Banner ImageBanner Image

Dokumen Kepemilikan Bocor, Ini Dua Pemegang Saham Terbesar di Tokopedia

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Struktur kepemilikan saham Tokopedia bocor ke publik. Kabarnya Softbank kini menjadi pemegang saham terbesar di e-commerce karya anak Indonesia tersebut.

Bocornya informasi ini dikarenakan dokumen kepemilikan Tokopedia tersebar ditengah penggalangan dana yang sedang dilakukan. Softbank sebagai pemilik kini memegang hampir 40% saham Tokopedia. 

Pada awalnya, investor yang menyuntikkan dana ke perusahaan adalah East Ventures and Beenos. “Tetapi sebagian besar investasi berasal dari Softbank, dan sejumlah perusahaan yang terkait (hampir 40%),” seperti dikutip dari katadata.co.id.

Softbank memiliki Tokopedia dari SoftBank Vision Fund (SVF) yang memiliki 29% saham. SVF ini merupakan perusahaan di bidang investasi di bawah Softbank Corp. Selain itu, Softbank dikabarkan memiliki saham dari perusahaan lainnya. Seperti SB Global Champ Fund, SB Global Star Fund dan SB PAN-ASIA Fund yakni sekitar 8,8% dari total saham.

Softbank juga dikatakan turut serta dalam putaran pendanaan terbaru senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,6 triliun. Bila pendanaan ini terwujud, maka valuasi perusahaan e-commerce itu ditaksir mencapai US$ 7 miliar atau sekitar Rp 102,2 triliun.

Alibaba Juga Salah Satu Pemilik Tokopedia

Shutterstock
Ilustrasi Alibaba Pemilik Tokopedia (Shutterstock)

Selain Softbank, Alibaba menjadi pemilik saham kedua terbesar dengan sekitar 25% kepemilikan. Modal tersebut disalurkan melalui Taobao Cina Holdings.

Sedangkan CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia William tanuwijaya memiliki 5,6% saham. Kemudian, Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison memiliki 2,3% saham.

Selain itu, pemegang saham besar lainnya adalah Radiant Pioneer Limited dan Radiant Trinity Limited, yang terdaftar di Kepulauan Cayman.

Adapun jajaran direksi di Tokopesia terdiri dari William Tanuwijaya sebagai Ketua Dewan Direksi dan wakilnya, Alpha Edison. Sementara lainnya, adalah Eun Woo Lee dan Lydia bly Jett dari Softbank, Shailendra Singh dari Sequoia, serta Joseph Tsai dari Alibaba. Dari sisi komisaris, Managing partner Softbank Funds Kabir Misra menjadi pemimpin.

Kini perseroan telah menjelma menjadi jajaran elit pasar online di Indonesia, dengan beragam fitur dan keunggulannya, serta memiliki valuasi hingga Rp 102 triliun. Menjadikan pihaknya salah satu startup unicorn terbesar di Asia Tenggara. Sebagai orang Indonesia tentu kita patut bangga karenanya.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan