Bujet Cuma Rp 750 Ribu? Ini 5 Destinasi Traveling Murah Cocok buat Mahasiswa

4 menit
traveling murah
Traveling murah. (Shutterstock)

Bagi sebagian mahasiswa, mencari destinasi traveling murah menjadi salah satu ritual wajib sebelum merencanakan liburan karena bujet yang pas-pasan. Kalau gak dipersiapkan secara matang, bisa-bisa keuangan bulanan jadi kacau dan dompet makin tipis. Terus tempat liburan kayak apa nih yang bisa dikunjungi?

Udah pusing urusin tugas kuliah dan masalah organisasi, pasti para mahasiswa membutuhkan sesuatu yang menyegarkan pikiran. Tapi bukan melulu ke mal, melainkan destinasi liburan yang seru dan asik dikunjungi bersama teman-teman. Sayangnya keinginan tersebut gak jarang menemui banyak halangan, salah satunya karena terbatasnya uang.

Menjadi seorang mahasiswa yang tinggal di Indonesia membutuhkan kemampuan pengelolaan uang yang baik, apalagi buat yang merantau dari kota lain. Kita harus pintar mengatur keuangan supaya urusan kuliah, makan serta hiburan dapat terbagi secara rata, kalau ada sisa bisa ditabung untuk keperluan bulan selanjutnya.

Kalau kamu hanya punya bujet sekitar Rp 750 doang, kebetulan banget nih ada destinasi liburan yang patut dicoba. Bukan cuma untuk mahasiswa, kamu-kamu yang udah kerja juga bisa mengunjungi tempat ini lho kalau punya uang terbatas.

Langsung aja kita simak 5 destinasi traveling murah buat mahasiswa yang cuma punya bujet Rp 750 ribu berikut ini.

Baca juga: 20 Tempat Wisata Yogyakarta yang Bakal Bangkitkan Kenanganmu

1. Karimunjawa, Jawa Tengah – Rp 750 ribu

traveling murah
Salah satu sudut Kepulauan Karimunjawa. (Shutterstock)

Dikutip dari Hipwee, destinasi traveling murah pertama yang bisa dikunjungi dengan modal Rp 750 ribu adalah kepulauan Karimunjawa. Kamu perlu menyeberang menaiki kapal kecil terlebih dahulu dari kota Jepara selama kurang lebih 6 jam, jadi siap-siap ya buat yang mengalami mabuk laut.

Di sini kamu akan disajikan pemandangan laut biru dan pantai pasir putih yang masih asri dan indah. Selain bermain-main di pantai kamu juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat ikan di karang dasar laut. Nah, berikut ini rincian biayanya:

Pengeluaran Bujet
Transport bus dari Jakarta ke Pelabuhan Kartini Jepara (Via Semarang): Rp 185.000
Transport kapal dari Pelabuhan Kartini ke Pulau Karimunjawa: Rp 90.000
Penginapan per 2 malam: Rp 300.000
Snorkeling: Rp 50.000
Biaya Makan per hari: Rp 125.000
Total biaya: Rp 750.000

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Malang yang Kekinian Banget

2.  Tanah Lot, Bali – Rp 664 ribu

traveling murah
Tanah Lot menyimpan keindahan tersendiri. (Shutterstock)

Selanjutnya, ada Tanah Lot yang bisa jadi destinasi traveling murah kamu, biayanya sekitar Rp 664 ribu untuk sekalian bisa muter-muter di Bali. Walaupun udah banyak dikunjungi wisatawan, pesona Bali gak pernah pudar.

Tanah Lot menyajikan pemandangan yang cantik langsung ke laut, terutama ketika cuacanya sedang cerah. Tebingnya yang eksotis juga menambah daya tarik destinasi wisata yang satu ini.

