Sebanyak Rp 46 Kuadriliun AS Mengalami Kerugian Akibat Tragedi 9/11

3 menit
Tragedi 9/11
Sebanyak Rp 46 Kuadriliun AS Mengalami Kerugian Akibat Tragedi 9/11, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tragedi 9/11 yang masih membekas bagi warga Amerika Serikat bisa dibilang salah satu peristiwa gak bisa dilupakan sepanjang sejarah negara adi daya tersebut. Gimana gak ribuan orang menjadi korban peristiwa runtuhnya gedung pencakar langit World Trade Center di kota New York. Akibat kejadian tersebut, Negeri Paman Sam mengalami kerugian yang sangat banyak. 

Peritiwa yang terjadi pada 11 September 2001 itu setidaknya memakan korban 2500 hingga 3000-an orang. Aksi penabrakan dua pesawat komersil itu sontak menjadi pemberitaan besar di seluruh dunia. 

Pihak yang paling bertanggung jawab atas kejadian tersebut merupakan kelompok teroris pimpinan Osama Bin Laden yakni Al-Qaeda. Kamu pasti udah gak asing lagi mendengar nama tersebut? 

Akibat tragedi 9/11 tersebut diperkirakan uang sejumlah US$ 3,3 triliun atau setara Rp 46 kuadriliun harus digelontorkan oleh pemerintah Amerika Serikat guna membiayai segala kebutuhan dari infrastruktur, kesehatan hingga aksi pemberantasan teroris. Berikut adalah rinciannya, mengutip dari New York Times.

Baca juga: Ini 5 Deretan Gempa Bumi Terbesar Skala Dunia Salah Satunya di Indonesia

Biaya paling besar dianggarkan buat pemberantasan teroris Timur Tengah

Tragedi 9/11
Akibat peristiwa ini, pemerintah AS menggelontorkan banyak uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tragedi 11 September ini gak hanya membuat para keluarga korban membekas, tapi juga bagi pemerintahan Amerika Serikat.

Bicara soal pemberantasan teroris di Negeri Paman Sam menjadi topik terdepan buat menentang segala aksi tersbeut. Itu bisa dilihat dari dana perang yang disiapkan sebanyak US$ 1,65 triliun atau setara Rp 23,1 kuadriliun.

Ini terbagi atas 2 operasi yang dilakukan di Irak dan Afghanistan guna memburu anggota Al-Qaeda. Selain dana operasional ada juga biaya lainnya seperti pengobatan, pasukan kontraktor serta analisis intelijen untuk memburu Osama Bin Laden.

Baca juga: Masih Banyak yang Tertipu, Waspada 3 Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja Online Ini

Anggaran militer masa depan dan dana pensiun veteran perang

Tragedi 9/11
Banyak kerugian yang dialami oleh Amerika Serikat dengan adanya tragedi 11 September, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak hanya biaya militer jangka pendek, tapi pemerintah Amerika Serikat juga mengeluarkan bujet yang gak kalah melimpah mencapai US$ 867 miliar atau setara Rp 12,1 kuadriliun dari tahun 2012 sampai 2016 atas upaya lanjutan pemberantasan teroris tersebut.

Beberapa uang tersebut digunakan untuk operasional 5 ribu tentara yang berada di Irak, biaya pengobatan, pengamanan sosial dan disability payments.

Baca juga: Seberapa Dominan Dolar Amerika Serikat Dipakai Negara-Negara di Dunia?

Ganti rugi kepentingan umum dan keamanan nasional mencapai US$ 589 miliar

tragedi 9/11
Ganti rugi kepentingan umum dan keamanan nasional mencapai US$ 589 miliar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yang udah udah pasti bakal terganggu dari adanya tragedi 9/11 saat itu adalah segala sarana dan prasarana umum yang lumpuh. Diperkirakan jumlah uang sekitar US$ 589 miliar atau setara Rp 8,2 kuadriliun lagi-lagi digelontorkan pemerintahan George W. Bush yag saat itu masih menjabat sebagai Presiden AS. 

Bujet sebanyak itu meliputi biaya badan intelijen nasional, operasional aparat keamanan. Kerugian di industri penerbangan termasuk airport dan kematian akibat kecelakaan mobil atas tragedi tersebut. 

Dampak ekonomi yang begitu masif

tragedi 9/11
Tragedi 11 September memiliki dampak yang cukup masif, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu efek yang ditimbulkan dari adanya ancaman keamanan di suatu negara adalah ekonomi yang menurun. Itulah yang terjadi ketika Amerika Serikat diterpa dengan peristiwa 11 September.

Paling gak ada dana yang hilang sekitar US$ 123 miliar atau setara Rp 1,7 kuadriliun melayang karena kekacauan tersebut. Beberapa mengalami dampak besar adalah kegiatan bisnis yang terganggu, industri aviasi merugi, pemasukan dari sektor wisata berkurang dan beberapa event besar terpaksa dibatalkan.

Restrukturisasi infrastruktur yang memakan waktu lama dan mahal

Tragedi 9/11
Restrukturisasi infrastruktur yang memakan waktu lama dan mahal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dampak kerugian tragedi 9/11 yang terakhir yakni pembangunan infrastruktur. Runtuhnya gedung World Trade Center ini mengakibatkan kerugian yang sangat besar lho. 

Diperkikaran jumlah uang yang mesti dikeluarkan oleh Amerika Serikat saat itu mencapai US$ 55 miliar atau senilai Rp 771 triliun. Itu meliputi pembiayaan pembersihan area gedung, biaya pengobatan para korban selamat dari runtuhnya gedung pencakar langit itu. 

Nah itulah sedikit informasi tentang estimasi biaya dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat akibat tragedi 9/11 yang terjadi pada 18 tahun yang lalu. Namanya perperangan aksi terorisme emang bakal banyak merugikan banyak pihak. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1