Deretan Film dengan Tokoh Pemimpin Wanita Menginspirasi, Bisa Jadi Panutan!

3 menit
Pemimpin Wanita Menginspirasi (Shutterstock).

Kamu mungkin pernah merasa terpuruk dan butuh motivasi. Hal tersebut memang lumrah terjadi pada diri setiap orang. Apalagi jika kamu memiliki jabatan cukup tinggi di kantor, atau sedang butuh inspirasi agar menjadi pemimpin wanita yang baik. Gak ada salahnya kok mencontohnya dari sebuah film. 

Sebagai perempuan, terkadang memang sering mendapat tantangan ketika ingin menjadi pemimpin atau ketika menunjukkan sifat kepemimpinan. Tak seperti laki-laki yang akan dikagumi jika berjiwa kepemimpinan, kebanyakan perempuan justru akan mendapatkan cap bossy dan banyak mau. 

Jangan kamu ambil hati ucapan ini ya! Buktinya banyak kok pemimpin wanita yang sukses di luar sana. Kalau masih meragukannya, mungkin deretan film dengan tokoh utama pemimpin wanita ini bisa meyakinkanmu. Yuk kita bahas satu per satu melansir laman Popbela

1. The Hunger Games, 2012

Pemimpin Wanita
Katniss Everdeen dalam Hunger Games (Wired).

Katniss Everdeen merupakan sosok gadis desa biasa yang memiliki dedikasi tinggi dan rasa simpati. Hal itu yang kemudian menjadikannya sosok pemimpin dengan banyak pengikut setia dan rela berkorban. 

Ia pun dipercaya banyak orang sebagai simbol revolusi berjiwa besar. Katniss banyak mengingatkan kita bahwa menjadi pemimpin itu jangan angkuh dan galak. Tetapi harus memiliki jiwa rendah hati dan simpati pada orang di sekitar. 

2. The Intern, 2015

Pemimpin Wanita
Jules Ostin, dalam film The Intern

Jules Ostin yang diperankan oleh Anne Hathaway dalam film ini memiliki ambisi yang sangat besar. Ambisi itu diiringi dengan kerja keras dan kemauan untuk belajar dari orang lain serta pengalaman. 

Jules terjun langsung dalam proses produksi, pelayanan, dan pengiriman dalam bisnis online fashion yang ia bangun tanpa kenal lelah. Dia juga tahu kapan saatnya meminta bantuan orang lain dan kapan ia bisa berdiri sendiri. Tak ada pemimpin yang bisa mencapai posisinya tanpa orang lain. So kamu jangan angkuh ya!

3. Young Victoria, 2009

Pemimpin Wanita
Emily Blunt dalam film Victoria

Victoria yang diperankan oleh Emily Blunt adalah Ratu Inggris abad ke-19 yang dimahkotai pada saat usianya baru 18 tahun. Meskipun banyak orang meragukan kemampuannya dalam memimpin negara Victoria muda tak membiarkan satu orang pun membuat keputusan baginya. 

Ia bersikeras untuk mengambil keputusannya sendiri saat itu. Victoria juga tak takut membuat perubahan yang kontroversial demi meningkatkan taraf hidup banyak rakyat Inggris pada masa itu. 

4. The Iron Lady, 2015

Pemimpin Wanita
Margaret Thatcher, The Iron Lady

Margaret Thatcher mendapat julukan si tangan besi selama memimpin. Perdana Menteri wanita pertama Inggris ini tak jarang menghasilkan kebijakan-kebijakan yang membuat rekan dan saingan politisinya terbelalak. 

Ia juga mengajarkan pada banyak orang bahwa kepemimpinan itu bukan tentang mengejar kekuasaan, tetapi justru tentang pelayanan bagi masyarakat. Ia memilih untuk ikut pemilihan umum bukan karena ambisi pribadi, melainkan karena keprihatinannya dengan kondisi politik saat itu. 

5. Morning Glory, 2010

Pemimpin Wanita
Becky Fuller, Morning Glory

Memerankan sebagai produser eksekutif sebuah acara televisi yang hampir kehilangan penonton gak membuat Becky Fuller patah semangat. Ditambah, ia dihadapkan pada tim yang tidak bisa diatur sedikitpun. 

Namun, dengan semangatnya yang tak gentar, Becky berhasil mengembalikan dan justru meningkatkan popularitas acara tersebut. Rahasianya adalah kepercayaan yang tinggi pada orang-orang yang bekerja padanya. Dengan pendekatan yang penuh kepedulian, Becky menyentuh hati seluruh anggota timnya untuk bersatu dan berbagi tanggung jawab.

Nah itu tadi lima judul film tentang pemimpin wanita hebat yang tak patah arang. Meski dihadapkan pada situasi sulit sekalipun, mereka berjuang tak kenal lelah. Sehingga akhirnya mendapatkan hasil yang sudah sewajarnya diterima. Jika ingin seperti itu, mulai sekarang jangan pernah mengeluh dengan segala masalah yang ada. Dengarkan kata hati tapi jangan menutup diri dari dunia luar. Semoga menginspirasi ya! (Editor: Winda Destiana Putri). 

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be