Tarifnya Rp 3.000 per Kilometer, Gini Caranya Pesan GrabBajay di Jakarta

3 menit
transportasi online
GrabBajay. (Grab.com)

Buat kamu yang pengin merasakan berkendara dengan bajaj, kini kendaraan roda tiga ini resmi jadi transportasi online lho. Kamu bisa melakukan pemesanannya melalui aplikasi Grab yang fiturnya diberi nama GrabBajay.

Seperti yang kamu tahu, bajaj merupakan kendaraan roda tiga yang paling populer di Jakarta pada tahun 1970-an. Kendaraan yang berasal dari India ini pertama kali didatangkan ke Indonesia oleh Bajaj Auto.

Dari nama Bajaj Auto, kemudian masyarakat menyebut kendaraan roda tiga ini dengan nama bajaj. Namun, eksistensi bajaj perlahan-lahan memudar dan saat ini cuma bisa ditemukan di beberapa wilayah aja di Jakarta, Banjarmasin, dan Pekanbaru.

Nah, kalau rindu menaiki kendaraan roda tiga ini, kamu bisa memesannya lewat fitur GrabBajay. Berapa tarifnya dan gimana caranya? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Tarif Ojol Alami Kenaikan, Coba Naik Angkot Online Saja!

Katanya terjangkau, tarif GrabBajay cuma Rp 3.000 per kilometer

transportasi online
Bajaj ramah lingkungan. (Wikimedia Commons/sabung hamster)

Dengan memasang tarif Rp 3.000 per kilometernya, pihak Grab menyebut tarif GrabBajay lebih murah ketimbang Grab Car. Udah gitu GrabBajay dinilai lebih pas sebagai pilihan transportasi online buat mengangkut barang dari pasar.

Walaupun diklaim memasang tarif murah per kilometernya, penumpang yang menaiki GrabBajay melakukan pembayaran minimal sebesar Rp 9.000. Itu berarti transportasi online lebih cocok kalau dipesan buat jarak tempuh 3 – 4 kilometer.

Pihak Grab sendiri mengatakan peluncuran GrabBajay ini sebagai bentuk dukungan terhadap program Langit Biru yang diselenggarakan Pemerintah. Program yang dicanangkan sejak 1996 ini bertujuan buat mengendalikan dan mencegah pencemaran udara.

Makanya Grab menjalin kerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta agar peluncuran GrabBajay ini bisa terealisasi. Terlebih bajaj yang dipilih Grab sebagai transportasi online merupakan bajaj-bajaj yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.

Terus nih, keberadaan GrabBajay ini nantinya bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan buat berwisata keliling ibu kota. Plus menarik minat masyarakat juga nantinya.

Baca juga: Dulu Primadona, Angkutan Umum Ini Terseok-seok Beroperasi di Jakarta

Daftar lokasi pemesanan GrabBajay, mana aja?

transportasi online
Kota Jakarta. (Unsplash/Eko Kalula)

Karena jumlah bajaj yang udah terbatas, kamu cuma bisa memesan GrabBajay di wilayah-wilayah tertentu di Jakarta.

Berikut ini adalah daftar wilayah di mana kamu bisa memesan transportasi online roda tiga ini.

  • Stasiun Jakarta Kota
  • ITC Mangga Dua
  • Kawasan Mangga Besar
  • Stasiun Sawah Besar
  • Pasar Baru

Pemesanan sendiri bisa dilakukan dengan mendatangi titik-titik yang disebutkan di atas tadi. Grab menyebut ada 15 shelter di Jakarta Pusat yang digunakan sebagai lokasi parkirnya transportasi online ini. Sejauh ini udah ada 60 bajaj yang bermitra dengan Grab.

Di tiap shelter terparkir 4 – 5 bajaj yang menunggu datangnya penumpang. Lalu, gimana caranya memesan GrabBajay di aplikasi Grab?

Baca juga: 3 Startup Lokal Indonesia Incaran Grab, Ini Daftarnya

Gampang, begini cara memesan transportasi online GrabBajay

 

transportasi online
Cara memesan GrabBajay sama halnya dengan menggunakan Grab Now di aplikasi Grab. (Grab.com)

Emang benar layanan GrabBajay telah tersedia di aplikasi Grab. Namun, layanan ini gak dihadirkan dalam menu tersendiri. Lalu, gimana cara memesan GrabBajay?

Berikut ini beberapa langkah buat memesan GrabBajay.

  • Buka aplikasi Grab di titik bajaj berada.
  • Pilih menu Bike dan buat pesanan.
  • Pilih GrabNow.
  • Setelah itu, kamu bakal terhubung dengan driver dan langkah selanjutnya adalah permintaan 6 digit kode akses buat proses selanjutnya.

Udah tahu kan sekarang gimana caranya memesan GrabBajay. Gimana, tertarik mencoba transportasi online ini? Langsung aja datangi lokasi yang telah disebutkan di atas tadi dan lakukan pemesanan. Semoga informasi barusan membantu! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan