Traveling Keliling Dunia Hemat dengan 10 Trik Gak Bikin Bokek Ini

5 menit

Traveling keliling dunia sering kali habiskan bujet yang luar biasa. Gimana gak, bayangkan aja tiket pesawat dari Jakarta ke Amsterdam misalnya, bisa mencapai Rp 12 juta. Kemudian, dari Amsterdam ke Berlin misalnya butuh dana Rp 1 jutaan dengan pesawat terbang.

Duh! Bisa-bisa buat transportasi di Benua Eropa aja, kamu udah kehabisan uang.

Jangan khawatir dulu. Misi kamu buat traveling keliling dunia bisa kamu laksanakan. Kamu gak perlu takut bokek deh. Asalkan, kamu tahu triknya…

Biar makin hemat, simak trik menarik berikut buat kamu yang pengin traveling keliling dunia. Bisa jadi kamu belum kepikiran.

[Baca: 7 Rahasia Keliling Dunia Gratis yang Jarang Terpikirkan]

1. Jalan-jalan saat low-peak season

traveling keliling dunia
Biar liburan kamu gak sesak kayak gini (thatblindwoman)

Saat bukan musim liburan udah tentu liburan bakal lebih hemat karena tempat-tempat wisata cukup sepi. Jadi, kalau kamu sedang berkeliling dunia, pilihlah bulan-bulan yang emang low-season.

Misalnya, kamu bisa pilih bulan selain Juni, Juli, November atau Desember yang notabene lagi ramai banget di luar negeri.

2. Pilih jalur darat

traveling keliling dunia - 1
Bisa lihat pemandangan alam yang kece (Telegraph)

Di awal sempat disinggung kalau tiket pesawat antar-negara di Eropa misalnya lumayan menguras kantong.

Bayangkan, kamu mengunjungi beberapa negara di Eropa dan semuanya menggunakan pesawat terbang. Sepuluh negara aja udah menghabiskan dana sekitar Rp 10 juta.

Buat yang belum tahu, negara-negara di Eropa misalnya bisa kamu tempuh melalui jalur darat. Moda transportasi seperti bus atau kereta bakal hemat banget.

Misalnya, dari Paris ke Brussell, tiket bus cuma 15 Euro atau sekitar Rp 215 ribu. Sementara itu, menggunakan kereta malam misalnya dari Venice ke Paris, tiketnya dibanderol 55 Euro atau sekitar Rp 800 ribuan.

Di Benua Eropa, terdapat 26 negara yang tergabung dalam kawasan Schengen. Kamu cukup gunakan visa Schengen buat mendatangi negara-negara tersebut.

Gak cuma berlaku di Eropa, di Asia Tenggara, kamu bisa menerapkan cara yang hampir sama buat negera-negara yang bisa dilalui dengan jalur darat. Contohnya, Malaysia ke Singapura dan lainnya.

3. Menginap di bus atau kereta

traveling keliling dunia - 2
Bawa bantal dan penutup mata biar makin nyaman (Quora)

Biar makin hemat, perjalanan panjang menggunakan bus atau kereta ke satu negara ke negara lainnya jadi kesempatan bagus.

Kamu bisa pilih jadwal perjalanan malam hari. Dengan gitu, kamu bisa beristirahat di bus dan kereta hingga tiba di lokasi tujuan kamu selanjutnya.

4. Beli city-pass

traveling keliling dunia - 3
Pakai city-pass biar uang gak pas-pasan (Cleverpinkpirate)

City-pass adalah semacam paket yang digabungkan dalam sebuah kartu. Nah, kartu tersebut bisa kamu pakai buat mengunjungi beragam lokasi wisata terkenal di suatu negeri.

Kartu ini bakal menghemat banget karena kamu gak perlu mengeluarkan uang berkali-kali. Biasanya paketan seperti itu juga jauh lebih murah daripada kamu harus bayar tiket satu per satu.

Beberapa negara yang menyediakan city-pass, antara lain Singapura, negara-negara Eropa, Amerika Serikat dan Kanada.

5. Gunakan point rewards dari kartu kredit

traveling keliling dunia - 4
Selalu gunakan kartu kredit buat beli tiket dan akomodasi lainnya (Shutterstock)

Selalu gunakan kartu kredit buat beli tiket dan akomodasi lainnya (Shutterstock)

Buat yang gemar traveling, apalagi traveling keliling dunia, kartu kredit bakal jadi barang wajib deh.

Kartu kredit bakal kasih banyak manfaat. Salah satunya adalah berupa point rewards yang nantinya bisa kamu tukarkan dengan beragam hadiah.

