Dipilih Luna Maya dan Syahrini, Ini Destinasi Wisata Favorit di Turki

5 menit
Luna Maya di Turki (IG lunamaya)

Turki yang penuh dengan sejarah, pantai, dan pedesaan yang indah kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Beberapa artis ternama Tanah Air seperti Syahrini hingga Luna Maya, telah memilih negara eksotis tersebut menjadi destinasi pilihan mereka.

Negara ini memiliki tujuan wisata yang melimpah, itulah mengapa para pelancong, termasuk Syahrini dan Luna memilih berkunjung ke negara transbenua tersebut.

Selain kaya budaya, memiliki makanan yang terkenal, kaya sejarah, serta pemandangan indah, kamu juga dapat menyaksikan bukti-bukti kemasyhuran kerajaan Byzantium dan Ottoman di Istanbul saat ke Turki.

Gak cuma itu aja, Turki juga terkenal dengan salah satu bentuk seni berupa karpet. Sehingga, kamu bisa membeli karpet Turki yang terkenal kualitasnya. Seperti yang dilakukan Luna Maya saat pergi melancong ke Turki, belum lama ini.

Lewat posting-an Insta Story di Instagramnya, lunamaya, mantan kekasih pengusaha muda Reino Barack tersebut tampak berbelanja karpet di pasar tradisional. Selain membeli sejumlah karpet, dia juga tampak membeli gucci atau vas yang termasuk item khas lainnya dari Turki.

Luna juga tampak mengunjungi Masjid Suleymaniye yang lebih dikenal sebagai Masjid Suleyman the Magnificent. Masjid yang berada di Istanbul ini menjadi salah satu masjid termegah di Turki, selain Hagia Sophia dan Masjid Sultan Ahmed.

Selain Luna Maya, Syahrini telah lebih dulu mengunjungi negara asal pemain “Elif”, sinetron Turki yang pernah terkenal di Indonesia pada tahun 2015 lalu.

Syahrini saat di Istanbul, Turki (IG princessyahrini)
Syahrini saat di Istanbul, Turki (IG princessyahrini)

Saat itu, wanita yang disebut-sebut telah bertunangan dengan Reino Barack tersebut berlibur usai menjalani ibadah umrah sekaligus melakukan syuting video klip. Di sana, pelantun “Cintaku Kandas” itu tampak berkunjung ke Istanbul dan melakukan sesi video klip.

Selain beberapa obyek wisata yang dikunjungi Syahrini dan Luna Maya tersebut, Turki juga masih memiliki banyak tempat liburan yang memesona. Yuk, simak penelusuran MoneySmart.id di bawah ini:

Teater Aspendos

Teater Aspendos
Teater Aspendos

Aspendos, teater yang dibangun pada tahun 155 M selama pemerintahan Kaisar Romawi Marcus Aurelius.

Teater yang bisa menampung antara 15.000 hingga 20.000 penonton ini merupakan salah satu teater kuno terbaik yang masih terawat dengan baik, tanpa kehilangan kualitas aslinya.

Pamukkale

Pamukkale atau “benteng kapas”, merupakan sebuah situs alam di Provinsi Denizli. Dinding kolam-kolamnya terbentuk dari travertine, batuan sedimen yang diendapkan oleh air dengan kandungan mineral yang sangat tinggi dari mata air panas.

Kamu juga bisa menemukan reruntuhan pemandian, kuil dan monumen Yunani kuno di lokasi ini.

Kastil Bodrum

Kastil Bodrum yang terletak di kota Bodrum dibangun oleh Tentara Salib pada abad ke-15 sebagai Kastil Santo Petrus.

Bodrum merupakan salah satu kastil terpelihara terbaik di dunia yang berasal dari abad pertengahan. Kastil Bodrum sekarang beroperasi sebagai museum, dengan fokus pada Museum Arkeologi bawah air.

Gunung Nemrut

Gunung Nemrut
Gunung Nemrut

Jika ingin menikmati suasana pegunungan lengkap dengan udara bersihnya, Gunung Nemrut yang memiliki tinggi 2.134 meter dan terletak di tenggara Turki, dekat kota Adiyaman, pilihan tepat.

Pada tahun 62 SM, Raja Antiokhus I, Theos Commagene membangun sebuah makam yang diapit oleh patung-patung besar dirinya sendiri, dua singa, dua elang dan berbagai dewa Yunani dan Persia di puncak gunung.

Sejak pembuatan awal patung-patung ini, kepala telah digulingkan dari tubuh dan terbaring tersebar di seluruh lokasi.

Puncak Gunung Nemrut juga memberikan pemandangan pegunungan yang indah. Daya tarik utamanya adalah menyaksikan matahari terbit dari sisi timur yang menyajikan pemandangan kepala tanpa tubuh dengan rona oranye yang indah yang menambah rasa misteri tempat ini.

Pantai Patara

Pantai Patara merupakan pantai berpasir terpanjang yang dapat ditemukan di Mediterania (membentang sepanjang 14 km).

Di pantai ini, hanya terdapat reruntuhan Lykia kuno dan Romawi serta bukit-bukit pasir yang menukik tanpa bangunan yang terlihat, kecuali beberapa kafe kecil.

Pantai Patara juga merupakan tempat berkembang biak dari kura-kura tempayan yang terancam punah.

Oludeniz

Oludeniz adalah sebuah desa kecil dan resor pantai yang terletak di pantai barat daya di Laut Aegea. Selain memiliki pantai yang menawan, desa ini memiliki teluk berpasir yang sangat indah yang disebut Blue Lagoon.

Ölüdeniz juga terkenal sebagai salah satu tempat paralayang terbaik di dunia karena panorama yang sangat indah sserta kondisi cuaca yang stabil.

Masjid Sultan Ahmed

Masjid Sultan Ahmed

Dengan arsitektur yang menawan serta dilengkapi dengan 6 menara, Masjid Sultan Ahmed (atau yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Biru) sangat mengesankan jika dilihat dari luar.

Sementara masih digunakan sebagai masjid, Masjid ini juga menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Istanbul. Struktur dasar masjid ini hampir berbentuk kubus, berukuran 53×51 meter.

Kota Kuno Efesus

Reruntuhan kota Ephesus merupakan objek wisata yang populer di pesisir barat. Kota Efesus pernah terkenal dengan Kuil Artemis, salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno, yang dihancurkan oleh gerombolan yang dipimpin oleh uskup agung Konstantinopel pada tahun 401 M. Beberapa struktur masih dapat dilihat termasuk Great Theater dan Perpustakaan Celsus.

Princes Island

Princes Island adalah salah satu kawasan wisata utama di Istanbul. Hal terbaik di sini adalah kesunyian, serta transportasi ramah lingkungan seperti sepeda dan kereta kuda, bukan kendaraan bermotor.

Hagia Sophia

Hagia Sophia

Terletak di Istanbul, Hagia Sophia awalnya adalah sebuah basilika yang dibangun untuk Kaisar Romawi Timur Justinian I pada abad keenam, kemudian diubah menjadi masjid setelah sekitar 900 tahun berselang.

Hagia Sophia kemudian diubah menjadi museum pada tahun 1935 dan sekarang menjadi salah satu tujuan wisata utama di Turki.

 Masjid Raya Suleymaniye

Masjid lainnya yang dimiliki Turki ialah Masjid Raya Suleymaniye. Salah satu masjid  termegah di kota Istambul ini dibangun pada tahun 1550 oleh Sultan Sulaiman yang Agung.

Memadukan arsitektur terbaik Islam dan Bizantium, masjid ini memiliki empat menara, yang mengindikasikan bahwa masjid ini dibangun oleh seorang sultan.

Istana Topkapi

Istana topkapi adalah salah satu destinasi wisata yang harus dilihat di Istanbul yang menggabungkan sejarah dan pemandangan yang menakjubkan. Kaya akan sejarah Kekaisaran Ottoman, Istana ini dikelilingi dinding batu dan 27 menara.

Topkapi, yang berdiri sejak abad ke 15 ini terletak di sebuah bukit yang menghadap ke Laut Marmara, Bosphorus dan Golden Horn. Pada masa kesultanan Ottoman istana ini merupakan kediaman resmi Sultan Ottoman dan pusat pemerintahan.

Namun,  istana ini sekarang beralih fungsi menjadi museum yang dianggap sebagai istana terbesar dan tertua di dunia.

Grand Bazaar

Grand Bazaar
Grand Bazaar

Wisatawan yang suka berbelanja jangan sampai melewatkan kunjungan ke Grand Bazaar. Dengan memiliki lebih dari 5.000 toko menjadikan salah satu kawasan di Istambul ini sebagai indoor terbesar di dunia.

Di sini pembeli akan menemukan koin tua, perhiasan dengan permata berharga, senjata bertatahkan dan perabotan antik. permadani, rempah-rempah, barang antik, keramik yang dilukis dengan tangan, dan masih banyak lainnya.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.