6 Travel Umroh Terbaik dan Terpercaya, Harganya Mulai Rp 21 Jutaan!

5 menit
travel umroh terbaik
Keluarga pergi umroh. (Shutterstock)

Mencari travel umroh terbaik memang rada sulit, karena terlalu banyak pilihan. Tapi semua itu bisa menjadi mudah kalau kamu tahu caranya.

Ibadah ke Tanah Suci bukan cuma soal biaya saja, tapi juga soal kenyamanan yang harus jadi hal utama. Tujuannya, agar ibadah yang kamu jalankan menjadi lebih maksimal lagi.

Kenyamanan itu harus kamu dapatkan sejak dari Tanah Air hingga ke Tanah Suci nantinya. Semua itu bisa kamu dapatkan kalau kamu bisa memilih biro perjalanan yang terpercaya.

Harus ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencari travel umroh terbaik. Bagaimana caranya?

Baca juga: Pengin Umroh di Tahun 2019? Segini Lho Uang yang Harus Kamu Miliki

Jangan sampai kena tipu! begini cara memilih travel umroh terbaik

travel umroh terbaik
Masjidil Haram, Mekah. (Pixabay)

Ingat, biaya umroh murah memang sangat menggiurkan, apalagi kalau harganya bisa jauh di bawah harga pasaran travel lainnya. Namun, kamu perlu mewaspadainya, jangan sampai pengin dapat untung, tapi malah buntung. Duit keluar, tapi gak jadi berangkat umroh.

Kasus penipuan seperti ini sangat marak di Indonesia, mengingat minat masyarakatnya yang mayoritas muslim untuk bisa ke Tanah Suci sangatlah tinggi. Jadi wajar saja kalau banyak orang jahat yang memanfaatkannya untuk mencari korban.

Sudah ada contohnya kok di Indonesia, yaitu kasus travel bodong First Travel. Tahun lalu, tindakan penipuan serta pencucian uang ribuan jemaah First Travel telah terungkap. Ribuan jemaah yang telah menyetorkan uang mereka dengan harapan bisa berangkat ke Arab Saudi, ternyata pupus karena sang pemilik menyelewengkan dana untuk kepentingannya sendiri. Total uang jemaah mencapai Rp 800 miliaran lho!

Lantas, bagaimana cara memilih travel umroh terbaik dan terpercaya?

Lacak rekam jejak travel umroh sebelum memilihnya

Kamu tentunya sudah memiliki daftar travel umroh mana yang bakal kamu pilih. Nah tapi jangan buru-buru menentukan, apalagi cuma gara-gara harganya yang murah. Pertama, kamu cari tahu dulu lebih lanjut soal travel tersebut di internet, mulai dari bagaimana respons para jemaah, sampai berapa jemaah yang pernah mereka berangkatkan.

Berizin resmi dari Kementerian Agama

Setiap penyedia jasa travel umroh maupun haji harus memiliki izin dari Kementerian Agama. Hal ini dilakukan dalam rangka pengawasan yang dilakukan pemerintah terhadap travel tersebut. Jadi kalau kamu mau memilih travel yang baik ya pastikan yang punya izin dari Kemenag, kalau gak punya, jangan coba-coba deh.

Perhatikan harga dan fasilitas yang diberikan

Biasanya setiap agen travel akan mencantumkan biaya, hingga fasilitas yang didapatkan oleh para jemaah. Nah kamu perlu kritis terhadap hal ini. Lihat dulu apakah harga yang ditawarkan itu sepadan dengan fasilitas yang didapat. Misalnya, harga paketnya murah, bahkan lebih murah dari pasaran, tapi fasilitas yang kamu dapatkan sangat mewah. Hmm mencurigakan banget gak sih?

Baca juga: Nabung Rp 50 Ribu per Hari dalam Setahun Bisa Umroh? Gini Caranya

Travel umroh terbaik dan terpercaya di Indonesia

Indonesia sudah menjadi gudangnya bisnis travel umroh. Di setiap kota, ada ratusan bisnis penyedia jasa keberangkatan umroh ini. Nah, tapi kamu perlu menyaringnya lagi dan memilah mana yang terbaik dan terpercaya. Kalau kamu malas meneliti lebih detail, kita kasih deh rekomendasi travel umroh terbaik yang sudah terkenal banget di kalangan jemaah Indonesia dan tentunya terdaftar di Kementerian Agama.

