Pekerjaan Kekinian Ini Bakal Ngajak Kamu Travelling Gratis Lho! Pengin?

4 menit
Travelling Gratis Bukan Impian Jika Bekerja di Bidang Ini (Shutterstock).
Travelling Gratis Bukan Impian Jika Bekerja di Bidang Ini (Shutterstock).

Punya hobi pelesiran tapi kantong gak pernah mendukung? Jangan sedih ya! Kamu tetap bisa travelling gratis kok dengan bekerja di bidang ini. Bahkan di era milenial seperti saat ini bekerja memang gak melulu di dalam sebuah gedung bergengsi aja. Tetapi, bekerja saat ini bisa dilakukan dari mana saja, termasuk saat pelesiran. 

Ibarat pepatah, sambil menyelam minum air, itu cocok banget buat yang bekerja sambil jalan-jalan. Meski profesi ini bisa mengajak kamu menyelami keindahan alam, tetapi tetap harus dilakukan dengan sungguh-sungguh lho! 

Bukan hanya karena ingin travelling gratisnya aja nih guys! Kamu tetap harus totalitas bekerja di bidang ini. Sudah pasti profesi ini juga menjadi idaman banyak orang. Khususnya para milenial yang ingin menikmati liburan tanpa mengeluarkan uang. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Baca juga: 5 Hal Ini Jangan Dilakukan Jika Ingin Sukses di Usia Muda! Apa Saja Itu?

1. Blogger

Travelling Gratis
Travel Blogger (Shutterstock).

Menjadi travel blogger memang sangat menyenangkan. Terlebih jika passion kamu memang di bidang tulis menulis dan bertualang. Tapi jangan asal menjadi travel blogger ya! Tulisan yang kamu buat harus kreatif agar bisa dibaca banyak orang. 

Selain itu, tulisan kamu juga harus memberikan informasi, edukasi serta hal lain yang dibutuhkan jika ada pembaca yang ingin datang ke lokasi wisata tersebut. Jangan lupa tulis sedetail mungkin sampai perincian biayanya. Milenial sekarang ini lebih suka jika semua sudah tertuang detail dalam satu artikel. Memudahkan mereka juga untuk membuat rencana perjalanan tersebut. 

2. Selebgram

Travelling Gratis
Selebgram (Shutterstock).

Profesi lain yang juga tengah naik daun saat ini adalah selebgram. Menjadi selebgram bukan hal yang mudah untuk dilakukan, kamu harus memenuhi beberapa syarat penting. Syarat tersebut meliputi jumlah follower, konten yang menarik dan mengedukasi, hingga postingan anti-mainstream. 

Jika sudah berhasil mendapatkan jutaan followers aktif, dan pengemasan kontenmu menarik sudah dipastikan kamu bakalan dihujani endorsement. Biasanya, bentuk endorsement atau bahasa ngetopnya saat ini adalah eksposure beragam. 

Gak cuma mempromosikan produknya aja nih guys, jika kebetulan klien kamu operator wisata, jadi bisa jalan-jalan gratis kan. Atau malah perusahaan akomodasi penginapan, tiket perjalanan, sampai ke maskapai penerbangan. Saat ini sudah banyak kok selebgram yang tidak hanya fokus ke satu poin, dia juga menerima segala bentuk promosi perjalanan wisata. 

Baca juga: Jangan Sampai Menyesal! Sebelum Pensiun, Lakukan Dulu Hal Penting Ini

3. Awak kapal 

Travelling Gratis
Awak kapal (Shutterstock).

Satu lagi profesi yang mengajakmu jalan-jalan gratis, yakni anak buah kapal atau ABK. Menjadi awak kapal pesiar adalah hal yang didambakan beberapa orang. Pasalnya ini akan membawamu keliling dalam dan luar negeri secara gratis, bahkan mendapat bayaran lho.

Tapi tentu gak mudah untuk bisa bekerja di kapal, terutama pesiar. Kamu harus melewati berbagai tahapan seperti kuliah hingga mendapatkan sertifikasi. Ada beberapa posisi awak kapal pesiar yang menjadi pilihan, seperti staf dapur hingga mekanik.

4. Pramugari

Travelling Gratis
Pramugari maskapai penerbangan (Shutterstock).

Sama seperti ABK, pramugara atau pramugari juga bisa berkesempatan travelling gratis usai bekerja. Terlebih jika kamu beruntung bisa menjadi awak kabin untuk penerbangan luar negeri. 

Saat terbang ke luar negeri biasanya awak kabin akan menginap sehari atau dua hari sebelum akhirnya kembali lagi. Waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk liburan ke tanpa harus membayar tiket pesawat dong. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang jika ingin berbelanja atau membeli oleh-oleh saja. Enak banget kan?

5. Youtuber

Travelling Gratis
Menjadi youtuber (Shutterstock).

Saat ini menjadi youtuber sukses adalah impian banyak orang. Apalagi jika akun kamu sudah di subscribe puluhan juta orang. Wah, yang namanya travelling gratis sih udah bukan sekedar mimpi ya!

Pasalnya jika sudah memiliki banyak pengikut, sudah pasti banyak yang ingin bekerjasama denganmu. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang menganggap dengan bekerja sama dengan youtuber bakal menekan biaya marketing mereka namun tetap tepat sasaran. 

Belum lagi, jika video perjalanan kamu ditonton puluhan juta orang, udah pasti setiap bulan bisa kipas-kipas uang aja nih. 

5. Agen Travel

Travelling Gratis
Petugas travel agent yang juga merangkap sebagai guide (Shutterstock).

Nah, beruntung banget jika kamu sudah bekerja sebagai agen perjalanan. Kenapa? karena pastinya bisa travelling gratis berkali-kali dong. Setiap ada pekerjaan menemani customer, kamu bisa ikut serta dalam jalan-jalan tersebut sebagai perwakilan dari perusahaan. 

Selain itu, kamu juga bisa merangkap pekerjaan menjadi konsultan hingga liburan. Namun untuk bekerja di agen travel kamu harus pandai dalam ilmu pemasaran hingga memiliki wawasan luas pastinya. Bukan sekedar mengerti bidang marketing aja nih. 

Itu tadi sederet profesi yang bisa memberikan kesempatan untuk travelling gratis. Siap yang tertarik mencobanya? Atau malah kamu sudah bekerja di salah satu bidang tersebut? Semoga amanah dalam menjalankan profesi itu ya. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be