Kadang kala ada program kursi gratis di maskapai tertentu, lho. Ada pula yang bakal kasih potongan harga tertentu melalui miles yang dikumpulkan.

Contoh maskapai Garuda Indonesia yang setia menawarkan program penukaran point rewards kartu kredit. Poin tersebut nantinya ditukarkan menjadi Miles Garuda. Sebelumnya kamu perlu daftar jadi anggota Garuda Miles.

[Baca: Buat yang Doyan Traveling, Pilih Kartu Kredit yang Kayak Gini]

6. Rajin-rajin cek promo

traveling keliling dunia - 5
Lagi liburan tetap harus cek promo dong (Shutterstock)

Selama kamu berkeliling dunia, laptop dan gawai atau gadget harus kamu senantiasa cek. Bukan buat sekadar update status di media sosial tetapi justru cek promo terbaru.

Beberapa situs penyedia informasi tiket pesawat murah seperti Skyscanner bisa kamu subscribe. Kamu pun bisa mengikuti akun media sosial beragam maskapai penerbangan serta berlangganan newsletter-nya.

Gak cuma situs informasi tiket murah atau situs web maskapai, beberapa travel agent pun sering menyediakan tiket murah yang gak disangka-sangka.

Buat tahu agen perjalanan tersebut, kamu bisa bergabung di salah satu forum traveling. Contohnya, backpackerindonesia.com. Di forum tersebut, kamu bisa pilih menu Next Trip dan pilih bagian Mancanegara.

7. Pilih jadwal pesawat paling pagi atau paling malam

traveling keliling dunia - 6
Sekalian bisa hunting foto matahari (Wegoplaces)

Harga tiket pesawat paling pagi atau paling malam biasanya jauh lebih murah ketimbang di jam-jam sibuk.

Konsekuensinya kamu bakal sampai di negeri tujuan ketika objek wisata belum dibuka atau belum waktunya check-in di hotel. Akan tetapi, kalau kamu cari tiket murah, cara ini bakal bantu menghemat dana kamu.

8. Deal-planning

traveling keliling dunia - 7
Gak perlu ada itinerary (Travelingdad)

Apa sih maksudnya deal-planning? Cara ini terbilang cukup unik dan bisa jadi jarang terpikirkan.

Cara deal-planning menuntut kamu buat berangkat ke negeri selanjutnya berdasarkan promo yang kamu dapatkan.

Jadi, kamu gak jalan berdasarkan urutan negara yang kamu bikin dari awal melainkan berdasarkan promo yang kamu temukan.

Misalnya aja, kamu dapat tiket promo ke Jepang maka negeri selanjutnya yang kamu kunjungi adalah Jepang. Setelah di Jepang, kamu temukan tiket murah ke Hong Kong maka destinasi selanjutnya adalah Hong Kong. Begitu seterusnya.

9. Pilih destinasi dan fasilitas inklusif

traveling keliling dunia - 8
Traveling gak harus fancy, kan? Yang penting bisa keliling dunia (Lostearthadventures)

Banyak negara yang sebenarnya menarik tetapi pengelolaan wisatanya masih kurang. Contoh lainnya adalah destinasi yang jarang dikunjungi oleh orang-orang. Nah, negara-negara ini bisa kamu jadikan tujuan kamu selanjutnya.

Namanya juga traveling keliling dunia, kamu gak harus ke negara-negara terkenal, kan?

Contoh, Kamboja, Laos, India, Bolivia, Albania dan negara-negara lainnya yang jarang kamu dengar.

[Baca: Traveling Murah ke Luar Negeri dengan Bujet 3 Juta? Cek 3 Negara Ini]

10. Pilih condotel

traveling keliling dunia - 9
Lumayan hemat makan (homeguidemyrtlebeach)

Daripada menginap di hotel, pilihan condotel atau condominum hotel sebenarnya bikin perjalanan kamu lebih hemat.

Condotel sediakan fasilitas gak cuma kamar tidur tetapi juga dapur dan ruang tamu. Nah, dapur bisa kamu gunakan buat masak sendiri. Dengan gitu, kamu bisa hemat pengeluaran kamu.

Cara ini bakal lebih efektif lagi kalau kamu traveling keliling dunia bareng pasangan atau teman. Jadi, kalian bisa sharing cost.

Udah siap buat traveling keliling dunia di tahun ini atau tahun depan? Yuk, cari promo menarik ke negeri mana pun itu.

Kamu punya tips lainnya yang udah pernah kamu coba saat berkunjung ke negara-negara lain? Bagikan di kolom komentar ya.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.