1. Maktour

travel umroh terbaik
Maktour. (Instagram/@maktour.id)

Maktour merupakan salah satu travel umroh terbaik di Jakarta. Mereka bahkan sudah memiliki gedung sendiri sebagai pusat kantornya yang diberi nama Wisma Maktour. Berkantor pusat di Jalan Otista, Jakarta Timur, biro perjalanan umroh ini sudah langganan banget melayani para kalangan pengusaha, artis, hingga pejabat.

Maktour terkenal banget memberikan pelayanan dan fasilitas yang serba mewah. Karena mereka mengedepankan kenyamanan para jemaahnya, jadi wajar saja kalau harga yang ditawarkan cukup mahal. Untuk biaya umrohnya saja sekitar USD 3.850 atau Rp 54 jutaan.

2.  Rabbani Tour

travel umroh terbaik
Rabbani Tour. (Instagram/@rabbanitourdotcom)

Rabbani merupakan salah satu travel umroh terbaik di Bandung, yang berkantor pusat di Jalan Lengkong Kecil. Tapi Rabbani juga memiliki kantor cabang di Jakarta, tepatnya di Jalan MT Haryono. Biro perjalanan ini menawarkan biaya umroh yang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan Maktour. Harga termurahnya untuk paket umroh reguler sekitar Rp 23 jutaan. Kadang-kadang mereka juga suka ngasih diskon harga lho!

Gak cuma umroh saja, Rabbani juga menawarkan paket wisata halal ke berbagai negara tujuan, mulai dari negara-negara di kawasan Asia hingga Eropa.

3. Munatour

travel umroh terbaik
Munatour. (Instagram/@munatour_travel)

Munatour sudah menjadi biro perjalanan umroh selama 20 tahun yang konsisten menawarkan kenyamanan dan kepuasan jemaah. Ada dua paket yang ditawarkan, umroh reguler yang hanya menuju ke Arab Saudi, dan ada juga umroh plus yang melayani perjalanan wisata ke beberapa negara seperti Mesir, Turki, dan Yordania.

Rata-rata fasilitas hotel yang mereka sediakan berbintang 5, baik di Mekkah maupun Madinah, jadi jangan ragukan lagi kenyamanannya. Harganya yang paling murah Rp 28.275.000 untuk paket ekonomis 9 hari.

4. Tiga Cahaya Utama

travel umroh terbaik
Tiga Cahaya Utama. (Instagram/@tigacahayautama)

Buat warga Malang dan sekitarnya, ada Tiga Cahaya Utama (TCU) yang menawarkan beragam paket perjalanan umroh dengan harga terjangkau. Dilihat di laman resminya, TCU bahkan mengklaim sebagai satu-satunya travel umroh berlisensi Kemenag di Kota Malang. Harga paketnya berkisar dari Rp 21 jutaan sampai Rp 30 jutaan semuanya berangkat dari Bandara Juanda Surabaya.

5. Multazam Utama Tour

travel umroh terbaik
Multazam Utama. (Instagram/@multazamutamatour)

Multazam telah berdiri sejak tahun 1999 di Jakarta. Kini, mereka sudah memiliki beberapa cabang mitra di kota-kota besar seperti Makasar, Surabaya, Palembang, Samarinda, Lampung, Bengkulu dan masih banyak lagi. Salah satu travel umroh terbaik di Jakarta ini menawarkan beberapa paket umroh, mulai dari yang termurah di Rp 25 jutaan dengan fasilitas penginapan hotel bintang 3 hingga Rp 27 jutaan untuk fasilitas hotel bintang 5.

6. Afi Tour

travel umroh terbaik
Afi Tour. (Instagram/@afitour_umroh_hajiplus)

Afi Tour layak masuk ke jajaran travel umroh terbaik. Biro perjalanan yang didirikan oleh artis Sahrul Gunawan ini telah mendapatkan predikat sebagai The Best Service Excellent pada tahun 2013, dan The Most Trusted Tour and Travel tahun 2016.

Harga paket umrohnya juga variatif, paling murah sekitar Rp 25 jutaan.

Itu tadi enam biro travel umroh terbaik yang ada di Indonesia. Harganya mungkin bisa berubah sewaktu-waktu, karena mengacu pada kurs dolar. Intinya, jangan asal pilih biro perjalanan yang menawarkan harga murah. Sebaliknya, kamu harus mengutamakan keamanan dan kenyamananmu selama beribadah. Kalau murah tapi gak aman dan nyaman kan ibadah jadi gak maksimal juga. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan