Banner ImageBanner Image

Sebenarnya Perlu Gak sih Punya Asuransi Perjalanan Saat Liburan?

3 menit

Cie yang mau liburan, tiket udah di tangan, tinggal berangkat deh. Eits, udah punya asuransi perjalanan belum?

Kayaknya gak banyak traveler Indonesia yang memasukan asuransi ini ke dalam daftar wajib setiap mau liburan. Kebanyakan baru membeli asuransi guna memenuhi persyaratan wajib pembuatan Visa Schengen buat liburan ke Eropa atau visa buat berkunjung ke Amerika Serikat dan Australia.

Tapi jika tidak diwajibkan, banyak traveler yang ogah bikin asuransi. Sebenarnya, perlu gak sih tetap membeli asuransi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus kenal dulu fungsi dan manfaat asuransi perjalanan. Dengan begitu, kita jadi tahu apakah akan memerlukannya selama perjalanan.

Manfaat asuransi perjalanan

Asuransi ini mengurangi risiko finansial yang terjadi akibat ada hal-hal tak diharapkan selama perjalanan. Secara umum asuransi akan melindungi kita dari hal-hal sebagai berikut:

1. Biaya medis kecelakaan

 

 

Asuransi ini menanggung penuh biaya medis jika kamu mengalami kecelakaan, cedera, serta musibah lain yang terjadi selama perjalanan.

2. Biaya berobat

 

 

Jika ternyata kamu perlu dirawat inap dan butuh konsumsi obat-obatan, biaya ini juga ditanggung asuransi. Hal ini termasuk biaya obat-obatan untuk penyakit atau alergi yang tiba-tiba kambuh di tengah perjalanan.

3. Kehilangan dan kerusakan bagasi

 

 

Gak sedikit nih penumpang pesawat yang mengeluhkan maskapai penerbangan karena bagasinya dibongkar hingga rusak bahkan hilang. Dengan asuransi ini, kamu akan mendapatkan ganti rugi.

4. Uang pertanggungan keterlambatan bagasi

 

 

Pesawat mengalami delay hingga lebih dari 12 jam? Yah hitung-hitung mengurangi rasa kesal dan waktu yang terbuang, kamu juga akan mendapat uang pertanggungan.

5. Biaya pemulangan jenazah

 

 

Tentu tak ada yang mau meninggal dunia saat jauh dari keluarga, terlebih saat liburan. Namun,hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Dengan asuransi, setidaknya kamu bisa mengurangi beban keluarga karena transportasi pesawat untuk pemulangan jenazah sepenuhnya ditanggung perusahaan asuransi.

 

6. Biaya kerusakan atau kebakaran rumah

 

Ternyata asuransi perjalanan gak hanya melindungi kamu yang sedang liburan tapi juga aset properti yang ditinggalkan, yaitu rumah. Selalu ada risiko saat rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kosong, seperti risiko kebakaran.

Untung rugi punya asuransi perjalanan

Di samping manfaatnya yang memang besar, gak bisa dipungkiri membeli asuransi perjalanan juga ada kekurangannya, terutama dari sisi finansial. Apa saja?

Jalan-jalan tanpa was-was

Paling gak enak sih mengalami hal buruk seperti sakit atau kecelakaan saat liburan. Namun, bisa tambah apes kalau harus menanggung tagihan biaya medis di kota atau bahkan negara orang.

Bagi kamu yang enggan mencemaskan hal ini mungkin lebih memilih sisihkan beberapa puluh ribu rupiah (premi asuransi mulai dari Rp 25 ribuan lho) demi liburan yang tenang dan bebas rasa was-was.

Biaya liburan jadi sedikit lebih mahal

Sekalipun premi asuransi mulai dari harga yang cukup terjangkau, namun bagi sebagian orang terutama backpacker, biaya ini tetap “mengganggu” bujet liburan. Alhasil, gak sedikit yang ogah membeli asuransi untuk memperketat biaya.

Merasa sia-sia jika tak digunakan

Asuransi adalah proteksi yang baru terasa manfaatnya setelah mengalami kondisi-kondisi tertentu. Yah, pada dasarnya kan kita memang tak selalu bisa memperkirakan kejadian apa yang harus dialami.

Doanya sih, semoga perjalanan berjalan mulus tanpa kejadian buruk apa pun. Namun di sisi lain, benefit asuransi perjalanan jadi hangus.

Jadi, perlu gak sih punya asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan memang bukan sebuah kewajiban, namun sangat penting untuk dipertimbangkan. Sebelum memutuskan liburan, sebaiknya kita juga memikirkan hal-hal terburuk yang mungkin terjadi. Bukan untuk menakut-nakuti, namun sebagai langkah antisipasi.

Jika destinasi liburan memang jelas berisiko dan jauh dari kerabat seperti di negara orang atau daerah terpencil, asuransi ini semakin perlu diutamakan. Apalagi, jika kamu bepergian bersama kerabat yang telah lanjut usia atau rentan mengalami risiko kesehatan.

Membeli asuransi perjalanan bisa jadi pertimbangan yang bijak. Sekalipun dengan harapan tak terjadi hal negatif selama liburan. Justru lebih baik manfaat asuransinya sia-sia karena liburan berlangsung aman dibanding ketar-ketir melihat tagihan rumah sakit tapi gak punya asuransi. Setuju?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong