Fitur Baru Traveloka Ini Manjakan Kamu yang Haus Hiburan

3 menit

Traveloka fitur baru yakni Traveloka Xperience. Peluncuran fitur baru ini karena melihat kebutuhan hiburan dan gaya hidup orang Indonesia meningkat secara signifikan belakangan ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2015 hingga 2017, secara statistik rata-rata biaya hiburan (per kapita per bulan) naik 30,96 persen.

Fenomena pergeseran pola konsumsi ke arah leisure economy ini terjadi di hampir semua negara. Terutama pada masyarakat kelas menengah, termasuk Indonesia.

Jika mengacu pada kriteria Asian Development Bank (ADB), kelas menengah rentang pengeluaran per-kapita per hari antara US$ 2-20. Jumlah kelas menengah di Indonesia saat ini mencapai 134 juta jiwa.

Melihat kelas menengah yang terus tumbuh, juga perkembangan teknologi informasi yang kian canggih, membuat leisure economy di Indonesia sangat menjanjikan.

Lebih dari 70 persen kaum milenial menurut studi Haris Group lebih memilih menghabiskan pengeluaran untuk sebuah ‘pengalaman’ daripada ‘benda’.

Tren Ekonomi Digital

“Mereka cenderung lebih memilih untuk mencari pengalaman. Seperti pergi ke konser artis idola, mendaki gunung bromo, ikut tur menjelajahi Hanoi, naik rolercoaster di taman hiburan, dan masih banyak lainnya. Dibandingkan untuk membeli mobil, rumah, ataupun pakaian,” ujar Christian Suwarna, CEO Traveloka Experience di Jakarta.

Traveloka menyadari adanya fenomena pergeseran pola konsumsi ke leisure economy. Hal ini menyebabkan perubahan kebutuhan masyarakat dari konsumsi berbasis barang ke konsumsi berbasis pengalaman.

Christian menambahkan, Traveloka ingin hadir untuk memperkenalkan bagaimana teknologi dapat membantu dan mempermudah kegiatan sehari-hari. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan serta memperkaya pengalaman hidup para penggunanya.

“Traveloka melebarkan sayapnya dengan melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan travel dan lifestyle yang terintegrasi dalam satu aplikasi melalui Traveloka Xperience,” paparnya.

Hingga hari ini, Traveloka sebagai perusahaan teknologi terdepan pertama di Indonesia telah berekspansi ke 6 negara di Asia Tenggara serta Australia.

Dengan Traveloka Xperience memantapkan diri sebagai platform pemesanan travel dan gaya hidup terdepan di Asia Tenggara. Para pengguna di 7 negara tempat Traveloka beroperasi tersebut dapat menikmati beragam kemudahan dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup yang berkualitas.

Adapun, Traveloka Xperience adalah platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup terdepan di Asia Tenggara. Meliputi atraksi, bioskop, event, hiburan, spa dan kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, makanan & minuman, dan kursus & workshop.

“Traveloka Xperience juga menawarkan ribuan pilihan pengalaman di seluruh dunia yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya. Didukung dengan berbagai pilihan metode pembayaran yang beragam. Selain proses pemesanan yang cepat dan praktis, serta rasa aman dan bebas cemas dengan adanya layanan custumer service 24/7.

Kemudian dilengkapi dengan 6 pilihan bahasa untuk semakin memudahkan para pengguna,” kata Christian.

Menurutnya, kehadiran Traveloka Xperience diharapkan dapat menjadi solusi terbaik untuk memudahkan para pengguna. Utamanya dalam mencari inspirasi hingga mengalami proses pemesanan yang aman dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup berkualitas.

“Kami juga memahami bahwa kehadiran kami ini tidak serta-merta ada ketika pengguna kami sedang traveling atau bepergian jauh. Ada begitu banyak aktivitas dan pengalaman hidup yang bisa ditemukan di sekitar kita.

Sehingga di mana pun para pengguna kami berada, Traveloka akan selalu hadir memberikan kemudahan,” sambung Christian.

Pengguna Aktif 35 Juta per Bulan

Sementara itu, Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, menyatakan dukungan penuh terhadap peluncuran wajah baru Traveloka Xperience.

“Kami turut bangga bahwa Indonesia memiliki perusahaan teknologi seperti Traveloka dan menyambut baik komitmen Traveloka untuk senantiasa melengkapi kebutuhan eksplorasi pelanggan dalam hal pengalaman aktivitas liburan dan gaya hidup,” kata Rizki.

Menurut Rizki, kehadiran Traveloka secara tidak langsung juga akan membantu bisnis pariwisata Indonesia secara menyeluruh dengan menjangkau seluruh konsumen di negara negara tempat Traveloka beroperasi.

“Kami harap dengan kehadiran Traveloka Xperience, para pelaku industri usaha pariwisata lokal dapat saling berkolaborasi dengan ekosistem digital atau online bersama Traveloka, sehingga dapat bersama-sama mendukung serta meningkatkan industri pariwisata Indonesia hingga ke kancah internasional,” papar Rizki.

Diunduh lebih dari 40 juta kali dengan lebih dari 35 juta pengguna aktif di setiap bulannya, menjadikan Traveloka discovery platform terdepan di Asia Tenggara.

Saat ini, Traveloka Xperience memiliki inventori terbaik sejumlah lebih dari 15 ribu yang tersebar di 60 negara.

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.