Trik Bermain Bersama Anak Tanpa Menguras Kantong

3 menit
bermain bersama anak

Bermain bersama si kecil gak selalu identik dengan jalan-jalan ke objek wisata yang jauh atau mengajaknya ke mal. Kalau dua hal itu rutin kamu lakukan, bisa-bisa pengeluaranmu membengkak, bukan?

Apalagi ketika ke mal, dia selalu merengek minta dibelikan mainan. Gak tega kan melihat dia minta mainan? Tapi kalau dituruti terus bisa-bisa jatah belanja bulanan ludes.

Bukan perkara mudah untuk membuat si kecil senang tanpa harus keluar biaya besar. Selain butuh kreativitas, orangtua pun harus update dengan promo seputar tempat bermain anak atau diskon mainan.

Membiasakan dia bermain dengan gadget agar anteng di rumah juga gak baik. Gadget memang bisa membuatnya tenang, tapi kalau ia sudah kecanduan tentu efeknya juga gak bagus. Sebab, ini bisa membuatnya jadi kurang tidur, malas, dan lainnya. Belum lagi paket Internet juga bisa terkuras kan.

Daripada bingung gimana caranya mengajak si kecil bermain, lakukan saja 5 langkah cerdas ini. Pastinya si kecil bakal terhibur dan senang.

1. Main ke taman

Nonton televisi atau main di rumah seharian pasti membosankan. Si kecil juga pengin dong sesekali jalan-jalan ke luar rumah.

bermain bersama anak
bermain di taman pasti menyenangkan buat si kecil (taman/kompasiana)

Gak ada salahnya untuk mengajaknya jalan-jalan ke taman publik sesekali. Gak hanya baik untuk perkembangannya, ini baik juga untuk kantongmu. Karena, fasilitas publik ini gratis alias gak dipungut biaya.

Namun sebisa mungkin ajaklah dia ke taman yang tidak terlalu ramai agar mudah bagimu untuk mengawasinya saat bermain.

2. Jalan-jalan di komplek perumahan

Kalau malas ke taman publik yang lokasinya agak jauh, kamu bisa ajak sang buah hati jalan-jalan di komplek rumah. Tetapi penting juga buatmu untuk sedia payung sebelum hujan. Jika cuaca kurang bersahabat, jangan memaksakan diri untuk melakukan hal ini.

Berjalan-jalan di komplek juga cukup baik dilakukan karena aktivitas tersebut bisa berguna untuk mendekatkan diri dengan tetangga. Sekaligus mengajari si kecil berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Dan yang tak kalah penting, gratis!

3. Ajak ke arena bermain yang sedang memberikan promo

bermain bersama anak
Kalau lagi gak diskon tempat-tempat seperti ini agak mahal lho (tempat bermain/ahsanfile)

Mengajak si kecil bermain, gak harus di tempat mahal. Cari aja arena bermain anak yang sedang memberikan promo atau potongan harga. Manfaatkan Internet untuk mendapatkan informasi seputar hal ini.

Sebagai contoh, kamu bisa ajak anakmu ke Bricks 4 Kidz, tempat wisata edukasi yang mempopulerkan mainan LEGO. Sampai Desember 2017, kamu bisa menikmati diskon hingga 50 persen jika memakai kartu kredit.

Di sini, ada beberapa program yang bisa diikuti oleh anakmu, dan digolongkan berdasarkan usianya. Untuk anak 1 hingga 3 tahun bisa mengikuti kelas Mom & Me. Kelas itu ditujukan untuk merangsang kemampuan motorik sang anak. LEGO yang digunakan juga yang ukurannya lebih besar, berbeda dengan lego kecil lainnya.

Anak senang dan cerdas, kantongmu pun tetap aman, kan?

4. Ajak makan ke restoran yang punya tempat bermain anak

Daripada keluar uang dua kali, kami bisa mengajak anak makan di luar sekaligus bermain. Caranya? Ajaklah dia ke restoran yang memang menyediakan fasilitas bermain anak. Contohnya,  McDonalds, KFC, atau yang lain.

Kalau bisa cari restoran yang menyediakan makanan sehat, gak cuma junk food ya. Junk food memang menggugah selera, tapi kalau keseringan jelas gak baik.

Jadi walaupun kamu mau hemat, tetap prioritaskan kesehatan sang buah hatimu ya!

5. Bermain dengan mainan yang ada

bermain bersama anak
Mainannya masih banyak kan? Kenapa gak dimainin bareng saja sama mama atau papanya? (mainan/ raise marktk)

Jika memang kamu gak berencana ajak dia keluar rumah, ada baiknya untuk mengajaknya bermain di rumah dengan mainan-mainan lamanya. Manfaatkan pula kesempatan itu untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak, apalagi kalau kamu sehari-harinya bekerja di kantor.

Manfaatkan momen ini untuk semakin dekat dengan si kecil dan menstimulus perkembangan otaknya dengan permainan yang edukatif. Kamu bisa bermain Lego, Play-doh, atau permainan lain yang sejenis.

Gimana guys, jadi mau ajak si kecil bermain di mana nih pas akhir pekan? Rencanakan dari sekarang ya, dan jangan lupa sama 5 hal di atas.

CTA Mega Metro belanja mainan anak hemat

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Hey Moms, Ini 5 Cara Jitu Menghadapi Anak yang Hobi Minta Mainan]

[Baca: Berapa Sih Biaya Membesarkan Anak dan Gimana Cara Menekannya?]

[Baca: Kalau Masih Didik Anak Kayak Gini, Susah Kuliahin Anak di Luar Negeri]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.