Ternyata, Uang Bisa Membeli Kebahagiaan Jika Digunakan untuk 4 Hal Ini

3 menit
Uang bisa membeli kebahagiaan. (Shutterstock)
Uang bisa membeli kebahagiaan. (Shutterstock)

Uang bukanlah segalanya karena dia gak bisa membeli kebahagiaan.

Seperti membenarkan pernyataan tersebut, gak sedikit berita negatif berasal dari orang yang punya harta berlimpah. Mulai dari terjerat narkoba seperti yang baru-baru ini dialami cucu konglomerat Richard Muljadi, sampai depresi yang berakhir bunuh diri seperti yang dialami desainer kelas dunia, Kate Spade.

Gak perlu jauh-jauh, kamu sendiri sepertinya juga mengalami hal yang sama.

Pernah gak mendapat bonus atau penghasilan tambahan tapi tetap merasa biasa aja? Ada sih rasa senang waktu beli barang baru dari duit bonus itu. Tapi ya gak bertahan lama juga. Habis gitu ya biasa-biasa aja lagi. Gitukan?

Iyah sih, punya uang mungkin bisa menghindarkan kita dari sejumlah masalah. Tapi, bisakah sampai bikin kita merasa bahagia melulu?

Faktanya, menurut penelitian, diketahui bahwa uang emang bisa membeli kebahagiaan, asal…

1. Digunakan buat “membeli” waktu

Untuk membeli waktu. (Shutterstock)
Untuk membeli waktu. (Shutterstock)

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, diketahui bahwa seseorang yang lebih menghargai waktu ketimbang uang cenderung lebih sejahtera dibandingkan sebaliknya.

Coba aja bayangkan, kalau kamu punya penghasilan lebih banyak dari biasanya, tapi jadi gak punya waktu berkualitas bareng keluarga, teman, atau pasangan. Perlahan tapi pasti, rasa bosan hingga stres bisa melanda jika gak segera diatasi.

Buat apa punya duit, tapi gak punya waktu dirimu sendiri. Benar gak?

Oleh sebab itu, uang bisa bikin kamu bahagia jika digunakan buat “membeli” waktu. Misalnya, membayar jasa orang lain buat melakukan pekerjaan rumah, asisten, atau sejenisnya. Dengan gitu, kamu punya waktu tambahan buat melakukan kegiatan yang disukai.

2. Digunakan buat menambah pengalaman

Untuk membeli pengalaman. (Shutterstock)
Untuk membeli pengalaman. (Shutterstock)

Beli gadget baru pasti menyenangkan. Tapi, rasa bahagia tersebut gak bakal bertahan lama.

Beda halnya jika uang dengan jumlah yang sama kamu habiskan buat sebuah pengalaman baru. Sampai kapan pun, pengalaman tersebut bakal tetap indah buat dikenang.

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang digelar tim peneliti dari San Francisco State University. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa barang-barang fisik emang bakal memberikan rasa senang bagi pemiliknya, tapi itu gak bakal lama. Selang beberapa waktu, rasa euforia memiliki barang baru bakal memudar hingga lenyap.

Sementara di sisi lain, rasa bahagia karena sebuah pengalaman bakal bertahan lama dalam ingatan.

3. Digunakan buat orang yang kamu sayang

Diberikan kepada orang yang dicintai. (Shutterstock)
Diberikan kepada orang yang dicintai. (Shutterstock)

Sebagai makhluk sosial, perasaan manusia juga tergantung pada hubungannya dengan orang lain. Penelitian lain menyebutkan bahwa salah satu alasan yang bikin pengalaman kita berharga dan menyenangkan adalah jika dilakukan bersama orang yang kita sayangi. Bisa keluarga, pasangan, atau teman dekat.

Kita bisa merasa lebih puas jika uang yang kita punya digunakan buat atau bersama orang yang kita sayang, bukan buat diri sendiri.

Bandingkan aja, misal kamu membeli barang impian buat diri sendiri dengan barang buat orangtua yang telah lama mereka inginkan. Membayangkan respons positif mereka aja mungkin udah bisa bikin hati kamu tenteram. Benar gak?

4. Digunakan buat orang lain

Diberikan kepada orang lain. (Shutterstock)
Diberikan kepada orang lain. (Shutterstock)

Ternyata, cara bahagia dengan menghabiskan uang buat orang lain gak terbatas buat orang terdekat aja.

Saat bisa memberi sesuatu pada orang lain yang gak dikenal sekalipun, secara gak langsung kamu bakal lebih merasa berguna dan dapat meningkatkan kepuasan. Mungkin ini pula alasan para miliarder di dunia seperti Bill Gates suka berderma, ya.

Jadi, benarkah uang gak bisa membeli kebahagiaan? Jika mengamini pernyataan tersebut sepenuhnya, barangkali ada yang perlu diubah dari caramu menghabiskan uang.

Coba lakukan empat cara bahagia di atas, dan buktikan sendiri dampaknya.

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.