Makan Anggur hingga Tidur di Kuburan, Ini Cara Orang Merayakan Tahun Baru

3 menit
Makan Anggur hingga Tidur di Kuburan, Ini Cara Orang Merayakan Tahun Baru, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gimana dengan perayaan tahun baru kamu kemarin? Tahu gak sih kalau tradisi tahun baru di beberapa negara ternyata unik-unik. Mulai dari memakai pakaian dalam berwarna hingga makan anggur merupakan tradisi tahun baru yang unik dan ada ternyata.

Biasanya tradisi apa aja sih yang kamu lakukan saat perayaan pergantian tahun baru? Mungkin mulai makan malam bersama, barbeque, hingga pesta semalam suntuk. Nah, di beberapa negara ternyata ada lho tradisi unik di tahun baru.

Mereka emang melakukan hal-hal yang unik banget. Mulai dari makan anggur, memakai pakaian dalam berwarna hingga melempar piring rusak. Kalau di Indonesia emang banyak juga tradisi unik saat merayakan pergantian tahun.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Rabu, (2/1/2019), tradisi tahun baru di beberapa negara emang terbilang unik. Mereka melakukan juga bersama anggota keluarga maupun kerabat saat pergantian tahun dari 2018 ke tahun 2019.

Baca juga: Ini 4 Negara Muslim yang Merayakan Tahun Baru dengan Meriah

Tradisi ini terbilang aneh sih kalau kamu yang gak pernah melihat atau mendengarnya sebelumnya. Berikut tradisi unik perayaan tahun baru di beberapa negara, mau tahu apa aja? Yuk, kita simak bareng-bareng di bawah ini:

1. Melempar piring – Denmark

Di Denmark, orang melempar piring rusak merupakan salah satu tradisi tahun baru di negaranya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di Denmark ternyata ada tradisi yang dilakukan saat pergantian tahun baru lho. Melempar piring rusak merupakan tradisi tahun baru bagi masyarakat di Denmark.

Baca juga: Jangan Cuma Jadi Wacana! Gini Wujudkan Resolusi Tahun Baru Biar Mapan Finansial

Melempar piring emang bukan diibaratkan kalau sepasang kekasih tengah bertengkar. Nah, orang Denmark ini menyimpan piring-piring yang rusak sampai 31 Desember hanya buat melemparnya ke pintu atau dinding bersama teman dan keluarga mereka.

2. Makan anggur – Spanyol

Makan buah anggur merupakan tradisi tahun baru orang Spanyol, (Ilustrasi/Shutterstock).

Orang Spanyol juga memiliki tradisi tahun baru lho di negaranya. Di Spanyol, orang memakan anggur 12 buah pada waktu bersamaan. Nah, kalau mereka bisa melakukannya, asal kamu tahu orang Spanyol bisa mendapatkan keberuntungan di tahun baru.

Baca juga: Pengin Resolusi Tahun Baru Tercapai? Lakukan 5 Tips Ampuh Ini

3. Uang – Filipina

Bagi orang Filipina memakain pakaian atau makan makanan yang serba bunda diyakini membawa keberuntungan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bagi orang Filipina perayaan tahun baru adalah seperti uang koin. Mereka percaya kalau segala sesuatu mesti bulat.

Jadi mereka menyajikan makanan, memakai pakaian serba bundar. Karena mereka meyakini bahwa uang koin dengan bentuk bundar membawa kekayaan.

4. Pakai pakaian dalam berwarna – Amerika Selatan

Di Amerika Selatan, orang merayakan pergantian tahun dengan mengenakan pakaian dalam berwarna, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di Amerika Selatan, orang-orang berbondong-bondong menggunakan pakaian dalam berwarna lho. Lucu ya pakai pakaian dalam serba berwarna saat perayaan pergantian tahun baru.

Katanya nih, bagi mereka yang pengin mendapatkan pasangan atau pacar baru, orang tersebut mesti memakai pakaian dalam berwarna merah. Kalau warna putih menginginkan kedamaian, dan buat orang yang memakai pakaian dalam warna emas menandakan kekayaan.

5. Tidur di makam – Chili

Di Chili, orang merayakan tahun baru dengan tidur di makam atau kuburan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di negara Chili memiliki tradisi yang agak menyeramkan nih saat pergantian tahun baru. Asal kamu tahu ya, orang Chili memutuskan buat tidur di makam alias kuburan, hiii!

Katanya buat orang yang merayakan tahun baru dengan tidur di atas makam atau kuburan bakal membawakan kedamaian bagi jiwa yang udah mati. Unik ya, tapi bikin bulu kuduk berdiri ya.

6. Melempar roti – Irlandia

Melempar roti salah satu tradisi orang Irlandia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah di Irlandia, orang-orang di sana memiliki tradisi yang hampir mirip nih dengan warga di Denmark. Kalau di Denmark melempar piring, orang Irlandia melempar roti ke dinding lho.

Melempar roti ke dinding dipercayai memiliki kemampuan buat mengusir roh atau iblis saat pergantian tahun baru. Sayang juga ya kalau melempar roti udah gitu gak bakal di makan.

Nah, kalau kamu sendiri gimana? Ada tradisi perayaan tahun baru yang sampai saat ini masih dilakukan? Mungkin dengan makan malam bareng keluarga dan pesta semalam suntuk?

Intinya tradisinya apapun itu, semoga di tahun baru 2019 ini, kita semua mendapatkan kehidupan yang jauh lebih baik dalam pribadi maupun karier ya. (Editor: Mahardian Prawira). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...