Hal yang harus diperhatikan adalah kamu harus mematuhi rambu yang ada di sekitarnya sebab sangat berbahaya jika terpeleset dan jatuh ke bawah tebing yang tajam. Beberapa kali sempat ada korban jiwa akibat melanggar rambu itu. Berikut rincian biayanya:

Pengeluaran Bujet
Transport kereta dari Jakarta ke Pelabuhan Ketapang (Via Malang): Rp 168.000
Transport kapal dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk: Rp 20.000
Transport bus ke daerah Ubung: Rp 50.000
Sewa motor per hari: Rp 60.000
Penginapan per malam: Rp 206.000
Biaya Makan per hari: Rp 80.000
Tiket masuk tempat wisata: Rp 80.000
Total biaya: Rp 664.000

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Bandung Terbaru yang Musti Didatangi

3. Malioboro, DIY – Rp 518 ribu

traveling murah
Belum ke Yogyakarta namanya kalau belum ke Malioboro. (Shutterstock)

Yogyakarta menjadi destinasi traveling murah yang hampir seluruh masyarakat Indonesia ketahui, apalagi di jalan Malioboro. Di sana banyak jajanan sampai pusat oleh-oleh dengan harga cukup terjangkau.

Kalau bosen ke Malioboro kamu bisa memilih destinasi wisata lainnya. Misalnya saja pantai-pantai di sekitar Gunung Kidul seperti Wediombo dan Sadranan yang gak kalah bagus dari pantai-pantai di Bali. Berikut ini estimasi biayanya untuk liburan ke DIY:

Pengeluaran Bujet
Transport kereta dari Jakarta ke Yogyakarta: Rp 240.000
Transport angkot: Rp 8.000
Sewa motor per hari: Rp 60.000
Penginapan per malam: ` Rp 120.000
Biaya makan per hari: Rp 90.000
Total biaya: Rp 518.000

Baca juga: 20 Tempat Wisata Surabaya yang Bakal Bikin Kamu Betah

4. Ujung Kulon, Banten – Rp 500 ribu

traveling murah
‘Harta karun’ di ujung barat Pulau Jawa. (Shutterstock)

Destinasi traveling murah selanjutnya adalah Ujung Kulon yang berada di Banten, gak jauh dari DKI Jakarta. Buat pecinta pantai pasti cocok banget nih pergi ke lokasi yang satu ini karena terdapat pantai yang indah dan aneka ragam biota laut.

Ada juga pulau yang bisa kamu kunjungi seperti pulau Peucang. Uang yang harus kamu keluarkan sekitar Rp 500 ribu aja, berikut rinciannya:

Pengeluaran Bujet
Transport bus dari Jakarta ke Labuan: Rp 100.000
Transport kapal dari Labuan ke Pulau Peucang: Rp 120.000
Penginapan per malam: Rp 125.000
Biaya makan per hari: Rp 100.000
Snorkeling: Rp 55.000
Total biaya: Rp 500.000

5. Traveling murah ke Pantai Anyer, Banten – Rp 235 ribu

traveling murah
Wisata pantai indah tak jauh dari Jakarta. (Shuttterstock)

Yang terakhir ada Pantai Anyer di provinsi Banten yang beberapa waktu lalu sempat terkena musibah Tsunami. Sekarang kondisinya udah mulai pulih dan bisa jadi tujuan destinasi traveling murah kamu nih.

Di pantai ini kamu dapat menikmati udara segar laut dan bermain pasir di pinggiran pantainya yang indah. Siapkan paling gak dana sekitar Rp 235 ribu untuk bisa liburan kesini. Berikut rincian biayanya:

Pengeluaran Bujet
Transport kereta dari Jakarta ke Cilegon: Rp 20.000
Transport Angkot dari Cilegon ke Pantai Anyer: Rp 15.000
Penginapan per malam: Rp 125.000
Biaya Makan per hari: Rp 75.000
Total biaya: Rp 235.000

Semua biaya di kelima destinasi di atas mungkin aja berbeda satu orang dengan yang lain karena berbagai faktor seperti lokasi tempat tinggal dan referensi pilihan pribadi.

Nah itu dia 5 destinasi traveling murah yang bisa dikunjungi oleh para mahasiswa yang punya bujet gak lebih dari Rp 750 ribu. Tunggu apa lagi, langsung aja rencanakan liburan versi kamu mulai dari sekarang agar punya waktu untuk menabung. Selamat liburan! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!