Perdana Jadi Sutradara, Ini 5 Film Tora Sudiro yang Sukses di Bioskop!

3 menit
Tora Sudiro
Perdana Jadi Sutradara, Ini 5 Film Tora Sudiro yang Sukses di Bioskop!, (Instagram).

Kemahiran Tora Sudiro dalam berakting emang udah gak bisa dipungkiri lagi nih. Jago dalam berakting, Tora Sudiro kin mantab menyutradarai film perdananya “Ghostbuser”. Dikenal memainkan karakter gay di film “Arisan” karya Nia Dinata, ini lho deretan layar perak sukses yang dibintangi oleh Tora Sudiro. 

Kelihaian Tora dalam berakting emang patut diacungi jempol. Berbagai karakter telah ia mainkan di layar lebar sepanjang karier beraktingnya. Tahun 2019 merupakan cara Tora meningkatkan level dirinya sebagai seorang aktor yakni menjadi sutradara. 

Ia pun mengakui sedikit panik dalam menghadapi perannya sebagai sutradara nih. Dengan gayanya yang konyol, ia pun menceritakan pengalamannya saat menjadi sutradara film “Ghostbuser”. 

“Belum berasa banget sih, cuma berasa panik-panik saja. Panik karena nggak tahunya,” ujar Tora Sudiro seperti dikutip dari detik.com

“Pas ditanya gimana mau jadi sutradara ya shock, karena lokasinya juga belum sesuai dengan apa yang di otak gue bakal kaya gimana. Cuma mau nggak mau jalanin aja dulu,” tambahnya seraya terbahak.  

Pria kelahiran 46 tahun silam ini emang dikenal nih dengan aktingnya yang kece serta kerap kali mengocok perut penonton. Pemilik nama lengkap Taura Danang Sudiro ini emang mulai dikenal aktingnya saat beradu akting dengan Surya Saputra di film “Arisan” (2003).  

Memulai kariernya di layar lebar sejak tahun 2001, tercatat sudah puluhan judul layar perak dibintangi oleh suami dari Mieke Amalia ini. Yuk mendingan kita simak aja nih deretan film terbaik mantan aktor Extravaganza ini. 

Baca juga: Ada yang Berhonor Rp 75 Juta per Episode, 5 Artis Sinetron Ini Berbayaran Tertinggi!

1. Arisan! (2003) Tolak ukur kesuksesan Tora Sudiro di layar perak

Tora Sudiro
Ini lho film perdana Tora yang berhasil angkat namanya sebagai aktor, (Wikipedia).

Film pertama yang masuk dalam daftar karya Tora Sudiro adalah “Arisan!” karya sutradara Nia Dinata serta penulis naskah Joko Anwar. Film “Arisan!” bisa dibilang merupakan gerbang kesuksesan Tora pertama kali muncul di layar lebar.  

Film yang menceritakan kehidupan masayarakat urban Jakarta, Tora Sudiro berperan sebagai Sakti dan beradu akting dengan Surya Saputra dan Cut Mini. Saking profesionalnya memerankan perannya, bahkan kedua aktor tersebut rela berciuman untuk melakukan tugasnya dengan baik sesuai cerita.

Lewat film ini, Tora berhasilkan mendapatkan Piala Citra Festival Film Indonesia pertamanya di tahun 2004 lewat nominasi “Aktor Pria Terbaik”. 

Baca juga: Selain Joker, Ini 5 Film Karya Sutradara Todd Phillips yang Gak Kalah Keren

2. “Nagabonar Jadi 2” (2007)

Tora Sudiro
Film “Nagabonar Jadi 2” juga sukses nih mengangkat nama Tora sebagai aktor, (media-amazon.com).

Cerita Nagabonar emang udah menjadi ‘cerita rakyat’ nih bagi penikmat film. Ya, Film “Nagabonar Jadi 2” merupakan karya Tora kedua yang bisa dibilang sukses nih. 

Lewat film “Nagabonar Jadi 2” karya Deddy Mizwar, Tora pun menyabet piala untuk Film Festival Bandung buat nominasi “Aktor Pria Terpuji”. 

Baca juga: Sinetron dan Filmnya Banyak, Nikita Willy Juga Tajir Melintir Lewat 5 Bisnis Ini!

3. “Quickie Express” (2007)

Tora Sudiro
“Quickie Express” (2007) juga salah satu film sukses Tora, (Wikipedia).

Berada di urutan ketiga ada “Quickie Express” yang disutradarai oleh Dimas Djayadiningrat dan penulis naskah Joko Anwar. Di sini Tora memerankan karakter Jojo dan beradu akting dengan aktor lain seperti Aming dan Lukman Sardi. 

Film bergenre komedi ini berhasil mendapatkan penghargaan di Indonesia Movie Awards tahun 2008 untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik yang didapatkan oleh Tio Pakusadewo.

Quickie Express berhasil membukukan pendapatan sekitar Rp 28 miliaran pada saat penayangannya di bioskop.

4. “Laskar Pelangi” (2008)

Tora Sudiro
Ini nih film yang gak bakal bisa dilupakan sepanjang masa “Laskar Pelangi”, (Wikipedia).

Keempat ada film yang lumayan fenomenal ketika pertama dirilis pada tahun 2008 karena ceritanya yang sangat menginspirasi. Sutradara  berada di balik kesuksesan film ini adalah Riri Riza.

Dalam film ini Tora berperan sebagai Mahmud yang beradu akting dengan Cut Mini dan Slamet Rahardjo. Bahkan pendapatan film ini berhasil menyentuh angka US$ 16 juta atau setara Rp 225 miliaran.

5. “Get Married” (2013)

tora sudiro
“Get Merried” juga salah satu film sukses suami dari Mieke Amalia, (Wikipedia).

 Film terakhir yang dibintangi oleh Tora Sudiro adalah “Get Married” yang masuk dalam kategori komedi romantis dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Di sini ia beradu akting dengan Nirina Zubir, Desta Club 80’s serta Ringgo Agus Rahman.

Secara keseluruhan film “Get Married” ini berhasil mendapatkan keuntungan mencapai Rp 34 miliaran saat penayangannya.

 Nah itulah 5 film bioskop yang pernah dibintangi oleh Tora Sudiro sebelum menjadi sutradara. Dari kelima nama tersebut mana nih yang pernah kamu saksikan? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1