Nyanyi di Depan Soekarno hingga Sembuh dari Kanker, Ini 5 Fakta Menarik Titiek Puspa!

4 menit
Nyanyi di Depan Soekarno hingga Sembuh dari Kanker, Ini 5 Fakta Menarik Titiek Puspa!, (Instagram/@titiekpuspa_official).

Artis senior Titiek Puspa sepertinya sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain dikenal awet muda, Titiek Puspa juga sudah lama berkiprah di industri hiburan hampir dari 70 tahun.

Pemilik nama asli Sumarti (red: Titiek Puspa sempat beberapa kali ganti nama) ini pertama kali terjun ke dunia entertainment dengan mengikuti kontes Bintang Radio di tahun 1954 dan sukses menjadi juara di tingkat Jawa Tengah.

Kariernya perlahan mulai terbuka lebar, bahkan wanita yang kerap disapa Eyang Titiek ini sempat menyanyi langsung di depan Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno di Istana Negara. Hal itu tentu saja menjadi momen tak terlupakan bagi Titiek.

Ia juga sempat menggarap beberapa operet terkenal pada eranya, seperti “Kartini Manusiawi Kartini” hingga “Bawang Merah Bawang Putih”. Gak berhenti sampai disitu, Eyang Titiek juga membuktikan totalitasnya di dunia bermusik dengan menciptakan banyak sekali lagu.

Bakat yang dimiliki artis kelahiran Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, 1 November 1937 ini memang patut diacungi jempol. Hal itulah yang membuat Eyang Titiek mampu mempertahankan eksistensinya di dunia hiburan hingga saat ini.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa fakta seorang Titiek Puspa yang menarik banget untuk disimak. Apa saja? Berikut di antaranya seperti yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: Ada yang Berhonor Rp 75 Juta per Episode, 5 Artis Sinetron Ini Berbayaran Tertinggi!

Mengenal sosok Titiek Puspa

Titiek Puspa
Di usianya yang udah gak muda lagi Eyang Titiek masih terlihat bugar, (Instagram/@titiekpuspa_official).

Titiek Puspa lahir dengan nama Sudarwati yaitu seorang musikus ternama Indonesia. Uniknya, Titiek Puspa ternyata sudah dua kali mengganti nama lho, pertama ia mengubah namanya menjadi Kadarwati hingga terakhir diubah menjadi Sumarti.

Sejak kecil, ia sudah memiliki bakat di dunia musik dan bercita-cita menjadi penyanyi. Sayang, keinginannya itu ditentang oleh kedua orangtuanya, Tugeno Puspowidjojo dan Siti Mariam.

Namun, Eyang Titiek kukuh untuk mewujudkan keinginannya dengan mengikuti festival musik secara diam-diam. Gayung bersambut, Titiek Puspa pun berhasil menyabet juara kedua Bintang Radio RRI Semarang di tahun 1954.

Baca juga: Nadiem Makarim Bakal Jadi Menteri, Ini Fakta Sang Ayah yang Jarang Orang Tau

Terjun ke dunia hiburan

Titiek Puspa
Eyang Titiek saat foto bareng dengan diva Negeri Jiran, Sheila Madjid, (Instagram/@titiekpuspa_official).

Di tahun 1955, artis berusia 81 tahun itu untuk pertama kalinya melakukan rekaman di perusahaan rekaman negara yaitu Lokananta. Lagunya pun meledak di pasaran dan membuat Titiek melakukan rekaman ketiga di tahun 1959.

Ingin totalitas berkarya, Titiek Pusta kemudian mengisi panggung hiburan bersama grup musik White Satin hingga Zaenal Combo atau Gumarang.

Gak berhenti sampai disitu, ia juga mulai menciptakan lagu dan berperan dalam operet. Namanya pun kian melambung tinggi hingga menjadi salah satu artis paling bersinar kala itu.

Baca juga: Kaya Raya di Usia Matang, Ini Lho Sumber Duit Artis Senior Ferry Salim

Mengidolakan Bing Slamet

Titiek Puspa
Eyang Titiek sangat mengidolakan sosok mendiang Bing Slamet, (Instagram/@titiekpuspa_official).

Pelantun lagu “Apanya Dong” ini ternyata sangat mengidolakan aktor, pelawak sekaligus penyanyi Bing Slamet. Saking sukanya, ia bahkan mengoleksi semua lagu karya ayah dari artis Adi Bing Slamet itu.

Bing Slamet juga lah yang membuat Titiek Puspa bertekad melatih vokal dan penghayatan saat bernyanyi dengan sungguh. Hal itulah yang mengantarkan Eyang Titiek sukses meraih sebuah kesuksesan.

Menariknya, saat masih berusia 17 tahun, Titiek bahkan sampai mengejar Bing Slamet hingga tersandung-sandung hanya untuk mendapatkan tanda tangan sang idola.

Rahasia tetap awet muda

Titiek Puspa
Di usianya yang udah gak muda lagi, Eyang Titiek masih terlihat awet muda lho, (Instagram/@titiekpuspa_official).

Titiek Puspa memang dikenal sebagai artis yang tetap awet muda, padahal usianya sudah menginjak kepala 8.

Diketahui kalau istri dari almarhum pemusik terkenal Mus Mualim ini tak pernah berhenti melakukan hal yang produktif, selalu berpikiran positif, menjalani gaya hidup sehat serta meditasi.

Eyang Titiek Puspa juga rajin minum air putih untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dan lembap. Itulah yang menjadi rahasia awet muda seorang Titiek Puspa.

Sembuh dari penyakit kanker

Titiek Puspa
Eyang Titiek saat ini didiagnosa sembuh dari kanker serviks yang pernah ia idap, (Instagram/titiekpuspa_official).

Tak banyak yang mengetahui kalau pemain film “Ini Kisah Tiga Dara” ini ternyata pernah mengidap penyakit kanker serviks stadium 3 di tahun 2012 lalu.

Ia sempat melakukan pengobatan di Singapura selama 2,5 bulan. Salah satu cara yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakitnya adalah dengan menghindari mengonsumsi sayuran mentah dan buah-buahan yang kulitnya tidak perlu dikupas, seperti anggur salah satunya.

Pasalnya, sayuran mentah dapat berpotensi mengandung pestisida yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Agar dapat sembuh total, sepulang dari Singapura, Titiek Puspa rajin melakukan meditasi dengan cara duduk tegak, lidah dilipat ke belakang, dan napas yang teratur.

Dengan menjaga pola makan dan rutin melakukan meditasi, Titiek Puspa berhasil berhasil dari sel kanker setelah dua tahun kemudian. Itu dia sekilas perjalanan hidup seorang Titiek Puspa yang tetap berhasil eksis sebagai entertainer hingga saat ini. Gimana menurut kamu? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.