Wow! Cara-Cara Menabung Seperti Ini Bikin Aset Berlipat-Lipat Nilainya

3 menit
Trik menabung ini dijamin bukin nilai asetmu bertambah (Shutterstock).

Trik menabung sudah banyak jenisnya. Mulai dari sistem kalender, main arisan, dan sebagainya. Nah, kalau kamu masih hidup dari gaji ke gaji, ubah deh gaya hidup tersebut sekarang.

Mulai aja dari punya tabungan dulu. Namun, tabungan yang kamu miliki jangan sekadar tabungan ya. Agar benefitnya terasa banget, ada trik menabung yang bisa bikin nilainya berlipat-lipat.

Seperti yang kamu tahu, menabung di bank itu untungnya gak seberapa dilihat dari besaran bunganya. Minimal nih dana yang harus tersedia di rekening itu sekitar Rp 25 jutaan.

Nah, buat mencapai besaran tersebut, trik-trik menabung ini bisa membantu kamu mempercepat kenaikan nilai aset tabunganmu. Seperti yang dikutip dari The Motley Fool, berikut ini adalah trik-trik simpel menabung yang mudah dilakukan.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

1. Selalu catat pengeluaran dengan mendetail

Mencatat pengeluaran (Shutterstock).

Pengeluaran berapa pun besarannya harus dicatat dengan mendetail. Catatan pengeluaran bakal membantu kamu dalam mengawasi cash flow keuangan kamu.

Tentu aja cash flow yang bagus buat keuangan adalah cash flow yang positif. Artinya, pengeluaran kamu lebih kecil daripada pemasukan.

Sekalipun udah positif, tetap minimalkan pengeluaran yang ada agar cash flow makin positif. Kamu telusuri dan cari tahu mana aja pengeluaran yang sebenarnya gak penting-penting amat yang kalau ditunda, gak bakal memengaruhi banget keuangan kamu.

Nantinya alokasi pengeluaran yang gak penting-penting amat itu dimanfaatkan sebagai dana tabungan. Dengan begitu, nilai tabungan kamu jadi meningkat trik menabung yang satu ini.

2. Naikkan persentase alokasi dana buat menabung

Menabung (Shutterstock).

Kalau idealnya persentase dana yang dialokasikan dari gaji itu sebesar 10 persen dari gaji, kamu naikkan jadi 30 persen agar nilai tabungan meningkat. Pakai trik menabung yang satu ini dijamin berefek banget deh buat tabunganmu.

Harus diakui persentase alokasi dana tabungan ini emang besar. Selain itu, demi bisa mencapai persentase ini, kamu mau gak mau mengorbankan beberapa alokasi pengeluaran.

Misalnya aja kamu mengalokasikan dana buat kebutuhan pribadi sebesar 30 persen. Demi meningkatkan alokasi dana tabungan, kamu alihkan 20 persennya ke persentase dana tabungan.

Ini berarti persentase dana buat kebutuhan pribadi kamu cuma 10 persen. Kecil sih emang, tapi demi besarnya nilai tabungan, kamu harus membiasakan diri menikmati alokasi pengeluaran 10 persen buat kebutuhan pribadi.

Baca juga: Buka 24 Jam Tanpa Henti, Big Bad Wolf 2019 Targetkan 1 Juta Pengunjung

3. Manfaatkan keuntungan menabung dari layanan digital banking

Digital banking (Shutterstock).

Keberadaan layanan digital banking yang pelan-pelan marak penggunaannya bisa dilihat sebagai peluang dalam peningkatan nilai tabungan kamu lho. Sebab bunga yang ditawarkan layanan digital banking itu lebih besar ketimbang tabungan biasa.

Sebagai contoh aja nih layanan digital banking Jenius. Layanan yang satu ini mempunyai fitur Flexi Saver dengan bunga 5 persen per tahun. Jelas aja bunga ini lebih besar ketimbang kamu menabung di Bank BCA yang bunganya gak sampai 1 persen.

Sementara menabung di layanan Digibank DBS, kamu bisa memperoleh bunga sebesar 3 persen per tahun. Terus kamu bisa dapatkan kelebihan-kelebihan, seperti gak adanya saldo minimum, bebas biaya administrasi, dan bebas penalti.

4. Hindari pembelian secara impulsif

Belanja dengan harga diskon
Belanja dengan harga diskon

Kebiasaan berbelanja juga berpengaruh pada bisa atau gaknya nilai tabungan meningkat. Pasalnya, perilaku belanja yang gak terkontrol dapat berefek negatif terhadap nilai tabunganmu.

Gak menutup kemungkinan nih, kamu memakai dana tabunganmu demi memuaskan hasrat belanjamu. Di sinilah menghindari kebiasaan impulsif menjadi hal positif yang bikin saldo tabunganmu tetap terjaga.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Singapura, Jangan Lupa Kunjungi Pusat Belanja Murah Ini Ya!

Menghindari perilaku belanja yang impulsif juga bisa membantu minimalkan pengeluaran belanja. Hitung-hitung dana belanja yang tersisa dapat dipakai sebagai dana tabungan.

Itu tadi cara-cara menabung yang kalau kamu terapkan bisa meningkatkan nilai asetmu naik berlipat-lipat. Asalkan menjalankannya gak setengah-setengah, dijamin deh bakal memberi hasil yang sesuai dengan harapanmu. Nah semoga kamu berhasil ya menerapkan trik menabung diatas! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan