritakanlah semuanya kepada pewawancara, tapi ingat ya, harus jujur.

Misalnya kamu gak punya kekuatan dalam hal softskill apapun, ceritakan saja kelebihanmu. Kelebihan tersebut bisa berupa sifat yang kamu miliki selama ini, seperti cepat beradaptasi, pembelajar yang mudah mengerti, atau bisa dipercaya. Dukung dengan contoh-contoh konkret, agar pewawancara semakin yakin bahwa kamu adalah kandidat terbaik.

5. Berikan motivasi kerja yang menarik dan kuat

tips wawancara kerja
Sebutkan motivasi kerja kamu. (Pexels/Tirachard Kumtanom)

Setiap perusahaan pasti ingin mengetahui apa motivasimu untuk bekerja. Oleh sebab itu, kamu harus memberikan jawaban yang menarik dan memiliki alasan yang logis. Supaya kamu lebih dilirik, coba berikan jawaban yang intinya bertujuan untuk memajukan diri kamu dan tentunya perusahaan.

Jadi tujuannya kamu bekerja ya untuk mengembangkan karier pribadi, juga untuk ikut serta memajukan perusahaan. Harapannya sih, perusahaan bisa melihat kamu sebagai sosok yang tidak egois, namun haus akan karier yang cemerlang.

Bisa juga kamu memberikan jawaban yang berhubungan dengan bidang perusahaan itu. Misalnya kamu melamar di perusahaan teknologi, lantas katakan bahwa yang memotivasimu adalah untuk mempelajari lebih dalam tentang dunia pemrograman yang dilakoni oleh perusahaan.

6. Percaya diri

tips wawancara kerja
Percaya diri kunci segalanya. (Pexels/Rawpixel)

Yang terakhir adalah harus percaya diri. Ingat, percaya diri adalah kunci penting untung bisa lolos wawancara kerja. Bayangkan saja kalau kamu gak percaya diri, pasti kamu bakalan gugup dan berantakan jawab pertanyaan pewawancara. Namun sebaliknya, kalau kamu percaya diri, dijamin kamu jadi bisa berkomunikasi dengan baik tanpa hambatan.

Nah pasti kamu bingung bagaimana caranya meningkatkan kepercayaan diri. Dikutip dari Okezone, setidaknya ada empat cara yang bikin rasa percaya dirimu meningkat, pertama membawa CV yang lengkap, kedua berpakaian rapi, mempersiapkan jawaban dengan matang, dan terakhir jangan datang terlambat. Jika kamu terapkan cara itu, mudah-mudahan kamu jadi lancar melibas pertanyaan yang diberikan.

Nah itu tadi enam tips wawancara kerja khusus buat kamu yang fresh graduate. Tapi yang terpenting dari semuanya adalah potensi yang kamu miliki. Mau lulusan baru atau sudah berpengalaman, kalau misalnya potensi kamu gak cocok sama perusahaan, ya gak bakal diterima! (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.