Lipat Gandakan Uang hingga Miliaran Dolar, Ini 7 Trader Sukses di Dunia

3 menit
trader sukses
Ilustrasi trader sukses. (Shutterstock)

Nama-nama investor kelas dunia, seperti Warren Buffett, Carl Icahn, hingga Carlos Slim, pastinya udah gak asing buat kamu. Gimana dengan trader? Siapa aja nih trader sukses yang kamu ketahui?

Seperti yang kamu tahu, ada dua cara yang bisa digunakan buat mencetak untung di bursa. Pertama, berinvestasi alias menjadi investor. Kedua, melakukan trading alias menjadi trader.

Kedua cara tersebut sama-sama melahirkan sosok-sosok yang dikenal sebagai investor sukses ataupun trader sukses. Dalam ulasan kali ini, Moneysmart mau mengenalkan ke kamu nih siapa aja sosok-sosok yang menjadi trader sukses di dunia. Berikut ini ulasannya seperti yang dikutip dari Investopedia.

Baca juga: Bisa Cepat Untung Banyak, Ini Lho Bedanya Trading Saham dengan Investasi

1. Jesse Livermore

trader sukses
Jesee Livermore. (varchev.com)

Sosok yang satu ini dikenal sebagai trader legendaris di Amerika Serikat. Namanya menjadi populer karena sukses meraup keuntungan dari kejatuhan Wall Street pada 1929. Ia menjadi kaya raya berkat trading dan mengumpulkan kekayaan sebesar US$ 100 juta.

Sejak saat itu Jesse Livermore dikenal sebagai trader sukses berjuluk The Great Bear of Wall Street. Namun, akhir kisah hidupnya terbilang tragis. Ia kehilangan banyak uang pada tahun 1934 dan mengakhiri hidupnya pada tahun 1940.

Baca juga: Terjun ke Dunia Finansial, Orang-Orang Ini Sukses Raup Ratusan Triliun Rupiah

2. William Delbert Gann

trader sukses
William Delbert Gann. (trustcapital.com)

Trader sukses yang satu ini terkenal unik. Dalam melakukan trading, William Delbert Gann menggunakan metode peramalan pasar berdasarkan geometri, astrologi, dan matematika kuno. Alat teknis misteriusnya adalah sudut Gann dan Square of 9.

Kabarnya nih dengan metode yang digunakannya tersebut, Gann berhasil mendapat return dari modal US$ 300 menjadi US$ 25 ribu. Tentu aja pencapaiannya tersebut sangat luar biasa.

Baca juga: Gak Perlu Tajir, Begini Cara Menabung Saham yang Mudah dan Efisien

3. George Soros

trader sukses
George Soros. (Shutterstock)

Di Indonesia cukup banyak orang yang mengenal sosok trader yang satu ini. Nama George Soros disebut-sebut sebagai pemicu terjadinya krisis finansial 1998. Walaupun begitu, namanya juga populer sebagai trader sukses di dunia.

Gak cuma itu, pendiri Soros Fund Management ini juga dikenal karena reputasinya saat terjadi krisis di Inggris. Soros yang meraih keuntungan US$ 1 miliar dari krisis tersebut dilabeli predikat sebagai The Man Who Broke the Bank of England.

4. Jim Rogers

trader sukses
Jim Rogers. (Shutterstock)

Pernah kerja bareng dengan George Soros di Quantum Fund, Jim Rogers dikenal sebagai salah satu trader sukses di dunia. Ia dan Soros diketahui berhasil mengembangkan portofolio hingga 4.200 persen.

Rogers dikenal karena prediksi bullish yang tepat pada 1990-an sehingga mencetak banyak untung. Ia juga populer berkat buku-bukunya yang bercerita tentang pengalamannya.

5. Richard Dennis

trader sukses
Richard Dennis (tengah) dan Bill Eckhardt. (kiri). (turtletrader.com)

Nama trader sukses asal Chicago ini terkenal karena kepiawaiannya dalam melakukan trading komoditas. Richard Dennis dilaporkan mengumpulkan kekayaan sebesar US$ 200 juta selama 10 tahun dari hasil trading.

Dennis bersama mitranya William Eckhardt menciptakan strategi trading Turtle Trading experiment. Strategi inilah yang selama ini digunakannya hingga menjadi kaya.

6. Paul Tudor Jones

trader sukses
Paul Tudor James. (newtraderu.com)

Trader sukses yang satu ini dikenal sebagai pendiri Tudor Investment Corporation, salah satu lembaga hedge fund terkemuka. Jones meraih reputasi setelah menghasilkan US$ 100 juta dari jatuhnya pasar pada 1987.

7. John Paulson

trader sukses
John Paulson. (Varchev.com)

Menghasilkan miliaran dolar pada 2007, John Paulson mendapat popularitas sebagai trader sukses. Ia merupakan pendiri dari hedge fund Paulson & Co. Keuntungan yang diraih Paulson diperoleh saat terjadinya krisis subprime mortgage di Amerika Serikat.

Nah, itu tadi ketujuh sosok trader sukses di dunia. Kepiawaian mereka dalam melakukan trading telah teruji dan berhasil memberi mereka untung besar. Walaupun begitu, suatu waktu mereka juga mengalami kerugian lho. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!