Identik sebagai Perantau, Ini 7 Prinsip Sukses Orang Batak yang Bisa Ditiru

4 menit
Hotman Paris dan Syahrini (IG @princessyahrini)

Banyak orang dari suku Batak terkenal di berbagai daerah. Meski gak jadi orang terkenal, kebanyakan orang Batak emang dikenal dengan sikap pekerja keras yang tentu patut banget dicontoh.

Banyak publik figur Tanah Air berasal dari suku Batak, seperti Hotman Paris dan Hotma Sitompul yang sukses jadi pengacara kondang seantero Indonesia. Ada pula Luhut Panjaitan yang sukses di pemerintahan, hingga Chairul Tanjung jadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Karakteristik sebagai pekerja keras yang melekat pada suku Batak berasal dari beberapa pepatah populer bahasa Batak. Yap! Pepatah berbahasa Batak tersebut pun diadopsi sebagai prinsip hidup sebagian besar orang Batak.

Kamu yang bukan suku Batak pun boleh lho mengadopsi beberapa prinsip sukses suku Batak yang inspiratif ini.

Anakkonhi do hamoraon diau
Anakkonhi do hamoraon diau

Pepatah ini adalah salah satu pepatah paling populer di antara suku Batak. Pepatah ini tertuang di salah satu lagu terkenal di kalangan Batak, dan sering dinyanyikan di berbagai acara Batak.

Prinsip ini sering banget jadi dasar kuat kesuksesan kebanyakan orang Batak. Pasalnya, orangtua banyak anak dari suku Batak begitu peduli sama kesuksesan anaknya.

Karena itu, mereka bela-belain buat memberikan pendidikan terbaik dan setinggi-tingginya buat anak-anak mereka.

Meski si anak yang nantinya harus berusaha sendiri buat sukses, didikan orangtua tentu jadi salah satu peran penting yang memengaruhi kesuksesan tersebut.

Hasangapon, hamoraon, hagabeon
Hasangapon, hamoraon, hagabeon

Prinsip ini sering jadi motivasi buat kebanyakan suku Batak buat bekerja keras. Pasalnya, ketiga hal di atas sering jadi patokan kesuksesan orang Batak dan juga suku lainnya.

Gak heran demi menggapai cita-cita tersebut, orang Batak pun rela merantau agar mencapai kekayaan, kehormatan, dan bahkan keturunan.

Kambing di kampung sendiri, tapi banteng di perantauan
Kambing di kampung sendiri, tapi banteng di perantauan

Pepatah ini emang gak dilantunkan dalam bahasa Batak sih. Namun, jadi bagian dari lirik lagu Anak Medan yang dikumandangkan oleh grup penyanyi Batak bernama Trio Lamtama.

Kalimat tersebut berarti meski kamu bisa aja orang biasa di kampung halaman kamu. Namun, kamu harus bisa jadi orang sukses saat merantau. Nah, kalimat ini juga jadi motivasi buat kebanyakan suku Batak buat merantau dan harus sukses di sana.

Manuk silangge, kotek-kotek lao marpira. Sirang na marale-ale, lobian matean ina
Manuk silangge, kotek-kotek lao marpira. Sirang na marale-ale, lobian matean ina

Prinsip ini bikin banyak orang Batak begitu solid. Gak dipungkiri bahwa kebanyakan orang Batak begitu setia kawan. Apalagi kalau semarga pula.

Maka dari itu hingga kini, biasanya orang Batak yang merantau sering bikin perkumpulan marga atau komunitas. Dengan gitu, mereka bakal saling kenal di perantauan. Dari situ pulalah, mereka bisa saling kerja sama buat berbagai proyek dan saling bantu agar sama-sama sukses.

Pitu batu martindi sada do sitaon nadokdok
Pitu batu martindi sada do sitaon nadokdok

Arti harfiah dari pepatah di atas memaksudkan buat jangan terlalu berharap pula sama teman namun harus percaya diri. Meski kebanyakan orang suku Batak dikenal solid, mereka gak juga berpangku tangan pada sahabat atau teman-teman tersebut.

Orang Batak harus bisa percaya pada diri sendiri dan mau berusaha sendiri pula. Yap! Gimanapun sukses bukan bergantung pada orang lain, kan? Justru kamu harus meraih kesuksesan kamu melalui usaha sendiri. Itu baru mantap!

Pantun hangoluan, teus hamagoan
Pantun hangoluan, teus hamagoan

Prinsip ini sering dibawa oleh orang Batak saat di perantauan. Buat sukses kamu perlu menjaga sikap sesuai dengan adat-istiadat di daerah kamu merantau. Dengan demikian, kamu bakal diterima oleh masyarakat.

Gak salah deh kalau kebanyakan orang Batak cukup gampang berbaur dengan suku-suku lain. Dengan cara ini, mereka bisa berinteraksi dengan baik buat berbisnis.

Marsipature hutanabe
Marsipature hutanabe

Ini dia salah satu prinsip suku Batak yang paling penting. Marsipature hutanabe sering dikumandangkan oleh banyak Batak. Prinsip tersebut bikin orang Batak rela bekerja keras buat mengharumkan suku mereka.

Cara buat membangun kampung bisa bermacam-macam, kan? Gak harus kembali ke kampung halaman namun bisa bikin bangga orang-orang di sana. Kemudian, bila emang bisa, kamu pun bisa berkontribusi buat membangun kampung halaman jadi lebih baik di masa depan.

Jadi, kamu gak cuma bikin kaya diri kamu sendiri melainkan pula menyukseskan orang lain. Duh! Sungguh mulia banget, kan?

Buat banyak orang dari suku Batak di luar sana, yuk mulai ingat-ingat lagi prinsip-prinsip di atas. Kamu yang bukan berasal dari suku Batak pun bisa mengadopsi prinsip-prinsip ini agar sukses di masa depan.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!